Ajaib.co.id – UVCR merupakan perusahaan aggregator kupon diskon digital terbesar di Indonesia atau PT Trimegah Karya Pratama Tbk yang dikenal dengan nama Ultra Voucher (Sektor Teknologi) mencatatkan pertumbuhan kinerja yang sangat baik di sepanjang semester pertama tahun 2021.
Pendapatan perusahaan ini melesat naik signifikan mencapai 139% YoY menjadi senilai Rp383,14 miliar dan alhasil laba bersih meningkat sebesar 130% YoY menjadi Rp1,42 miliar.
Kinerja positif ini dapat tercapai seiring dengan pertumbuhan jumlah pelanggan Ultra Voucher. Per Juni 2021, jumlah pelanggan bertambah sebesar dua pertiga menjadi 205.000 pengguna dari yang sebelumnya tercatat sekitar 123.000 pengguna pada periode yang sama di tahun 2020 lalu.
Peningkatan jumlah pelanggan ini berfokus kepada segmen B2B, yakni korporasi dan reseller, serta dari user aplikasi Ultra Voucher dan pelanggan e-commerce. Alhasil, B2B berkontribusi sebesar 34,23% terhadap total pendapatan yang terdiri dari korporasi 24,26% dan reseller 9,97%. Adapun pengguna aplikasi Ultra Voucher berkontribusi mencapai 24,04% dan pengguna e-commerce 41,73%.
Peningkatan jumlah pelanggan ini menandakan bisnis sektor teknologi UVCR dipercaya dan dinilai prospektif serta memberikan manfaat bagi seluruh pengguna.
“UVCR akan terus menjaga kepercayaan ini dengan konsisten meningkatkan produk dan layanan dengan selalu mengedepankan kegiatan bisnis yang berorientasi pada service and reward,” tutur Riky dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/9).
Seiring dengan peningkatan penjualan diatas, UVCR juga mendapatkan insentif dalam bentuk diskon dan cashback dari para merchant. Alhasil, laba usaha UVCR meningkat mencapai 246% YoY. Realisasi kinerja UVCR pada paruh pertama tahun 2021 sesuai dengan target di sepanjang tahun ini.
Dengan perolehan dana hasil IPO yang baru saja digelar pada akhir Juli kemarin sebesar Rp50 miliar, pendapatan UVCR dapat meningkat hingga 195% dan perolehan laba bersih melesat hingga 600% YoY di kinerja akhir tahun 2021.
Dana IPO akan digunakan untuk pengembangan produk dan fitur baru maupun saluran distribusi serta pemasaran perusahaan dengan detail 36% untuk belanja modal, lalu 34% untuk beban operasional, dan 30% untuk peningkatan modal kerja.
Per bulan ini, UVCR telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 300 brand yang tersebar lebih dari 40.000 gerai di seluruh Indonesia. Jumlah brand yang bekerja sama dengan UVCR ditargetkan terus bertambah menjadi 400 merchant sampai dengan akhir tahun kinerja 2021.
Sumber: Jumlah pelanggan bertambah, pendapatan Ultra Voucher (UVCR) terkerek 139%, dengan perubahan seperlunya.