Pengertian Piutang, Ciri dan Jenisnya dalam Akuntansi

pengertian piutang
pengertian piutang

Jika berbicara tentang akuntasi, pastilah tidak sah jika tak berbicara mengenai piutang. Lalu apa itu pengertian piutang ? Piutang adalah salah satu unsur dari aktiva lancar dalam sebuah neraca perusahaan yang muncul setelah terjadinya penjualan barang, jasa atau pemberian kredit kepada debitur. Umumnya pembayaran piutang dilakukan dalam tempo 30 hari hingga 90 hari.

Pengertian piutang lainnya merupakan bentuk permintaan kepada pihak lain dalam bentuk uang, barang ataupun jasa usai melakukan transaksi jual beli yang dilakukan dalam bentuk kredit. Dalam akuntansi, piutang dapat diartikan lebih sempit yakni perihal permintaan atau penagihan pembayaran kepada pihak lain atau yang berada di luar perusahaan untuk memberikan sejumlah uang setelah menerima barang atau jasa yang diinginkan.

Pada dasarnya piutang timbul karena penjualan barang dan jasa dari perusahaan dimana bentuk pembayaran yang dilakukan oleh pembeli adalah setelah tanggal transaksi jual beli. Mengingat piutang merupakan pendapatan perusahaan, maka dari itu sangat penting untuk melakukan prosedur dan tata cara yang wajar dalam memuaskan para debitur demi kemajuan perusahaan.

Pengertian dan Ciri-ciri Piutang

Nilai Jatuh Tempo

Nilai jatuh tempo merupakan bentuk istilah yang menunjukkan penjumlahan dari sebuah nilai transaksi utama, kemudian ditambahkan dengan nilai bunga untuk dibayarkan pada saat tanggal jatuh tempo. Seorang pembeli tidak hanya membayar nominal harga barang yang dibeli saja, namun juga bunganya. Pemberian bunga dilakukan oleh penjual karena pembeli memninta waktu untuk melakukan pembayaran secara kredit. Sedangkan untuk besaran bunganya tergantung kepada kebijakan dan peraturan perusahaan penjual.

Tanggal Jatuh Tempo

Tanggal jatuh tempo juga termasuk dalam ciri piutang. Dimana tanggal jatuh tempo diketahui dari lamanya tenor atau pemberian waktu / rentang waktu / batas waktu maksimal kredit kepada pembeli. Tanggal ajtuh tempo bisa ditetapkan dalam hari, minggu atau bulan sejak barang/jasa sampai di tangan pembeli. Tanggal jatuh tempo yang telah disepakati memiliki konsekuensi jika saja tidak dilunasi oleh pembeli. Hal ini diatur dalam kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Pemberian Bunga

Piutang dapat terjadi akibat pembeli memutuskan untuk melakukan transaksi secara kredit sehingga pembeli harus dikenakan bunga sebagai bentuk konsekuensi yang meminta meminta waktu dalam pelunasan pembayaran barang / jasa.

Selanjutnya ada beberapa jenis piutang yang ada dalam transaksi akuntansi, antara lain :

Piutang Usaha (Account Receivable)

Jenis piutang ini merupakan jumlah atau nominal dari pembelian yang dilakukan secara kredit oleh pembeli. Piutang usaha akan timbul sebagai output dari hasil penjualan barang atau jasa. Piutang usaha juga memiliki estimsi penagihan antara 30 hingga 60 hari. Secara umum, piutang usaha merupakan piutang terbesar milik perusahaan penjual barang / jasa.

Wesel Tagih (Notes Receivable)

Notes receivable merupakan suatu bentuk surat legal dan formal yang diterbitkan oleh perusahaan penjual untuk mengukur utang pembeli. Surat Legal ini memiliki rentang waktu penagihan antara 60 hingga 90 hari, atau bahkan lebih lama. Wesel tagih mewajibkan pihak memiliki hutan untuk membayar bunganya. Wesel tagih dalam piutang usaha juga disebut sebagai piutang dagang (trade account).

Piutang Lain-lain (Other Receivable)

Piutang lain-lain merupakan piutang yang terjadi diluar piutang dagang. Misalkan piutang bunga, uang muka karyawan, piutang gaji dan restitusi pajak. Secara umum piutang lain-lain bukan termasuk kegiatan operasional dari perusahaan. Oleh sebab itu, dalam neraca dagang, penulisan piutang lain-lain dilaporkan dan diklasifikasikan secara terpisah.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait