Pengertian dan Bursa Komoditas Adalah Seperti Berikut Ini

komoditas adalah
komoditas adalah

Pengertian komoditas adalah barang dagangan utama dan benda niaga yang dimanfaatkan sebagai produk ekspor dan impor.

Cara kerjanya, kedua belah pihak (pembeli dan penjual) bertemu di bursa komoditas untuk membeli, menjual, serta melakukan tawar-menawar.

Tidak jauh berbeda dengan bursa saham, namun yang membedakan hanya barang yang diperdagangkan. Umumnya, komoditas adalah yang diperdagangkan adalah hasil hutan, hasil bumi, dan tambang.

Perdagangan di Bursa Komoditas

Dalam bursa komoditas, ada beberapa barang yang dijual, seperti kopi, kakao, gula, kedelai, jagung, tembaga, titanium, lada, hingga gandum.

Bahkan, kontrak berjangka pun juga menggunakan barang komoditas sebagai aset atau acuannya. Kontrak tersebut mencakup: harga spot, kontrak serah, opsi berjangka, suku bunga, hingga swap.

Selain itu, kontrak berjangka juga memiliki ukuran yang berbeda-beda termasuk jumlah dan penilaiannya. Ukuran tersebut sangat penting, karena mencerminkan perkiraan harga yang tersedia nantinya.

Bursa Komoditas di Dunia

Terdapat beberapa nama bursa komoditas yang paling populer di dunia. Berikut ini adalah nama-nama bursa komoditas yang dikenal oleh dunia:

  • Australian Securities Exchange
  • Bursa Malaysia
  • Central Japan Commodity Exchange
  • Dalian Community Exchange
  • Dubai Gold & Commodities Exchange
  • Euronext
  • HedgeStreet Exchange
  • Kansas City Board of Trade
  • London Metal Exchange
  • Minneapolis Grain Exchange
  • Multi Commodity Exchange
  • National Commodity and Derivatives Exchange
  • New York Board of Trade
  • Tokyo Grain Exchange
  • Zhengzhou Commodity Exchange
  • Bursa Komoditas dan Derivatif Indonesia (Indonesia Commodity and Derivatif Exchange).

Dari nama-nama bursa tersebut, kamu bisa melihat jika barang komoditas punya nilai ekonomi yang cukup tinggi. Kamu juga bisa mengetahui di mana barang komoditas tersebut bisa diperjual-belikan.

Semuanya tergantung dari bursa komoditas yang kamu pilih, karena ada banyak pilihan bursa atau pasar komoditas yang bisa dipilih sesuai list di atas.

Bagi kamu yang sudah terbiasa bertransaksi di bursa komoditas, tentunya menjual atau membeli barang komoditas tersebut di pasar internasional.

Pergerakan Harga Barang Komoditas

Perubahan harga barang komoditas dipengaruhi oleh hukum ekonomi Indonesia, di mana ada permintaan dan penawaran.

Ketika penawarannya rendah dan permintaan naik, maka terjadilah kenaikan harga dan begitu juga sebaliknya.

Ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi penawaran, yaitu kondisi cuaca, hasil panen, dan lahan produksi yang diperluas, perang, dan lainnya.

Sementara faktor yang mempengaruhi permintaan adalah pertumbuhan ekonomi, kebijakan Pemerintah, produk substitusi, dan sebagainya.

Jenis-jenis Produk Komoditas

Umumnya, komoditas adalah produk trading yang terbagi menjadi empat jenis, yaitu:

Logam

Produk komoditas ini terdiri dari logam berharga dan industri, seperti emas, perak, tembaga, palladium, dan platinum.

Energi

Produk komoditas juga bisa menjadi penghasil energi, baik dalam bentuk mentah dan hasil olahan. Misalnya, ada minyak bumi, gas alam, batu bara, dan bensin.

Peternakan

Produk komoditas ini terdiri dari pakan ternak dan ternak hidup. Contohnya adalah daging babi tanpa lemak, sapi hidup, daging sapi, dan lainnya.

Pertanian

Produk komoditas pertanian terdiri dari produk pertanian dan hutan. Contohnya adalah jagung, beras, kacang kedelai, kopi, karet, dan masih banyak lainnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait