Pengertian Ilmu Ekonomi, Pembagian, dan Konsep Dasarnya

pengertian ilmu ekonomi
pengertian ilmu ekonomi

Apa yang kamu ketahui mengenai pengertian ilmu ekonomi? Ilmu ekonomi merupakan sebuah bidang yang mempelajari mengenai pengelolaan sumber daya secara perorangan, masyarakat, kelompok hingga negara. Tujuannya untuk mencapai sebuah kemakmuran dan kesejahteraan.

Jika ditinjau secara etimologi, ekonomi berasal dari kata Oikos yang secara umum berarti keluarga atau rumah tangga dan Nomos yang berarti aturan atau hukum. Sehingga ekonomi dapat diartikan sebabgai aturan rumah tangga ataupun pengelolaan dalam rumah tangga.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Ahli

#1 Adam Smith

Ahli ekonomi, Adam Smith menyebutkan bahwa perilaku manusia dalam mengelola sumber daya sangat terbatas untuk mencapai tujuan tertentu dalam kehidupan.

#2 Jean-Baptiste Say

Seorang ahli ekonomi bernama Jean-Baptiste Bay, ekonomi merupakan ilmu yang menjadi cabang dari beberapa kajian dan aturan yang menentukan kekayaan seseorang.

#3 John Stuart Mill

Menurut ahli ekonomi bernama J. S. Mill, pengertian ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari berbagai hal terkait dengan pengeluaran dan penagihan.

#4 Karl Marx

Ilmu ekonomi menurut Karl Marx adalah sebuah ilmu yang mempelajari mengenai cara manusia dalam bertahan hidup pada suatu kelas sosial yang berkaitan dengan pemanfaatan sarana produksi.

#5 Thorstein Veblen

Menurut ahli ekonomi Thorstein Veblen, ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kemampuan manusia dalam menentukan pilihan produksi, distribusi dan konsumsi berdasar pada nilai kebudayaan di dalam sebuah lingkungan.

#6 Max Weber

Ahli ekonomi Max Weber menyebutkan bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai tindakan ekonomi individu berdasarkan pada nilai yang diyakini secara sosial.

#7 John Maynard Keynes

Ahli ekonimi M. Keynes mendefinisikan bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu ayng mempelajari mengenai tingkat kemakmuran suatu negara yang erat kaitannya dengan intervensi dari pemerintah yang berujung pada kondisi ekonomi tertentu.

#8 Mohammad Hatta

Mohammad Hatta, menyebutkan bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang sebuah proses agar tercapai kesejahteraan serta keadilan sosial dalam lingkungan masyarakat.

3 Pembagian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi memiliki peran penting dalam masyarakat dan bisa memberikan dampak yang besar bagi kehidupan. Menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague, ilmu ekonomi terbagi menjadi 3 kelompok yaitu:

#1 Ilmu Ekonomi Deskripstif (Descriptive Economic)

Ilmu ekonomi ini menggambarkan keterangan faktual tentang suatu keadaan ekonomi dalam bentuk angka, grafik, kurva, atau penyajian lainnya. Di mana, ilmu ekonomi ini digunakan oleh BPS atau Badan Pusat Statistik untuk menyajikan keadaan ekonomi baik makro atau mikro. Di dalam ilmu ekonomi ini, kamu akan melihat analisis ekonomi yang menggambarkan kondisi sebenarnya berdasarkan fakta dalam perekonomian. Misalnya, gambaran kondisi krisis moneter yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998.

#2 Ilmu Ekonomi Teori (Economics Theory)

Teori ini merupakan bagian ilmu ekonomi yang menjelaskan mekanisme kegiatan ekonomi. Di mana, di dalam teori ini berisi analisis ekonomi yang berusaha menjelaskan, mencari pengertian, hubungan sebab akibat, dan cara kerja sistem ekonomi. Dalam Ilmu ekonomi teori terdapat 2 jenis teori yang digunakan yaitu teori ilmu ekonomi mikro dan makro.

a. Teori ekonomi mikro

Merupakan bagian ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku unit-unit ekonomi secara individual, misalnya mempelajari perilaku manusia, produsen, pasar, penerimaan, biaya, dan keuntungan perusahaan.      

b. Teori ekonomi makro

Merupakan bagian ilmu ekonomi mempelajari unit ekonomi secara agregat (keseluruhan), seperti pendapatan nasional, inflasi, pengangguran, dan kebijakan pemerintah.

#3 Ilmu Ekonomi Terapan (Applied Economics)

Yaitu analisis ekonomi teori untuk merumuskan kebijakan dan pedoman yang tepat untuk menangani masalah ekonomi tertentu. Sehingga, ilmu ekonomi ini lebih bersifat praktis dengan menerapkan pengertian ekonomi pada bidang-bidang atau masalah-masalah tertentu. Misalnya, ekonomi di perusahaan, ekonomi moneter, ekonomi perbankan, dan sebagainya.

Konsep Dasar dari Ilmu Ekonomi

Ada juga beberapa hal mengenai konsep dasar dari aplikasi dalam ilmu ekonomi yang diterapkan saat ini, antara lain :

#1 Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi mencakup produksi, konsumsi penggunaan barang dan jasa serta modal dan usaha.

#2 Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi merupakan sebuah tindakan yang dilakukan berdasarkan aspek rasional dan irasional. Aspek rasional mencakup penentuan pilihan terbaik dan menguntungkan. Sedankan aspek irasional berkaitan dengan pilihan terbaik namun tidak sesuai dengan kondisi atau kenyataan yang terjadi.

#3 Motif Ekonomi

Seperti definisi katanya, aplikasi ilmu ekonomi ini merupakan tujuan manusia dalam melakukan tindakan ekonomi yang juga mencakup dua aspek seperti motif intristik dan motif ekstrinsik. Motif instrinsik alasan dari diri sendiri untuk melakukan tindakan ekonomi, sedangkan motif ekstrinsik adalah alasan yang bersumber dari orang lain.

#4 Metodologi Ilmu Ekonomi

Metode ilmu ekonomi mencakup induksi dan deduksi. Induksi adalah metode yang dilakukan berdasarkan kejadian ekonomi secara sistematis untuk mendapat kesimpulan. Sedangkan deduksi adalah metode yang dilakukan dan dianalisis secara khusus untuk memperoleh kesimpulan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai ilmu ekonomi, pembagian, dan konsep dasarnya yang harus kamu ketahui. Dengan memahami ini semua, kamu bisa lebih mudah dalam melakukan kegiatan ekonomi, baik dalam urusan pribadi maupun bisnis.

Bacaan menarik lainnya:

Murni, Asfia & Lia Amaliawati (2012). Ekonomika Mikro. Bandung: Refika Aditama,


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait