Uncategorized

Permainan Game Ini Tak Disangka Bisa Belajar Soal Keuangan

Ajaiab.co.id – Ada banyak variasi permainan game yang bisa kamu dapatkan dari berbagai genre. Tak hanya menghibur saja, ternyata ada banyak permainan dengan genre tertentu yang memberikan banyak manfaat.

Misalnya saja bila kamu ingin mencari pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola dan merencanakan keuangan untuk masa depan. Tentunya sangat membosankan jika kamu harus membeli dan membaca buku tentang keuangan tersebut hingga berlembar-lembar.

Inilah alasan terbesar mengapa anak-anak muda di Indonesia, membutuhkan suatu cara yang lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan pengetahuan keuangan mereka. Salah satunya yaitu melalui permainan game yang dapat membantu mereka untuk lebih memahami literasi keuangan dan bagaimana cara merencanakan keuangan mereka.

Nah biar kegiatan belajarmu tentang keuangan semakin asyik dan tidak membosankan untuk dilakukan, kamu bisa coba memainkan permainan game favorit keuangan yang sudah redaksi Ajaib rangkum berikut ini.

Daftar Permainan Game yang Bisa Mengajarkanmu Tentang Perencanaan Keuangan

1. Monopoli

Tentunya kamu tidak asing lagi dengan game satu ini, permainan monopoli pasti sering kamu mainkan secara bersama-sama dengan teman-temanmu saat masih kecil dulu. Walaupun game ini dapat dikatakan sebagai game jadul. Namun berkat adanya sentuhan teknologi, permainan monopoli saat ini masih bisa dinikmati dan dimainkan bersama-sama lewat ponsel pinta alias menjadi game online.

Monopoli adalah salah satu game keuangan terbaik yang bisa mengajarkanmu tentang bagaimana cara mengelola dan merencanakan keuangan. Hal ini biasanya menjadi kendala terbesar bagi milenial zaman now ketika harus mengalokasikan uangnya ke berbagai pos keuangan. Tetapi, melalui game monopoli setidaknya kamu belajar beberapa hal tentang keuangan.

Pertama, kamu harus selalu memiliki uang tunai di tangan. Bila tidak kamu akan meminjam uang ke beberapa teman maupun lembaga keuangan. Berikutnya Jangan berinvestasi secara spekulatif, di mana kesebaran adalah kunci sukses bagi seorang investor.

Di permainan monopoli, kamu perlu bersabar untuk membeli properti dan tahu kapan kamu harus membelinya. Hal ini seperti layaknya Warren Buffet yang tidak berinvestasi berdasarkan spekulasi seperti kebanyak orang yang ada di luar sana. Ia secara disiplin untuk terus konsisten dan bersabar.

Berikutnya, fokus pada cash flow. Dalam permainan monopoli pada awalnya setiap pemain hanya dimodalkan sejumlah uang. Namun, kemudian akan semakin berkembang dan membeli berbagai properti yang ada. Di sini kita bisa belajar bahwa cash flow itu sangat penting bagi seseorang karena tidak bisa hanya mengandalkan dari satu pemasukan saja melainkan dari berbagai sumber

Pelajaran berikutnya adalah melakukan investasi ke berbagai aset. Diversifikasi investasi menjadi hal yang penting untuk diterapkan oleh setiap investor untuk meningkatkan peluang menang kamu. Kamu bisa memiliki lebih dari 50 aset yang terbagi di berbagai perusahaan sekuritas. Sehingga kamu tidak mengalokasikan seluruh dana investasi yang dimiliki dalam 1-3 aset saja melainkan ke berbagai investasi lainnya.

Hal lainnya adalah tidak selalu harga aset fantastis selalu terbaik. Ketika kamu membeli sebuah properti, bukan hanya mempersoalkan berapa harga properti tersebut saja. Melainkan, ketika kamu membeli properti tersebut pasti ada biaya-biaya lainnya seperti listrik, air, keamanan, perawatan, dan lain-lain. Pastinya semua biaya-biaya ini membutuhkan cash flow yang baik agar tidak terbengkalai.

Bisa disimpulkan dalam permainan game monopoli kamu akan diajarkan mengenai berbagai pelajaran keuangan. Misalnya arus kas, diversifikasi investasi, tidak berinvestasi secara spekulatif, dan harus memiliki uang tunai di tangan. Untuk memaksimalkan perencanaan keuangan untuk dana pensiunmu nanti, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tujuan investasimu dan memahami seluk-beluk dari produk investasi yang ingin dipilih.

Misalnya bila kamu memiliki proyeksi keuangan untuk jangka panjang, alangkah baiknya kamu memilih jenis intrumen investasi seperti saham dan reksa dana saham. Di mana, di era digitalisasi seperti saat ini kamu tidak perlu repot-repot harus datang langsung hanya untuk membeli aset-aset tersebut di perusahaan sekuritas.

Sekarang kamu bisa berinvestasi secara online melalui aplikasi Ajaib dengan mudah dan cepat sebab hanya butuh waktu 5 menit saja untuk melakukan pendaftaran akun. Setelahnya, kamu bisa memilih dan membeli saham-saham yang terdaftar di BEI, serta produk reksa dana dari berbagai Manajer Investasi (MI) yang telah bekerja sama dengan Ajaib.

2.    The Sims

Game simulator ini memang tersedia untuk berbagai platform game konsol. Dalam game ini kamu bisa merencanakan keuanganmu dan memberikanmu pelajaran tentang keuangan dalam dunia nyata. Pertama, kamu bisa memiliki bidang pekerjaan sesuai dengan keahlianmu dan terus mengasah keterampilanmu agar memiliki karir yang cemerlang.

Dengan begitu, kamu bisa semakin menghasilkan banyak uang dan bisa merencanakan keuanganmu untuk masa depan seperti mencari pasangan, dan berinvestasi. Dalam permainan game ini, setidaknya kamu memperoleh banyak pelajaran. Misalnya bahwa untuk bisa sukses, kamu perlu meningkatkan keterampilan atau kemampuanmu agar bisa bersaing dalam kerasnya dunia kerja saat ini.

Namun, kamu juga tidak boleh melupakan betapa pentingnya perencanaan keuangan untuk masa depan dengan berinvestasi. Pada dasarnya, percuma saja jika kamu memiliki penghasilan fantastis sekalipun bila kamu tidak bisa mengelola keuangan dengan baik.

Walaupun, saat ini kamu sedang menikmati gaji besar setiap bulannya namun kehidupan yang dijalani masih cukup panjang. Selain memikirkan saat ini, kamu juga perlu memikirkan masa depan yakni setelah pensiun nanti.  Setidaknya, kamu perlu merencanakan masa depanmu sekitar 10-20 tahun ke depan setelah pensiun. 

Untuk mempersiapkan dana darurat dan dana pensiun, kamu bisa berinvestasi berdasarkan jangka waktu dan tujuan finansialmu. Khusus untuk dana pensiun, kamu bisa menggunakan dana menganggur dan melakukan investasi kembali dari setiap keuntungan yang diperoleh ke produk investasi lainnya.

Demikianlah informasi yang bisa redaksi Ajaib sampaikan tentang permainan game yang bisa mengajarkanmu tentang keuangan. Bila kita lihat dan perhatikan secara seksama bahwa permainan game di atas sebenarnya terinpirasi dari kehidupan nyata. Namun, melalui permainan game tersebut diharapkan bisa dijadikan sebagai sebuah simulasi dalam merencanakan keuangan untuk masa depan.

Artikel Terkait