Pengertian e-Billing dan Cara Registrasi e-Billing Pajak

Pengertian e-Billing dan Cara Registrasi e-Billing Pajak
Pengertian e-Billing dan Cara Registrasi e-Billing Pajak

E-Billing merupakan sistem pajak yang memudahkan para wajib bayar pajak melaporkan pajaknya secara online. Kamu yang termasuk ke dalam orang yang diwajibkan bayar pajak, wajib melaporkan bayar pajakmu ke kantor pajak terdekat. Melaporkan pajak dahulu cukup rumit terutama bagi kamu yang sehari-harinya bekerja kantoran karena harus datang ke kantor pajak terdekat. Belum lagi antriannya akan cukup panjang. Kamu pun harus datang pagi-pagi agar urusan cepat selesai.

Namun, di era teknologi seperti saat ini, kamu tidak perlu berlama-lama antre ke bank untuk membayar dan melaporkan pajak tidak perlu ke kantor pajak. Kamu bisa menggunakan pilihan bayar pajak dengan fitur e-billing dan lapor pajak melalui e filing. E-Billing adalah sistem laporan pajak online yang dikeluarkan oleh Pemerintah di tahun 2016. Dengan kehadiran e-Billing, kamu jadi bisa melaporkan pajak di mana pun dan kapan pun.

Kehadiran e-Billing memudahkan untuk bayar pajak

E-Billing menjadi wajah baru perpajakan Indonesia. Bayar pajak jadi tidak perlu mengantre lama lagi, kamu tidak perlu menghabiskan waktu yang banyak untuk datang ke kantor pajak terdekat, selain itu dengan e-Billing membayar pajak jadi lebih mudah karena minimnya terjadi kesalahan.

Ketika kamu salah menginput data, maka akan langsung ditayangkan notifikasi bahwa ada kesalahan dalam pengisian pajakmu sehingga kamu akan langsung mengetahuinya. Penggunaan e-Billing memang memiliki banyak manfaat. Jika kamu belum memiliki e-Billing sebaiknya kamu memilikinya karena ini untuk memudahkan urusanmu sendiri.

Untuk memiliki e-Billing cukup mudah. Kamu perlu melakukan registrasi di kantor pajak terdekat. Setelah itu petugas pajak akan membantumu melakukan registrasi tersebut. Waktu registrasi pun tidak akan lama. Atau kamu bisa melakukannya dengan mendaftar di sse.pajak.go.id. Untuk mendaftar ini jangan lupa menyiapkan kartu NPWP-mu karena kamu akan membutuhkannya untuk input ni

Cara mendaftar e-Billing via website

Di bawah ini adalah beberapa langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mendaftarkan e-billing. Yang pertama, kamu akan menemukan tampilan website sse.pajak.go.id. Langsung saja pilih “Daftar Baru”, makan akan ada beberapa kolom yang wajib kamu isi. Kolom ini tidak begitu banyak, tapi kamu diharuskan mengisinya dengan benar.

Yang kedua, isilah kolom-kolom tersebut. Di bagian NPWP, kamu mengisi nomor NPWP yang tertera di kartu NPWP Lalu, nama yang wajib kamu isi sesuai dengan nama lengkap yang ada di KTP, kemudian iai juga bagian e-mail isi dengan email yang biasa kamu gunakan. Dan yang terakhir, jangan lupa mengisi kode. Tekan “REGISTER”.

Yang ketiga, kamu akan mendapatkan email konfirmasi dari website itu, dan jangan lupa melakukan konfirmasi email.

Setelah ini e-Billing milikmu sudah aktif dan bisa digunakan. Biasanya tenggat waktu lapor pajak terakhir adalah di akhir bulan Maret. Agar tidak terlalu terburu-buru, kamu bisa melakukannya di awal-awal bulan. Jadi, selamat menggunakan e-Billing dan jangan sampai terlambat melaporkan pajak.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait