SUN, Jenis Investasi Berupa Surat Berharga dari Negara

SUN

SUN atau Surat Utang Negara adalah salah satu bentuk investasi yang masih relatif kurang umum di Indonesia. Umumnya, mayoritas masyarakat Indonesia atau investor baru lebih mengenal investasi saham, investasi emas dan investasi reksa dana. Ketiga instrumen investasi ini masih relatif populer.

Namun, jika dilihat lebih lanjut, SUN atau Surat Utang Negara adalah instrumen investasi yang sangat menjanjikan. Karena selain relatif stabil, jenis investasi ini biasanya diterbitkan untuk mengurangi defisit APBN.

Nah, guna mengedukasi kamu terkait apa itu SUN dan bagaimana cara kerjanya, berikut pengertian dan aspek penting Surat Utang Negara yang harus kamu pahami.

Definisi SUN

Surat Utang Negara atau SUN adalah Surat Berharga yang dikeluarkan oleh pemerintah. Pada suatu waktu, pemerintah membutuhkan dana segar untuk memenuhi kebutuhan anggaran, termasuk di dalamnya menutup defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN.

Itu baru dari sisi investor, dari sudut pandang pemerintah, Surat Utang Negara sangat bermanfaat untuk mencari dana segar. Jadi, investasi Surat Utang Negara sebenarnya adalah win-win solution.

Istilah Investasi SUN

Kupon atau bunga

Ketika berinvestasi Surat Utang Negara, kamu akan sering mendengar istilah kupon atau bunga. Kedua istilah ini mengacu kepada imbalan yang diberikan kepada pembeli oleh investor SUN. Umumnya, besaran imbalan dihitung dalam persentase terhadap jumlah pokok utang dan waktu setahun. Namun, pembayarannya biasanya dilakukan secara tiga bulan sekali.

Jatuh tempo

Setiap SUN yang keluar memiliki masa berlaku. Artinya setiap Surat Utang Negara yang keluar ada masa ‘aktifnya’ dan pemerintah wajib mengembalikan dana pokok investor setelah masanya habis.

Jenis SUN

SUN terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

Obligasi Negara

Obligasi Negara adalah salah satu jenis Surat Utang Negara dengan masa ‘aktif’ lebih dari 12 bulan. Dengan syarat kupon atau pembayaran bunga secara diskonto atau potongan yang harus dibayar oleh orang yang menjual wesel atau surat dagang yang diuangkan sebelum waktunya.

Surat Perbendaharaan Negara

Surat Perbendaharaan Negara atau SPN adalah Surat Utang Negara berjangka waku maksimal hingga 12 bulan dengan pembayaran bunga secara diskonto.

Obligasi Ritel Indonesia

Obligasi Ritel Indonesia atau ORI adalah Surat Utang Negara yang diperdagangkan secara ritel. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada investor atau masyarakat Indonesia agar secara aktif melakukan perdagangan Obligasi Negara.

Dengan mempelajari apa itu Surat Utang Negara, jenis dan istilahnya, maka kamu bisa mulai melakukan investasi sesegera mungkin. Melihat progress dan ceruknya, investasi SUN masih jarang dilakukan oleh banyak orang, padahal keuntungan yang bisa kamu dapatkan tidak sedikit selama menjalankannya dengan disiplin.

Nah, untuk mempelajari investasi secara keseluruhan, baik itu investasi saham, investasi emas atau investasi reksa dana, kamu membutuhkan bacaaan mendasar yang mudah dicerna, yang bisa kamu temukan di blog Ajaib Indonesia.

Bacaan menarik lainnya:

World Bank/International Finance Corporation (2013). Doing business (2013): Smarter regulations for small and medium-size enterprises. 10th Edition. IBRD: Washington, DC


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait