Saham

Cara Aman Bermain Saham di Tengah Pandemi Covid-19

cara aman bermain saham

Ajaib.co.id – Pandemi virus corona atau covid-19 menciptakan banyak keraguan untuk berinvestasi saham. Namun, jangan terlalu khawatir, pasalnya tetap ada cara aman bermain saham di tengah pandemi covid-19 ini. Bagaimana cara aman bermain saham tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Perlu diakui, saham memang kerap kali jadi jenis investasi favorit bagi investor, baik itu untuk pemula atau mereka yang sudah handal. Hal ini disebabkan oleh karena saham memang menjanjikan keuntungan yang cukup besar, apalagi jika dibandingkan dengan deposito ataupun obligasi.

Namun, besar keuntungan ini sebanding dengan risiko kerugiannya. Oleh karena itu, banyak investor saham yang saat ini ragu untuk berinvestasi di saham perusahaan manapun karena munculnya isu virus corona.

Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir. Karena, redaksi ajaib memiliki cara aman bermain saham untuk pemula di situasi seperti ini. Tetapi, kamu perlu mengetahui dahulu seluk beluk dunia saham yang dipaparkan di bawah ini.

Mengenal Lebih Dekat Saham

Apapun jenis saham yang kamu coba, selalu ada prinsip “high risk, high return”. Prinsip ini memiliki artian, di balik keuntungan yang besar, kamu juga harus siap menanggung risiko yang besar juga. Hal ini seperti kesepakatan tidak tertulis di dunia saham.

Sebagai intermezzo, saham sendiri bisa diartikan sebagai bukti pemilikan perusahaan yang bisa diklaim kekayaan dan penghasilan perseroan perusahaan tersebut. Karena itu, memilih perusahaan mana yang ingin ditanam sahamnya menjadi hal yang krusial dalam instrumen investasi ini.

Demi mengenal saham lebih dekat, kamu juga harus tahu mengenai Bursa Efek Indonesia (BEI) yang melembagai pasar modal. BEI ini bisa dibilang sebagai jembatan penghubung antara investor yang ingin jual beli saham dengan pasar saham itu sendiri.

Di dunia investasi saham, kamu juga akan menjumpai pembelian dalam satuan lot. Bagi yang belum tahu, 1 lot ini adalah minimal pembelian saham, di mana 1 lot sendiri berarti senilai 100 lembar saham.

Setelah mengenal investasi saham, maka hal yang kamu tunggu-tunggu akan redaksi Ajaib, yakni bagaimana cara aman bermain saham di tengah pandemi virus corona. Mengikuti langkah ini bisa menjadikan saham yang kamu investasikan jadi lebih minim risiko. Berikut cara-caranya:

Ikuti Perkembangan Situasi

cara aman bermain saham - ikuti perkembangan situasi

Sebelum memilih saham, cara aman bermain saham yang pertama adalah selalu mengikuti perkembangan situasi yang ada. Hal ini penting, karena dari perkembangan situasi ini, kamu bisa melihat reaksi perusahaan yang ingin kamu beli sahamnya.

Bila perusahaan tersebut memiliki reaksi yang baik dan adaptif, bisa dibilang perusahaan tersebut bisa mendapatkan kepercayaan oleh investor-investor dan harga sahamnya bisa bertahan ataupun meningkat.

Dengan mengikuti perkembangan situasi, kamu juga bisa menganalisis langkah apa yang sebaiknya kamu ambil. Karena, tidak seperti judi yang mengandalkan keberuntungan, saham adalah dunia yang penuh akan perhitungan. Salah perhitungan sedikit saja, kamu bisa rugi banyak.

Tentukan, Kamu Investor atau Trader

Dalam investasi saham, dikenal juga yang namanya investasi jangka pendek dan juga investasi jangka panjang. Perbedaan keduanya adalah jangka waktu untuk mendapatkan keuntungan dari investasi yang kamu lakukan.

Untuk investasi jangka pendek, pelakunya biasa dipanggil trader saham, sedangkan untuk investasi jangka panjang, pelakunya dipanggil investor saham. Dalam memilih peran ini, kamu harus merefleksikan siapa diri kamu.

Jika kamu adalah tipe orang yang ingin mendapatkan keuntungan sedikit demi sedikit dalam waktu yang singkat, maka bisa dibilang kamu sudah memiliki naluri menjadi trader saham. Tetapi, jika kamu merasa investasimu adalah bentuk tabungan masa depanmu dan lebih memilih keuntungan yang probabilitasnya lebih besar, maka intuisimu sudah terlatih jadi investor saham.

Apapun jati diri kamu sebagai pemain saham, yang pasti kamu perlu menentukannya dari awal. Karena, sedikit sekali orang yang bisa mengambil dua peran berlawanan ini sekaligus. Jika kamu memaksa ingin jadi investor sekaligus trader, fokus kamu bisa terbagi dan dampak terburuknya kamu bisa rugi di dua jenis investasi saham ini.

Saham dengan Fundamental Baik

Dalam situasi pandemi sekarang ini, mungkin investasi saham jangka panjang bisa menjadi solusi yang baik. Jika kamu memutuskan untuk berinvestasi jangka panjang, pastikan kamu memilih saham dengan fundamental yang baik.

Dalam kategori fundamental yang baik, biasanya memiliki ciri di mana keuntungan perusahaan tersebut dari tahun ke tahun lebih lebih rendah atau price earning ratio (PER) dari emiten lainnya yang masih satu industri.

Ciri lainnya adalah return of equity (ROE) dari perusahaan tersebut tumbuh konsisten ke arah yang lebih baik. Lebih menguntungkan lagi, jika perusahaan tersebut juga rajin membagikan dividen di tiap tahunnya.

Untuk mengetahui saham yang berfundamental baik, tentunya kamu membutuhkan analisis fundamental. Analisis ini bisa kamu lakukan cukup mudah, kamu tinggal mengakses laporan keuangan perusahaan yang ingin kamu pilih di situs Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pilih saham berfundamental baik sudah pasti tidak anjlok? Belum tentu. Dalam kondisi seperti ini, hampir semua jenis saham anjlok. Namun, untuk perusahaan dengan fundamental yang baik, biasanya cenderung bisa bertahan, bangkit, dan kembali konsisten dalam menghasilkan keuntungan.

Sabar

Gegabah adalah bencana dalam investasi saham, apalagi dalam kondisi seperti sekarang ini. Jangan terburu-buru dalam menentukan posisi atau melakukan aksi transaksi saham. Kamu harus bisa menahan hawa nafsumu agar tetap bisa berpikir jernih tentang apa yang akan kamu lakukan.

Jangan hanya kamu berpikir langkah yang kamu lakukan bisa sedikit menguntungkan atau sedikit memotong kerugian, kamu langsung bertindak cepat. Sebenarnya hal tersebut boleh saja, asal di dalamnya kamu telah melakukan analisis teknikal dan analisis fundamental mengenai tindakan yang kamu ambil.

Kamu bisa mencari referensi dan diskusi dengan komunitas-komunitas saham yang di era digital ini semakin menjamur. Selain itu, kamu juga bisa intip langkah-langkah investor atau trader saham kawakan untuk kamu tiru bila dirasa memang langkah itu memiliki logika yang baik.

Memiliki Dana Darurat

Kesabaran juga berkaitan dengan dana darurat. Dalam situasi virus corona, kamu diwajibkan memiliki dana darurat. Bukan sembarang memiliki, kamu juga harus menghitung dan menyiapkan darurat tersebut seminimal-minimalnya untuk jangka waktu enam bulan ke depan.

Kenapa? Karena di tengah situasi ini, langkah-langkah bisnis terlihat semakin abstrak. Bisa saja tiba-tiba kamu dirumahkan dan tidak memiliki penghasilan tiap bulannya. Atau, bisa juga usaha yang jadi andalan kamu untuk mencari nafkah sepi akan konsumen yang mengganggu keuanganmu.

Setelah dirasa kamu sudah menghitung dan menyiapkan dana darurat tersebut, barulah kamu bisa bermain saham dengan lebih tenang.

Selalu Pakai Uang Dingin

Masih berhubungan dengan dana sebelum bermain saham, kamu harus pastikan selalu menggunakan uang dingin dalam investasi saham. Selain itu, kamu juga harus memperhitungkan setiap biaya transaksi saham kamu ataupun komisi perusahaan sekuritas jika kamu menggunakannya,

Bagi yang belum tahu apa itu uang dingin, uang ini adalah uang yang statusnya tidak memiliki urgensi untuk dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Uang ini ada setelah kamu mengurangi rentetan biaya sehari-hari seperti bayar tagihan listrik, air, cicilan, atau pemenuhan kehidupan sehari-hari dan tabungan.

Kenapa diperlukan uang dingin? Kembali lagi pada poin investasi saham adalah jenis investasi berisiko tinggi. Di mana, ada kemungkinan uang kamu tidak kembali, sehingga kamu tidak boleh mengandalkan uang tersebut untuk bertahan hidup.

Demikianlah ulasan mengenai cara aman bermain saham di tengah pandemi virus corona ini. Selamat mencoba!

Artikel Terkait