Saham

Saham IKAI: Saham yang Cocok untuk Belajar Investasi Saham

saham ikai

Ajaib.co.id – Belajar investasi saham bisa dimulai dari mana saja, termasuk dengan mengenal saham IKAI. Saham IKAI adalah saham milik Intikeramik Alamasri Industri Tbk yang terkenal dengan merek dagang Essenza. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan ini.

Berinvestasi mulai menjadi gaya hidup yang populer akhir-akhir ini. Dengan semakin banyaknya channel untuk berinvestasi dan semakin mudahnya pertukaran arus informasi, semakin banyak pula masyarakat yang sadar akan pentingnya investasi, termasuk kaum milenial. Bahkan justru kaum milenial yang membangkitkan investasi untuk menjadi sebuah tren gaya hidup. Maka itu, sangat disayangkan jika ada kaum milenial yang belum sadar akan pentingnya investasi. Sebagai milenial yang cerdas, sebaiknya kamu memahami seluk-beluk mengenai saham. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam mempersiapkan kehidupan di masa yang akan datang.

Salah satu hal yang perlu kamu ketahui sebelum memulai investasi adalah cara untuk mencari informasi yang valid mengenai saham. Peran informasi ini sangat penting karena keputusan beli jual saham pun akan berdasarkan informasi yang dimiliki ini. Masalahnya, banyak orang yang merujuk pada informasi yang salah. Bisa karena rumor atau hanya dengar desas-desus belaka.

Pemula seperti kamu harus tahu nih bahwa ada informasi saham yang valid dari sumber yang bisa dipertanggungjawabkan. Informasi ini bersifat gratis dan bisa diperoleh secara cuma-cuma. Informasi ini berperan sangat penting untuk keberlangsungan investasi saham kamu. Untungnya, Pengelola Bursa Efek Indonesia membuka akses informasi perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa secara gratis kepada publik. Bahkan kamu tidak perlu menjadi pemegang saham untuk bisa mengakses informasi ini.

Informasi ini menjadi sangat penting karena informasi ini berasal langsung dari perusahaan dan bukan hanya rumor belaka. Untuk mengerti bagian mana yang penting dari informasi ini, setidaknya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan kamu butuhkan sebagai bahan analisis, antara lain:

  • Laporan Keuangan, yaitu laporan berisi kondisi keuangan perusahaan yang wajib disampaikan kepada pemegang saham setiap kuartal, tengah tahun, dan akhir tahun. Laporan ini digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan.
  • Laporan Tahunan, yaitu laporan berisi kajian komprehensif mengenai prospek, keuangan, bisnis, dan manajemen perusahaan yang wajib disampaikan setiap akhir tahun.
  • Corporate Action, yaitu laporan terkait kegiatan atau aksi perusahaan yang mempengaruhi harga saham.
  • Public Expose, yaitu presentasi perusahaan ke masyarakat mengenai perkembangan kinerja perusahaan yang wajib dilakukan minimal setahun sekali.

Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan informasi tersebut? Berikut langkahnya:

  1. Masuk ke situs https://www.idx.co.id/. Di bagian kanan atas, kamu bisa melihat tombol untuk “Laporan Keuangan”, “Pengumuman”, dan lain – lain.
  2. Pilih salah satu tombol. Lalu akan muncul jenis laporan, kode saham, dan periode laporan.
  3. Jika kamu sudah menemukan kode saham perusahaan yang ingin kamu ketahui informasinya, maka kamu bisa klik “Download” pada laporan tersebut.

Berbicara mengenai belajar investasi, tidak jauh-jauh dari bahasan mengenai instrumen investasi. Ada beberapa instrumen investasi yang bisa kamu pilih ketika akan melakukan investasi, mulai dari logam mulia, properti, hingga saham.

Saham ini pun terbagi lagi menjadi jenis-jenis saham yang dijual di bursa sehingga akan banyak sekali pilihan untuk kamu dalam berinvestasi saham. Dengan banyaknya jenis saham yang ada, diperlukannya strategi khusus untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Tidak mungkin jika kamu harus menanam modal di semua jenis saham untuk mengetahui saham mana yang mampu memberikan kamu keuntungan maksimal.

Maka itu, dibutuhkan juga pemahaman akan saham itu sendiri. Seperti yang telah disebutkan, dengan banyaknya jenis saham yang ada pada bursa, maka kamu perlu mengenal satu per satu saham yang ada tersebut. Kenali perusahaannya, data historisnya, hingga keadaan perusahaan tersebut di pasaran seperti apa. Memang akan cukup melelahkan untuk mengenal saham secara satu per satu. Namun, kamu bisa memulainya dari salah satu saham yang tersedia di bursa, seperti saham IKAI hari ini.

Saham IKAI

IKAI adalah kode saham untuk PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk. Berawal dari industri Manufaktur Homogeneous Tile (porcelain tile) dengan merek dagang “Essenza”, IKAI pun mulai beroperasi secara komersial pada bulan Mei 1993. Essenza dikenal sebagai petinggi dan pelopor di industri tersebut. Essenza juga dikenal sebagai merek yang berkualitas dan terpercaya. Hal ini dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang diraihnya seperti Forbes 2015 – 20 Rising Global Stars, 2014 Superbrands, SWA Top 250 Original Indonesia Brands, 2013 iDea Rumah, Readeers Choice Awards, 2009 Businessweek-Frontier Indonesia Most Admired Companies, dan 2007 Primaniyarta Awards.

Saat ini, pengelolaan produksi manufaktur PT IKAI Tbk dilakukan oleh anak perusahaan yakni PT Internusa Keramik Alamasri (INKA). Sejak awal 2018, IKAI kembali melakukan aksi korporasi untuk memperbesar aset usaha dan telah mengakuisisi lima perusahaan properti di bidang perhotelan yaitu PT Realindo Sapta Optima (RSO) yang berlokasi di Ubud, PT Mahkota Artha Mas (MAM) yang berlokasi di Ubud, PT Mahkota Properti Indo Medan (MPIM) yang berlokasi di Medan, PT. Hotel Properti Internasional (HPI) yang berlokasi di Bogor, dan PT Saka Mitra Sejati (SMS) yang berlokasi di Medan.

Saham IKAI Hari Ini

Saham IKAI hari ini sangat bergantung dengan performa saham IKAI di 2019. Pada 2020, IKAI memproyeksikan bisnisnya untuk dapat membidik penjualan hingga Rp110 Miliar. Target penjualan yang dibuat ini juga didukung oleh target produksi keramik Essenza yang mencapai 900.000 m² hingga 1.1 juta m² di sepanjang 2020. Jika dibandingkan dengan penjualan bersih IKAI di 2018 sebesar Rp11,27 miliar dan penjualan di kuartal tiga pada 2019 sebesar Rp57,21 miliar, target yang dipatok ini sebenarnya cukup tinggi.

Kemudian di awal 2020 ini, IKAI juga telah menandatangani perjanjian kemitraan untuk mendistribusikan produk Essenza dengan salah satu distributor bahan bangunan terbesar di Indonesia untuk mendorong pertumbuhan bisnis keramiknya. Ini juga akan berpengaruh terhadap saham IKAI hari ini. Distributor ini merupakan pemain utama dalam bisnis distribusi dengan rekam jejak yang kuat lebih dari tiga dekade. Dengan total 32 gerai ritel yang tersebar di seluruh Indonesia yang berada di bawah naungan mitra baru ini, IKAI ingin memperkuat jaringan distribusinya, untuk meningkatkan penetrasi pasar dan memperkuat kehadiran produk-produk Essenza, khususnya di wilayah Jawa dan Bali.

Apakah semakin tertarik untuk berinvestasi di saham? Ingat, pastikan kamu memahami seluk-beluk mengenai saham terlebih dahulu ya. Setelah sudah cukup paham mengenai saham maka itulah waktu yang tepat untuk terjun langsung berinvestasi pada saham. Setelah mengetahui saham IKAI, sekarang kamu bisa mencari tahu mengenai saham lainnya.

Bacaan menarik lainnya:

Fahmi, I., & Hadi, Y. L. (2009). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung: Alfabeta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait