Bisnis & Kerja Sampingan

11 Ide Usaha yang Menjanjikan untuk Tahun 2020

Ajaib.co.id – Tahun 2020 mungkin bukan tahun yang menyenangkan termasuk untuk dunia bisnis. Namun bukan berarti tidak ada peluang usaha yang menjanjikan untuk dijalani. Bahkan masa pandemi ini menawarkan peluang baru dengan konsep bisnis yang berbeda pula.

Tahun yang baru harus diawali dengan resolusi baru pula termasuk mewujudkan mimpi berwirausaha. Kalau selama ini masih bingung akan membuka usaha di bidang apa maka kamu tak usah khawatir. Ada banyak usaha yang menjanjikan yang cocok dijalankan di Indonesia pada 2020 mendatang.

Mungkin itu adalah pikiran yang sempat terlintas di benak sebagian besar orang pada awal tahun ini. Sayangnya, dunai tidak berjalan sebagaimana biasanya. Pasalnya, pandemi Corona merebak dan menginfeksi penduduk dunia. Akibatnya adalah sektor perekonomian melemah dan bisnis berjalan lesu.

Banyak perusahaan besar bahkan terpaksa harus merumahkan karyawannya akibat terus merugi. Semua pengusaha, apapun jenis bisnisnya, terpaksa merasakan penurunan keuntungan. Namun bukan berarti masa pandemi ini tidak memberikan harapan untuk bisnis yang menjanjikan sama sekali.

Sebaliknya, Corona membukakan pintu kesempatan untuk peluang bisnis online selebar-lebarnya. Pasalnya, dengan kebiasan untuk menghindari interaksi langsung maka kini semua orang memenuhi kebutuhannya secara online. Artinya, kamu harus harus fokus dengan ide bisnis yang sistem digital ini.

Bukan hanya sekedar memanfaatkan media sosial untuk promosi saja namun juga jeli untuk mencari cara lainnya memanfaatkan kondisi saat ini. Termasuk pula jenis usahanya yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Faktanya memang ada sejumlah usaha yang menjanjikan untuk dijalani selama masa New Normal ini. Sebut saja seperti bisnis rumahan berupa bisnis makanan ringan. Usaha kuliner seperti ini tidak membutuhkan modal besar karena cukup hanya membuka toko online saja.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menjual produk lainnya. Jika kamu memiliki modal bahkan kamu bisa memilih peluang lainnya dengan cukup mudah. Pola kehidupan manusia yang baru menghadirkan kebutuhan dan kebiasaan yang baru pula. Tentu saja ini bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan bagimu.

Berbagai ide usaha ini dianggap potensial melihat arah perkembangan perekonomian Indonesia. Enterpreneur akan selalu menjanjikan selama dijalani dengan kreativitas yang terus dikembangkan. Permodalan juga bukan lagi masalah karena kini pemerintah membuka akses finansial semaksimal mungkin untuk wirausaha.

Pastikan konsep usaha yang kamu bangun sangat matang dan memahami pangsa pasarnya. Banyak enterpreneur yang gagal dalam berbisnis bukan saat fase awal melainkan ketika mempertahankan performanya. Hal ini karena kurangnya inovasi dan terjebak dengan ide-ide lama.

Rekomendasi Usaha yang Menjanjikan Selama New Normal

Kita harus beradaptasi dengan kondisi yang baru pasca pandemi ini. Ada sejumlah perubahan yang harus dilakukan, demikian pula dalam dunia bisnis. Meski demikian, ada sejumlah peluang usaha yang menjanjikan yang muncul dengan kondisi baru ini. Apa saja itu? Cek daftarnya di bawah ini.

1.   Kerajinan furnitur

Sebagian besar negara Eropa dan Amerika mengimpor perabotan rumah yang unik dan tradisional dari Indonesia. Manfaatkan peluang ini dengan membuka usaha kerajinan furnitur untuk diekspor ke negara lain. Bisa juga membuka bisnis perbaikan dan perawatan perabotan antik yang rusak atau dikreasikan ulang dan dijual kembali.

Pasar lokal juga berpeluang dengan naiknya tren dekorasi rumah saat ini. Beragam perabotan rumah sederhana berbahan kayu dengan sentuhan gaya minimalis dan rustic saat ini sedang sangat diminati. Terjun ke pasar lokal tentunya butuh modal yang lebih sedikit dan resiko yang lebih kecil.

2.   Pengolahan dan pengemasan daging

Ide usaha ini bisa direalisasikan dengan menyediakan layanan dari hulu ke hilir. Mulai dari produksi atau penyembelihan daging di peternakan sendiri, pengolahan dan pengemasan. Daging sapi akan jauh lebih menguntungkan namun daging ayam lebih bisa dijangkau pasar lokal.

Usaha ini menjanjikan karena kini banyak orang ingin yang alami tanpa bahan kimia. Berikan produk yang sehat dan organik untuk meraih pelanggan. Kamu juga bisa membuka kedai yang menjual daging produksi sendiri ini dengan brand khusus agar produkmu lebih dikenal.

3.   Penyedia layanan internet

Jaringan internet adalah kebutuhan primer bagi manusia zaman sekarang. Alasan ini sudah cukup membuktikan jika usaha jasa layanan internet pasti memiliki pangsa pasar besar. jumlah pengguna smartphone dan gadget juga semakin bertambah sehingga potensial menjadi sumber uang.

Usahamu akan jauh lebih berkembang jika menyasar daerah-daerah yang belum terjangkau pesaing. Berikan layanan tambahan bebas biaya seperti maintenance atau konsultasi pelanggan agar usahamu semakin dikenal dan menarik banyak konsumen.

4.   Fashion

Konsep usaha lama yang akan terus bertahan ialah fashion. Kamu bisa membuat usaha fashion dengan memproduksi pakaian yang berpotongan modern namun menonjolkan kekhasan Indonesia. Gunakan berbagai kain tradisional sebagai aksen tambahan agar semakin unik.

Pandai-pandailah berkreasi dalam desain pakaian yang akan dijual termasuk dengan mengambil inspirasi dari berbagai pakaian tradisional Indonesia. Jenis fashion ini selain laku di pasar lokal juga potensial di pasar mancanegara karena eksotisme Indonesia. Manfaatkan berbagai e-commerce untuk memperluas promosi usahamu.

5. Buat Konten Video Tutorial di Youtube

Belakangan, banyak content creator membuat video panduan atau kursus tertentu yang diunggah di Youtube. Pekerjaan ini sangat mungkin dilakukan pada masa pandemi. Agar bisa menghasilkan uang, pastikan memonetisasi video dengan mengenakan biaya langganan atau konten yang dilindungi sandi hanya untuk pelanggan yang membayar. Monetisasi juga dapat dilakukan dengan memasang iklan yang difasilitasi Youtube.

6. Jual Foto

Jika kamu mempunyai keterampilan fotografi, menjual karya di sejumlah situs penyedia stok foto bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Kamu dapat mengunggah karyamu ke salah satu dari sejumlah situs database foto, yang memungkinkan editor majalah, desainer, atau organisasi apa pun untuk membelinya. Beberapa situs itu di antaranya Shutterstock, Photoshelter, dan Getty Images.

7. Menjadi Penerjemah dan Juru Bahasa

Jika kamu menguasai beragam bahasa internasional, ada kesempatan mendapatkan proyek jasa penerjemahan (teks) atau juru alih bahasa (interpreter lisan) online yang sangat banyak. Cara ini bisa jadi ide usaha yang menjanjikan dengan sistem kerja yang sangat pas dengan kondisi pandemi. Salah satu yang bisa dimanfaatkan ialah situs Welocalize. Situs tersebut menempati peringkat teratas dalam daftar 20 perusahaan terbaik penyedia pekerjaan online pada tahun 2020.

8. Riset dan Survei Internet

Mengisi survei online pada saat waktu luang dapat menambah pemasukan. Jika kamu berniat melakukannya, layanan situs Qmee bisa digunakan. Di situs tersebut, kamu dapat mengikuti survei Qmee dan membagikan pendapat tentang merek tertentu. Situs lain, seperti SurveyBods, Survey Junkie dan Valued Opinions, juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan serupa.

9. Membuat Podcast

Kamu dapat membuat podcast untuk menghasilkan uang secara online. Ide usaha yang menjanjikan ini sangat pas buatmu yang suka berbicara. Cukup siapkan mikrofon, laptop, dan perangkat lunak perekaman gratis untuk membuat podcast. Kamu tidak perlu membuat podcast setiap hari, cukup seminggu sekali dengan durasi yang tak terlalu panjang. Bisa pula menggunakan podcast untuk menarik sponsor komersial atau mengiklankan produk sendiri.

10. Narator Audiobook

Popularitas buku audio saat ini semakin meningkat di berbagai negara. Kemudahan mengakses audiobook melalui smartphone membikin banyak orang tertarik dengan produk ini. Banyaknya permintaan produk audiobook juga membuka peluang pekerjaan freelance sebagai narator, atau pengalih isi buka dari teks menjadi suara. Salah satu situs yang menyediakan informasi tentang bagaimana menghasilkan uang dari menjadi narator audiobook adalah bookriot.com. Kamu bisa mencari informasi akan banyak situs sejenis lainnya yang bisa jadi sumber cuanmu.

11. Bisnis Dropship

Ide usaha yang menjanjikan ini tergolong model bisnis lawas. Namun konsep usaha ini bisa tetap relevan saat ini. Bisnis dropship bisa dilakukan, hanya dengan modal akses internet. Kamu bisa menghubungkan pembeli dengan produsen dan mendapatkan uang dari hasil transaksi.

Penjualan memakai sistem Dropship bisa dilakukan dengan sarana media sosial maupun membuka toko online di situs-situs e-commerce. Jika mendapatkan pembeli, anda bisa menghubungi produsen dan mereka yang akan mengirimkan barang. Artinya, bisnis jual-beli online ini bisa dilakukan dengan modal cekak.

Artikel Terkait