Lebih Baik Beli Saham Modal 100 Ribu atau Reksa Dana?

beli saham modal 100 ribu
beli saham modal 100 ribu

Ajaib.co.id – Meskipun saat ini bisa beli saham modal 100 Ribu saja, niat investasi masih saja sering tersandera kebutuhan hidup, sehingga investasi reksa dana saham yang bermodal Rp10 Ribu jadi solusi tepat.

Time is money, kamu pasti sering dengar kan? Itu memang slogan favoritnya kalangan pebisnis dan investor! Kapital atau modal memang penting, tapi kamu pasti paham bahwa tanpa pengelolaan jangka waktu yang efektif, dana raksasa pun bisa menguap! Begitu pun pendanaan investasi.

Sekarang sudah bisa beli saham modal 100 Ribu kok! Memang. Dan itu adalah sebuah terobosan IDX dan para APERD online yang jenius dan berharga dalam memberikan akses bagi berbagai lapisan masyarakat untuk berinvestasi dan mencapai kebebasan finansial.

Tapi ekonomi makin seret nih.. bahkan niat rutin menyisihkan hanya Rp100 Ribu per bulan saja, kerap masih terkendala kebutuhan hidup, Gimana dong?

Fleksibilitas Beli Saham

IDX (Indonesia Stock Exchange) yang sering kita sebut dengan Bursa Efek Indonesia sejak tahun lalu gencar mensosialisasikan program Yuk Nabung Saham! yang pada dasarnya mengajak masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan untuk jadi investor Milenial dengan rutin beli saham modal 100 Ribu di IDX!

Berbagai saham potensial terbitan emiten (perusahaan penerbit saham) yang resmi terdaftar di IDX ada yang harganya Rp500 – Rp1000 per lembar saham, berarti modal Rp100.000 bisa mendapatkan 100-200 lembar saham! Wow!

Dengan demikian, IDX dan Pemerintah berharap minat dan literasi masyarakat Indonesia terhadap investasi saham makin besar, yang memungkinkan tercapainya kebebasan finansial di masa depan.

Jenis produk yang diluncurkan program Yuk Nabung Saham! terdiri dari saham dan reksa dana. Tiap perusahaan sekuritas punya nama produk tabungan saham yang berbeda.

Tahapan prosedur Beli Saham di IDX

  • Cek 34 perusahaan sekuritas yang bekerjasama dan resmi terdaftar di IDX di www.yuknabungsaham.idx.co.id.
  • Registrasi rekening saham pribadi secara perorangan di berbagai perusahaan sekuritas kredibel dan berintegritas yang resmi terdaftar di IDX, baik secara offline dengan mendatangi kantor sekuritas pilihan kamu, maupun via aplikasi online, dan dapatkan kartu (digital) AKSes KSEI untuk akses tunggal ke akun-akun saham kamu yang teregister di berbagai perusahaan sekuritas berbeda.
  • Tentukan nominal dana yang hendak rutin disetorkan.
  • Tentukan saham yang ingin ditabung.
  • Setelah rekening saham jadi, investor bisa rutin menyetorkan dananya atau via fasilitas auto transfer dari rekening bank pribadi pada tiap periode yang ditentukan
  • Lakukan pembelian saham secara rutin.
  • Bagi kamu yang ingin investasi saham khusus yang sesuai prinsip syariah, pilihlah saham-saham syariah yang termasuk dalam Daftar Efek Syariah, yang dapat dilakukan juga melalui Sistem Online Trading Syariah pada Anggota Bursa di BEI.

Beli Saham Modal 100 Ribu Tersandera Kebutuhan Hidup

Dana 100 Ribu secara umum selama ini memang dianggap sebuah jumlah yang terjangkau olah berbagai lapisan masyarakat, apalagi bagi kalangan yang mendapat Upah Minimum Provinsi (UMP) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah sebesar Rp3.900.000-an, apalagi jika kamu sudah berkeluarga tapi masih tergolong DINK (Double Income No Kids).

Namun, memang aneh tapi nyata, hidup di kota besar bisa membuat angka yang lumayan itu menguap ditelan angin loh! Coba aja kamu simak deretan biaya-biaya di bawah ini:

  • Harga kos-kosan di Jakarta Rp500.000– 4.000.000/bulan.
  • Harga 2×1 porsi makan di warteg atau rumah makan terdekat Rp30.000-40.000/hari, = Rp1.200.000/bulan
  • Harga BBM mobil Rp300.000/minggu, = Rp1.200.000/bulan.
  • Harga biaya parkir perjamnya Rp4.000, berarti min. Rp36.000/hari, = Rp936.000/bulan.
  • Harga BBM motor Rp50.000/minggu, = Rp200.000/bulan.
  • Harga biaya parkir perjamnya Rp2.000, berarti min. Rp18.000/hari, = Rp468.000.
  • Harga biaya transportasi umum Rp10.000/hari = 260.000/bulan.
  • Harga biaya nonton di bioskop, makan fast food, dan shopping di mall, Rp100.000-500.000/wiken, = Rp2.000.000/bulan.

See, dengan hitungan batas termurah maupun termahal pun, jika kamu nggak hati-hati banget dan ekstra ketat mengerem pengeluaran hiburan di tiap wiken, sisa pendapatan memang kerap hanya tersisa sebesar beberapa ratus ribuan saja. Belum lagi jika ada force majeur, yang menuntutmu mengeluarkan biaya lebih, seperti bencana alam, maintenance kendaraan, kunjungan kerabat mendadak, dlsb.

Jadi, memang ternyata lumayan sulit menyisihkan pendapatan Rp100.000 secara rutin. Trus bagaimana? Masa harus nabung dulu untuk nabung saham? Kapan bisa jadi penerus Warren Buffet?

Penundaan = Kerugian

Kalau untuk nabung saham saja kamu harus nabung dulu, bisa-bisa kamu nggak akan pernah mencapai tujuan investasimu karena sudah keburu lanjut usia dan sakit-sakitan untuk menikmatinya. Waktu adalah kunci sukses investasi. Semakin dini memulainya, semakin cepat suksesnya. Jadi jangan menyerah dengan batas modal minimum investasi, karena selalu ada produk investasi lain yang bisa lebih fleksibel menyegerakan dana kamu terinvestasikan.

Tunda Beli Saham Modal Rp100 Ribu, Langsung Eksekusi Yang Rp10 Ribu

Resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, reksa dana saham yang merupakan salah satu pilihan paling menguntungkan dari rangkaian reksa dana terbaik Ajaib bisa kamu miliki 5 menit dari sekarang, cuma dengan Rp10.000! Seriously? Gimana caranya?

  1. Ambil smartphone-mu.
  2. Kunjungi ajaib.co.id
  3. Klik Belajar untuk meningkatkan literasi investasimu.
  4. Klik dan browse pilihan reksa dana terbaik, termasuk yang modal awalnya cuma Rp10.000
  5. Ikuti simulasi Potensi Return dalam jumlah dana milikmu.
  6. Klik Mulai Berinvestasi
  7. Lakukan dan lengkapi data registrasi.
  8. Dalam 5 menit kamu sudah punya akun investasi.
  9. Ajaib akan memberimu saran tentang jenis reksa dana dan strategi alokasi modal investasi yang sesuai profil resikomu.

Mudah kan? Selamat jadi investor milenial awesome ya! Jangan lupa sisihkan gajimu untuk rutin berinvestasi dan top-up reksa dana minimum Rp10.000 di Ajaib yang berintegritas, fleksibel, menguntungkan, mudah, menu pilihan paket investasi variatif, dan menyandang status kelulusan dari program pembinaan inkubator startup terkemuka Y Combinator di Silicon Valley. Ajaib juga mendapat pengawasan penuh Otoritas Jasa Keuangan demi tercapainya kebebasan finansial di masa depan.

Bacaan menarik lainnya:

Sharpe, W. F. (1966). Mutual Fund Performance. The Journal of Business. Vol. 39. 119-138


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait