Investasi

Perbedaan Saham dan Reksadana dalam Persiapan Biaya Nikah

perbedaan saham dan reksadana

Ajaib.co.id – Jika berencana menikah beberapa tahun lagi, tak ada salahnya mempersiapkan biayanya mulai sekarang dengan berinvestasi. Investasi saham atau reksadana? Apa perbedaan saham dan reksadana?

Pernikahan tak sekadar membutuhkan cinta melainkan biaya. Untuk menyelenggarakan pernikahan pasangan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika acara pernikahan digelar di gedung pusat kota disertai dengan acara adat dan pre-wedding.

Namun biaya pernikahan bisa bervariasi. Berdasarkan Bridestory Indonesia Wedding Industry Report, terdapat empat kategori pesta pernikahan dan biayanya, Kompas.com (13/02/2020). Dengan tamu undangan sekitar 50-1,000 pax:

  1. Kategori affordable memerlukan biaya Rp20 juta hingga Rp400 juta.
  2. Kategori moderat sekitar Rp40 juta sampai Rp800 juta.
  3. Kategori premium sekitar Rp100 juta hingga Rp2 miliar.
  4. Kategori luxurious diselenggarakan di luar kota atau luar negeri, pengisi acara musisi terkenal, dan menggunakan jasa vendor premium, membutuhkan biaya Rp350 juta sampai Rp7 miliar.

Rencana pernikahamu masuk dalam kategori mana? Apapun kategorinya, yang penting sesuaikan acara pernikahan dengan ketersediaan biaya. Jika rencana pernikahan masih lama, misal target menikah masih tiga atau lima tahun lagi, tak ada salahnya untuk mempersiapkan biaya mulai sekarang.

Biaya Menikah

Pada umumnya, biaya menikah pasangan di Indonesia berasal dari orang tua mereka. Namun tak sedikit pasangan yang membiayai pesta pernikahannya tanpa sumbangan dana dari orang tua. Dari mana sumber dananya? Bisa dengan menabung, memanfaatkan kredit tanpa agunan (KTA), dan investasi.

Menabung

Jika tabungan kamu dan pasangan cukup untuk menggelar pernikahan, kenapa tidak? Tak masalah acara pernikahan affordable atau premium, yang penting menikah sah secara agama dan negara. Namun kekurangan menabung adalah bunganya kecil. Sehingga penambahan asetmu tidak tinggi.

KTA

Cara kedua memperoleh dana pernikahan adalah menggunakan KTA. Muhammad Andoko dari Co-Founder and Commissioner One Shildt Financial mengatakan KTA cocok digunakan untuk keperluan mendesak dan bersifat produktif dan sebaiknya tidak untuk menikah. Karena menikah adalah acara yang diselenggarakan sekali atau tidak berlangsung pada periode tertentu, CNBCIndonesia.com (08/03/2019).

Investasi

Jika rencana pernikahan masih tiga atau Lima tahun lagi, investasi adalah pilihan yang tepat untuk mempersiapkan dana. Pilihan investasi dapat berupa saham atau reksadana. Namun apa perbedaan saham dan reksadana? Mana yang lebih cocok untuk biaya pernikahan?

Perbedaan Saham dan Reksadana

Saham dan reksadana merupakan dua instrumen investasi dengan cara kerja berbeda. Meskipun keduanya sama-sama bisa diandalkan untuk memperoleh imbal hasil.

Saham

Investasi saham adalah kegiatan menanamkan modal pada perusahaan, dalam hal ini saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Investasi ini memiliki karakteristik imbal hasil dan risiko tinggi, serta digunakan untuk jangka panjang.

Yang perlu diketahui, dalam dunia investasi, imbal hasil dan risiko selalu beriringan. Jika ada penawaran investasi minim dengan keuntungan tinggi dan bisa dicairkan cepat, kamu patut curiga.

Kembali ke saham, investasi ini menuntutmu untuk mempelajari analisis fundamental dan teknikal. Kedua analisis tersebut berguna dalam memilih saham yang berkinerja bagus dan harganya murah.

Sehingga kamu mendapatkan imbal hasil optimal. Namun keuntungan saham tak hanya diperoleh dari imbal hasil, juga pembagian dividen. Meski tak semua perusahaan (bahkan yang mencetak laba sekalipun) membagikan dividen.

Imbal hasil saham bisa mencapai 20 persen bahkan lebih. Namun hal itu tergantung kondisi ekonomi. Seperti perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok maupun pandemi covid-19 yang menyebabkan kegiatan ekonomi lesu termasuk pasar modal. Meski demikian, situasi tersebut tak perlu dikhawatirkan untuk investasi jangka panjang.

Bila kamu berencana menikah lima tahun lagi, investasi saham layak dipertimbangkan. Jangan lupa, pilih saham dengan fundamental baik. Karena ketika ekonomi lesu, pergerakan saham tersebut akan melemah. Namun saat ekonomi bangkit, saham berfundamental baik cepat pulih dibanding yang tidak.

Reksadana

Reksadana merupakan investasi bagi masyarakat yang tidak memiliki kemampuan menganalisis pasar dan risikonya, sehingga pengelolaan dilakukan oleh Manajer Investasi (MI). Investasi reksadana seperti swalayan, ia memiliki produk bervariasi sesuai tujuan maupun risiko.

Tujuan jangka pendek dan risiko rendah, pilihannya reksadana pasar uang. Tujuan jangka menengah dengan risiko sedang dapat memilih reksadana pendapatan tetap.

Tujuan jangka panjang dengan risiko tinggi adalah reksadana saham. Tujuan dan risiko reksadana campuran berada di tengah pendapatan tetap dan saham.

Pada dasarnya, risiko reksadana tidak setinggi saham. Begitu pula dengan keuntungannya. Hal ini dikarenakan reksadana menyebarkan portofolio di beberapa instrumen investasi, saham tidak.

Jadi ketika kinerja saham A menurun, tetapi nilai reksadana F (salah satu portofolio pada saham A) naik. Karena empat dari lima portofolio reksadana F mengalami kenaikan.

Apakah investasi reksadana layak dijadikan biaya pernikahan? Layak. Tetapi sesuaikan produk yang akan diambil dengan rencana pernikahanmu. Misal kamu dan pacar berencana menikah tiga tahun mendatang. Produk yang cocok untuk investasi adalah reksadana pasar uang atau pendapatan tetap.

Investasi ini memberikan imbal hasil cukup menjanjikan dan nilainya pun stabil. Untuk mengetahui potensi keuntungannya, gunakan fitur Kalkulator Return yang terdapat di Ajaib.

Reksadana Pasar Uang

  • Tingkat risiko yang sesuai denganmu: Low Risk.
  • Produk: Capital Dana Kas.
  • Jika investasi bulananmu sebesar: Rp2,000,000
  • Maka kamu bisa mendapatkan: Rp80,011,132.
  • Durasi: 3 tahun.

Reksadana Pendapatan Tetap

  • Tingkat risiko yang sesuai denganmu: Medium Risk.
  • Produk: Victoria Dana Obligasi.
  • Jika investasi bulananmu sebesar: Rp2,000,000
  • Maka kamu bisa mendapatkan: Rp77,952,003.
  • Durasi: 3 tahun.

Jika kamu dan pacar masing-masing berinvestasi maka biaya yang terkumpul akan semakin banyak. Apalagi jika kamu dan pacar menambah jumlah setoran per bulan. Lakukan juga review setiap enam bulan sekali. Apakah kalian perlu mendiversifikasi investasi atau tidak.

Dengan memahami perbedaan saham dan reksadana, kamu dan pacar dapat mengelola uang lebih bijak. Kamu juga lebih teliti dalam memilih produk investasi untuk biaya pernikahan.

Artikel Terkait