Properti, Rumah Tangga Masa Kini

Tanpa Modal Besar, Hunian Reduce, Reuse, Recyle

Wah, kita sudah memasuki Tahun 2020. Semua pasti menginginkan sesuatu yang baru di tahun ini. Yang baru dan berbeda dari tahun sebelumnya. Sesuatu yang baru diyakini akan menumbuhkan semangat baru untuk mencapai resolusi baru. Namun sesuatu yang baru bukan berarti memerlukan modal besar bukan?

Begitu pula dengan hunian. Bukan berarti di tahun baru ini, untuk mencapai resolusi baru kamu harus mengganti hunianmu dengan yang baru. Kecuali kamu merupakan orang yang memiliki kemampuan finansial untuk itu. Tapi, alangkah baiknya kamu menginvestasikan keuanganmu untuk masa depan, atau menjalankan bisnis baru.

Ada cara untuk mengubah hunianmu agar terlihat fresh. Yakni menggunakan konsep kurangi, pakai ulang, dan daur ulang. Bahasa kerennya, reduce, reuse, recycle.

Apa Sih Reduce, Reuse, Recycle?

“Reduce, reuse, recycle” merupakan slogan yang dipakai untuk sebuah kesadaran lingkungan di tahun 1970. Ketika itu masyarakat Amerika Serikat menuntut pemerintah mengatasi masalah polusi udara, sampah dan air bersih.

Saat itu Senator Amerika Serikat asal Wisconsin, Gaylord Nelson, memutuskan memersatukan bangsa dengan merayakan Hari Bumi pertama pada 22 April 1970. Slogan “reduce, reuse, recycle” lahir saat itu.

Slogan menarik itu semakin populer saat masyarakat dunia membuat standar praktik ramah lingkungan dan meningkatkan upaya pakai ulang dan daur ulang untuk kurangi jumlah sampah. Kini perilaku itu bahkan sudah mulai menjadi kebiasaan hidup baru di Indonesia.

Reduce, Reuse, Recycle untuk Hunian

Hunian adalah pusat kehidupan setiap individu, yang mendasari segala tindakan fisik dan mentalnya, ataupun yang terjadi padanya. Hunian ideal mampu memenuhi kebutuhan personal, profesional dan kehidupan sosial. 

Untuk memberikan “fresh look” pada hunian, ada berbagai cara. Lupakan ide menyewa jasa Interior Designer, karena itu perlu modal besar. Ambil saja prinsip keilmuannya sebagai inspirasi, seperti memperbaiki sirkulasi udara dengan menggunakan cahaya dan udara asli, tingkatkan kesan nyaman, hadirkan tradisi – kenangan – prestasi – serta gaya cita rasa penghuninya. Lalu, eksekusi dengan cara “reduce, reuse, recycle”.

Dekorasi ulang memadukan seni dan ilmu pengetahun, agar hunian tampil estetis tapi juga berfungsi baik dan memberi banyak manfaat, seperti:

1. Menjadi sumber inspirasi.

2. Pemacu semangat beraktivitas.

3. Membangun keramah-tamahan.

4. Membersihkan keruwetan.

5. Memperbaiki kualitas perlengkapan.

6. Mencipta ulang ruang untuk menambah fungsi hunian.

7. Meningkatkan nilai hunian.

Tanpa harus mengeluarkan modal besar, aktivitas ini akan mendapatkan keuntungan berupa kesehatan mental penghuninya lewat perubahan besar pada kualitas dan pengalaman hidup.

Untuk menjalankannya, kamu bisa memanfaatkan tujuh inspirasi untuk menghadirkan wajah baru hunian berkonsep “reduce, reuse, recycle”. Tujuh inspirasi tersebut bisa kamu simak di bawah ini.

1. Tema baru kenangan lama

Untuk menghadirkan suasana kenangan baru di dalam hunianmu, kamu bisa mengganti foto lama keluargan dengan foto terbaru. Kemudian, ganti juga lukisan di dinding hunianmu dengan lukisan yang belum sempat terpasang.

Kamu juga bisa mengganti piguranya atau sekedar mengecat ulang warnanya. Tahun ini warna yang sedang tren, adalah warna yang terinspirasi dengan warna-warna laut dan pantai. Seperti hijau air, biru mosaik, kuning saffron, atau kelabu. 

2. Cermin lama cahaya jendela baru

Kumpulkan sebanyak mungkin cermin bekas yang ada, baik cermin kamar mandi, cermin rias, cermin casing cake powder, ataupun cermin souvenir yang masih bagus, dengan berbagai ukuran.

Susun berdekatan seperti mosaik sesuai selera, dan tempel pada sebidang tripleks/multipleks berukuran 1 x 1 m, dan sesuaikan ukuran dengan jumlah cermin. Kamu bisa mencat tripleks sewarna dengan dinding.

Pasangkan kait penggantung, lalu gantungkan collage cermin itu pada dinding yang berseberangan dengan jendela untuk mendapatkan efek cahaya dan pemandangan baru, agar ruangan lebih terang dan tampak luas.

3. Arah baru ruang lama

Jika memungkinkan, ubah arah perabotan ruangan di dalam hunianmu, seperti sofa, lemari, meja, perangkat elektronik, karpet, atau lainnya. Yang semula menghadap utara menjadi timur, atau selatan menjadi barat, dan lainnya.

Namun pengubahan arah perabotanmu tetap mempertimbangkan kenyamanan arus lalu-lintas aktivitas, untuk menghadirkan pengalaman hidup baru di dalam hunian.

4. Handuk lama kenyamanan keset baru

Kumpulkan handuk lama dari berbagai warna, buang bagian yang bernoda. Lipat masing-masing menjadi seukuran 60 x 40 cm, lalu jahit permukaannya dalam pola bebas sesuai kegemaran (menggunakan mesin jahit pribadi atau bantuan tukang jahit keliling) untuk mendapatkan efek quilt.

Letakkan sebagai keset di teras, kamar mandi, dapur, kamar tidur, atau di manapun yang menjadi pilihan dirimu.

5. Kulit baru dinding lama

Memberikan wajah baru pada dinding bisa dengan mengganti warna cat atau melapisinya dengan wallpaper. Namun, untuk menghindari modal besar, pilih yang DIY (Do It Yourself = bisa dikerjakan sendiri) seperti wallpaper berstiker yang dijual di online shop dengan harga terjangkau. Sesuaikan pilihan warna dan motif sesuai tren warna 2020 yang menjadi salah satu favoritmu.

6. Baju baru sofa lama

Tak perlu ganti kain sofa, apalagi beli sofa baru. Cukup beli sarung sofa praktis berukuran standar yang banyak dijual di online shop dengan harga terjangkau. Pilih yang bercorak polos dengan salah satu warna ngetren 2020, agar mudah dikombinasikan ulang dengan sarung bantal lama, atau beli beberapa yang baru dengan harga ekonomis.

7. Aroma baru tahun baru

Ganti jenis pengharum yang biasa digunakan untuk menyajikan aroma ruangan, dengan pilihan favorit baru. Alternatifnya gunakan bahan-bahan alami seperti rempah (cengkeh, kayu manis) atau daun-daunan seperti daun pandan, daun sereh, daun mint atau kulit jeruk.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait