Ajaib.co.id – Memiliki orang dalam dikatakan sebagai cara yang bisa membuat seseorang lebih cepat mendapatkan kerja. Hal itu ada benarnya juga. Di zaman sekarang koneksi orang dalam memang bisa membuat kamu lebih cepat mendapatkan kerja.
Namun, bagaimana jika kamu tidak punya orang dalam? Apakah yang fresh graduate juga harus memanfaatkan orang dalam supaya pekerjaan bisa lebih mudah menghampirinya?
Jawabannya, fresh graduate tidak perlu khawatir karena tanpa mempunyai orang dalam pun, kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.
Inilah yang perlu kamu lakukan supaya bisa meraih pekerjaan yang diinginkan dalam waktu cepat.
1. Mengikuti pekerjaan volunteer
Fresh graduate tidak ada salahnya mengikuti pekerjaan volunteer yang biasanya tidak dibayar. Misalnya, kamu yang hobi menulis, volunteer menulis untuk suatu situs web, kamu yang hobi menyelenggarakan suatu acara bisa menjadi panitia untuk acara tersebut, dan berbagai jenis pekerjaan volunteer lain sesuai dengan yang kamu senangi.
Walaupun tidak dibayar, kegiatan volunteer ini akan mendatangkan pengalaman berharga untukmu. Kamu bisa melatih kemampuan kerja samamu di sini. Kamu juga akan lebih banyak memiliki kenalan.
Pengalaman menjadi volunteer ini nanti bisa kamu masukkan ke dalam CV dan menjadi nilai tambah untukmu mencari lowongan pekerjaan selanjutnya.
2. Melamar sebagai intern di kantor yang diinginkan
Cara mendapatkan kerja tanpa orang dalam yang lain adalah melamar menjadi intern di sebuah perusahaan. Cukup banyak perusahaan yang membuka lowongan intern. Para intern ini mendapatkan gaji, tapi belum full seperti pekerja kontrak atau full time. Waktu kerja juga harus mengikuti jam kerja seperti pekerja kontrak.
Biasanya banyak yang ragu menjadi intern karena merasa gajinya kecil, jadi lebih memilih pekerjaan yang langsung kontrak saja.
Namun, kamu akan mendapatkan pengalaman profesional dengan menjadi intern. Ditambah lagi kamu akan dibimbing langsung oleh senior yang lebih ahli. Kamu bisa langsung bertanya padanya ketika ada yang tidak dimengerti. Di sinilah kamu akan tahu bekerja di sebuah perusahaan itu seperti apa.
Selain itu, beberapa perusahaan merekrut pegawai kontrak atau tetap dari pegawai intern yang dianggap memiliki prestasi pekerjaan yang memuaskan. Ini bisa menjadi jalan pintas untukmu. Ketika menjadi intern, kamu perlu bekerja sebaik-baiknya agar nilainya bagus dan direkrut secara langsung.
Atau apabila kamu ingin melamar di perusahaan lain juga bisa karena pengalamanmu sebagai intern akan diperhitungkan.
Untuk itu, pilihlah pekerjaan intern yang benar-benar kamu inginkan. Dari sini kemampuanmu pasti akan lebih banyak berkembang.
3. Memperluas koneksi di berbagai macam kegiatan
Kamu bisa memperluas koneksi di berbagai kegiatan yang kamu ikuti. Dari volunteer, dari kegiatan magang, dari kursus di suatu tempat, dan sebagainya. Siapa tahu dengan banyaknya koneksi, ada yang menawarkan kamu pekerjaan di kantornya.
Orang dalam berbeda dengan koneksi, lho. Biasanya koneksi bersedia merekrut seseorang ke suatu pekerjaan karena tahu kemampuan orang tersebut cocok untuk posisi yang sedang dibutuhkan perusahaannya. Mereka tidak akan memilih pegawai secara asal-asalan.
Oleh karena itu, koneksi itu perlu tahu tentang kemampuanmu dan kamu juga perlu menunjukkan sikap yang baik padanya.
4. Tambah kemampuan dengan ikut kelas online
Apabila kamu belum punya pengalaman kerja apa pun, kamu bisa menambah kemampuan dengan mengikuti kelas online. Kelas online sekarang jenisnya ada berbagai macam. Mulai dari yang teori, sampai ke yang praktikal. Kamu dapat memilih kelas online yang sesuai dengan minatmu.
Misalnya kamu suka menulis, coba belajar menulis untuk suatu situs web dengan teknik SEO. Atau bidang lainnya yang akan kamu temukan dengan mudah.
Kelas online ini biasanya lebih murah dibandingkan kelas offline. Kamu pun dapat melakukannya dari rumah saja dan mengatur jadwal sesuai yang diinginkan.
5. Perhatikan Isi CV-mu
Hal penting yang sering dilupakan adalah membuat CV yang menarik dan yang dapat merangkum seluruh kemampuanmu hanya dalam satu halaman. CV idealnya memang hanya satu halaman karena pihak HR hanya punya waktu singkat untuk melakukan screening.
Lulusan baru biasanya belum tahu soal ini, sehingga cenderung menyusun CV secara asal-asalan. Di dalam CV kamu hanya perlu menyusun kemampuan, pendidikan, dan kontak yang bisa dihubungi saja. Ini pun harus dijelaskan sesingkat mungkin agar pas satu halaman.
Status pernikahan, seminar yang diikuti, sertifikat apa yang kamu miliki tidak perlu dicantumkan. Jika kamu punya contoh pekerjaan, kamu bisa menyediakannya di halaman lain yang kita sebut sebagai portofolio. Jangan sampai karena masalah CV, kamu malah tidak lolos tahapan selanjutnya.
6. Terus melamar ke posisi yang kamu inginkan
Kamu pasti bertanya-tanya kenapa belum ada perusahaan yang melakukan panggilan padahal kamu sudah berusaha melamar di sana-sini. Apabila itu terjadi padamu, kamu jangan berhenti untuk terus mencari pekerjaan.
Setiap hari biasanya ada lowongan baru, kamu bisa melamar pekerjaan di posisi yang kamu inginkan. Jangan berhenti sampai kamu benar-benar mendapatkan pekerjaan.
Sekarang mencari lowongan kerja sangat mudah. Sudah banyak tersedia portal job terpercaya di Indonesia. Kamu hanya perlu memanfaatkan fungsi portal job itu dengan sebaik-baiknya.
Itulah yang lulusan baru bisa lakukan untuk mendapatkan pekerjaan tanpa bantuan dari orang dalam. Mencari pekerjaan memang berat karena kamu punya banyak saingan. Perusahaan tentu hanya memilih calon karyawan yang menurut mereka terbaik. Untuk itulah kamu perlu menunjukkan bahwa kamu dibutuhkan oleh mereka.
Jangan pernah menyerah dalam mencari pekerjaan. Pasti suatu saat kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Tetap semangat, ya!