Ajaib.co.id – Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan. Bagi kamu yang bergelut di dunia marketing, tentunya tak asing dengan surat penawaran harga. Sebab, jenis surat ini bisa menjadi salah satu strategi marketing yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan.
Surat penawaran harga nantinya akan menjadi surat resmi keterangan produk yang perusahaan kamu tawarkan. Apabila perusahaan kamu memproduksi produk berupa barang atau jasa, tentunya surat ini bisa kamu tawarkan ke calon pelangganmu secara langsung.
Pada zaman sekarang, sudah banyak orang yang beralih ke digital dalam pemasaran produknya. Hal ini disebut dengan digital marketingatau online marketing. Meskipun begitu, bukan berarti pemasaran secarang luring atau offline langsung ditinggalkan begitu saja, sebab masih banyak target pasar yang tidak bisa kamu jangkau melalui online marketing.
Untuk kamu seorang marketer, sangat penting untuk mengetahui cara membuat surat penawaran harga yang menarik. Surat ini memiliki beberapa fungsi dan komponen yang sebaiknya ada di dalamnya. Selengkapnya simak penjelasan berikut ini.
Fungsi Surat Penawaran Harga
Untuk memahami lebih jauh tentang fungsi surat penawaran harga, maka kamu bisa membaca poin-poin di bawah ini mengenai fungsi dari surat penawaran untuk pemasaran produk.
1. Memperkenalkan Produk
Tentu membuat surat penawaran harga memiliki tujuan dan fungsi tersendiri. Dalam surat ini terdapat penjelasan mengenai produk yang kamu tawarkan. Mulai dari nama produk, kegunaannya, spesifikasi, foto, dan tentu saja harga produk tersebut.
Nantinya, surat ini akan ditujukan kepada calon pembeli atau calon customer kamu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menjelaskan mengenai produk tersebut ke pembeli.
Dicantumkannya harga pada surat tersebut akan membuat calon customer lebih nyaman dalam menimbang-nimbang beli atau tidak produk yang kamu tawarkan.
Pada akhirnya, beli atau tidaknya customer dengan produk yang kamu tawarkan, bukanlah hal yang penting lagi. Sebab, tujuan kamu yang utama adalah memperkenalkan produk ke publik.
Paling tidak, mereka sebagai target pasar sudah mengenal produk kamu dengan baik. Ke depannya mereka bisa mempertimbangkan kembali untuk membeli produk yang kamu tawarkan.
2. Menawarkan Produk
Sangat penting untuk menyusun surat penawaran harga dengan baik dan menarik. Selain untuk memperkenalkan produk, fungsi surat ini yakni menjual produk tersebut dan membuatnya laku di pasaran.
Langkah selanjutnya kamu perlu memikirkan mengenai diterima dan ditolaknya surat penawaran harga yang kamu ajukan. Pelajari lagi, apakah surat yang kamu buat sudah sesuai atau belum. Dengan begitu, kamu bisa menganalisa mengenai ditolaknya tawaran yang kamu buat.
3. Menjalin Relasi
Dengan menyebarkan banyak surat penawaran harga, kamu pun bisa menjalin relasi lebih luas dengan berbagai pihak. Meskipun, tidak semua pihak yang menerima surat yang kamu berikan akan membeli produk kamu.
Tapi, dengan komunikasi yang baik akan menambah relasi yang kamu miliki. Siapa tahu, kelak kalian akan bekerja sama.
4. Media Resmi untuk Memasarkan Produk dan Menawarkan Produk
Bagi perusahaan sah dan diakui, semua kegiatan harus bisa direkam secara resmi atau dilacak. Termasuk dalam memberikan penawaran penjualan produk ke pihak lain. Sehingga segala aktivitas yang dikeluarkan perusahaan haruslah bersifat resmi dan bisa dipertanggungjawabkan. Selain memberikan nilai positif kepada perusahaan, pun memberikan kepercayaan kepada konsumen.
Surat resmi adalah surat yang sesuai standar, sehingga bisa dipertanggungjawabkan keberadaannya. Baik mengenai format surat, tanda tangan, stempel, kop surat, dan hal-hal lainnya. Itulah kenapa sangat penting menggunakan surat ini ketika melakukan pemasaran kepada konsumen. Sebab surat penawaran harga bersifat resmi dan bisa dipertanggungjawabkan.
5. Keterbukaan dalam Surat Penawaran Harga
Saat kamu membuat surat penawaran harga, kamu harus berkomitmen bahwa apa yang kamu tulis di surat tersebut merupakan hal yang apa adanya. Mengenai keunggulan produk, daftar harga, spesifikasi, dan hal lainnya. Sebab, apabila tidak sesuai nama perusahaan yang akan menjadi taruhannya.
Oleh sebab itu, prinsip keterbukaan mengenai surat ini sangatlah penting dalam skala perusahaan. Selain menyampaikan informasi, keterbukaan juga menjadi langkah awal kepercayaan orang lain terhadap kamu dan perusahaanmu.
Kamu perlu memperhatikan betul informasi yang kamu sampaikan di surat tersebut. Tulis secara terbuka, jujur, dan semenarik mungkin. Dengan begitu, orang yang membacanya akan tertarik dan nama perusahaan kamu akan aman.
Cara Membuat Surat Penawaran Harga
Cara membuat surat jenis ini tidak sulit. Perhatikan setiap komponen surat yang perlu dicantumkan. Berikut ini beberapa komponen untuk membuat surat penawaran harga.
1. Identitas Perusahaan
Hal utama yang harus kamu perjelas dalam membuat surat penawaran harga adalah mengenai identitas perusahaan kamu. Hal ini penting agar calon konsumen atau calon rekan bisnis kamu akan tahu dengan jelas tentang perusahaanmu. Termasuk perusahaanmu bergerak di bidang apa dan alamatnya di mana.
Dengan begitu calon konsumen akan memiliki gambaran mengenai perusahaanmu dan terbangun kepercayaan.
2. Pengalaman Bekerja Sama
Jika perlu, cantumkan pula cerita singkat mengenai perusahaan kamu. Perusahaan kamu sudah bekerja sama dengan siapa saja, pencapaian perusahaan, serta hal-hal yang memang mendukung identitas perusahaan. Hal ini akan menarik calon pelanggan untuk mengetahui lebih dekat tentang perusahaanmu.
3. Produk yang Ditawarkan
Komponen surat yang tak kalah pentingnya adalah keterangan tentang produk yang diawarkan. Kamu perlu mencantumkan nama produk, spesifikasi, kondisi produk, dan hal-hal lainnya mengenai produk yang ditawarkan. Gambarkan secara rinci dan jelas, sehingga konsumen mengerti produk dengan baik.
4. Harga dan Penawaran Khusus
Pada kolom penjelasan produk, kamu pun sebaiknya mencantumkan harga dan penawaran khusus yang diberikan. Misalnya, kamu memberikan promo untuk pembelian kesekian atau semacamnya. Strategi marketing seperti ini biasanya sangat ampuh untuk menggaet konsumen.
5. Cara Pembayaran
Jangan lupa cantumkan pula cara pembayaran yang bisa dilakukan apabila mereka akan membeli produk yang ditawarkan. Jelaskan pula bagaimana cara pengirimannya. Sebaiknya kamu menjelaskan dengan gamblang dan rinci, sehingga nantinya tak akan ada kesalahapahaman.
Itulah hal yang bisa kamu pelajari mengenai surat penawaran harga, sehingga kamu bisa menggunakannya untuk memperluas pasar. Dibutuhkan ketekunan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika penjualanmu belum mencapai target, jangan menyerah terlalu cepat, ya.