Banking

Panduan Lengkap: Syarat Buka Rekening BCA tanpa NPWP

syarat buka rekening bca

Syarat buka rekening BCA tanpa NPWP punya manfaat dan fleksibilitas tersendiri. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Di tengah makin maraknya tindak kejahatan pencucian uang dan phising terhadap sistem perbankan, rasanya wajar bahkan melegakan, saat mengetahui bahwa bank andalan kamu meningkatkan strategi kehati-hatian dengan menambah persyaratan ketentuan pembukaan akun baru. Kini daftar persyaratan makin panjang dan njelimet, seperti kewajiban punya NPWP untuk buka rekening di BCA.

Masalahnya, masih banyak calon nasabah yang ditolak customer service BCA karena tidak punya NPWP. Akhirnya, BCA memberikan fleksibilitas pada sebagian produk tabungannya, yang memungkinkan syarat buka rekening BCA tanpa NPWP. Dari awal kehadirannya, BCA memang terkenal selalu memprioritaskan kemudahan bagi masyarakat luas dalam melakukan perbankan.

Fleksibilitas Syarat Buka Rekening BCA Tanpa NPWP

Ada beberapa cara agar bisa membuat tabungan BCA meskipun tidak memiliki NPWP, di antaranya:

Pilih Jenis Tabungannya

BCA memiliki lebih dari 10 produk tabungan, dan berikut inilah yang memungkinkan syarat buka rekening BCA Tanpa NPWP:

Tahapan Xpresi BCA

Ini adalah produk tabungan BCA yang ditujukan kepada kawula muda, namun orang dewasa dan anak-anak di bawah 17 tahun tetap boleh membuat rekening ini. Pada dasarnya bisa untuk semua umur. Kemudahan dalam membuat tabungan ini adalah tidak harus menyertakan NPWP meskipun pembuatnya telah berusia 17 tahun dan berpenghasilan besar. Di samping itu administrasi tabungan ini murah, tetapi mendapatkan fasilitas lengkap.

TabunganKu BCA

Ini adalah produk tabungan yang bersifat program Pemerintah, yang bertujuan menumbuhkan gemar menabung pada masyarakat. Demi mencapai tujuan itu, maka syarat pembuatan rekening TabunganKu BCA pastinya haruslah super mudah, kan? Salah satu wujud kemudahannya itu ialah tidak harusnya menyertakan NPWP saat calon nasabah membuka tabungan tipe ini di kantor cabang. Setoran awal pun cukup minim, yaitu Rp20.000, dan gratis biaya administrasi per bulan tetapi tetap mendapatkan fasilitas buku tabungan dan kartu ATM yang berfungsi di ATM BCA seluruh Indonesia, hanya saja dengan batas maksimal transaksi yang lebih kecil.

Simpanan Pelajar BCA (SimPel BCA)

Sama seperti TabunganKu, Simpanan Pelajar BCA (SimPel BCA) juga merupakan program Pemerintah, dan tak diperlukan penyertaan NPWP untuk proses pembukaannya. Perbedaannya hanyalah SimPel BCA lebih baru (diluncurkan pada 14 Juni 2015 oleh Presiden Joko Widodo bersama OJK), ditujukan khusus bagi para pelajar dengan usia di bawah 17 tahun, yang pastinya belum mempunyai NPWP.

LAKU BCA

Demi meluaskan jangkauan pemasaran produknya, BCA menyiapkan agen khusus yang dinamakan agen LAKU BCA, yang bisa melayani masyarakat hingga ke pelosok. Melalui agen ini, masyarakat bisa membuat rekening berikut transaksi perbankan lainnya tanpa harus mendatangi kantor cabang BCA yang mungkin cukup jauh lokasinya. Pembuatan tabungan di agen LAKU BCA itu syaratnya lebih mudah, dipastikan para calon nasabah yang tidak mempunyai NPWP bisa membuat tabungan BCA.

Siasati Peluang Celah Regulasi

Buatlah tabungan BCA di kantor cabang tertentu yang diketahui lebih fleksibel dalam menerapkan syarat dan ketentuan, karena dengan adanya kebijaksanaan regulasi masing-masing cabang, syarat dan ketentuan cabang satu dengan lainnya bisa sedikit berbeda. Penerapan regulasi di cabang yang sepi dan berlokasi terpencil, umumnyaa lebih longgar.

Buktikan bahwa kamu tidak wajib pajak jika penghasilanmu belum mencapai batas minimum wajib NPWP. Dengan demkian, kamu akan diperbolehkan membuat tabungan dengan diarahkan ke jenis produk tabungan BCA yang memungkinkan syarat buka rekening BCA Tanpa NPWP.

Buka tabungan dengan visit langsung website resmi bank BCA di www.bca.co.id, lalu unduh form pernyataan kalau Anda tidak memiliki NPWP. Kemudian, ajukan permohonan untuk membuka tabungan baru seperti cara syarat buka rekening BCA yang sudah saya jelaskan di atas.

Dasar Peraturan Syarat Buka Rekening Wajib NPWP

Kebijakan pensyaratan NPWP bagi pembukaan tabungan tidaklah disikapi sama oleh tiap bank. Ada bank yang mengizinkan calon nasabahnya untuk menggunakan NPWP orangtua atau pasangan, ada pula yang sama sekali tidak mengharuskan calon nasabahnya menyertakan NPWP untuk membuka tabungan baru.

Namun pada dasarnya, aturan untuk menyertakan NPWP saat akan membuka rekening tabungan dibuat untuk mengantisipasi maraknya kejahatan finansial seperti yang tertera dan diatur dalam Pasal 14(2) Peraturan Bank Indonesia No. 14/27/PBI/2012 tentang “Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme bagi Bank Umum”.

Lalu mengapa kok ada bank yang pensyaratan NPWP-nya lebih longgar dibanding bank lain? Itu berhubungan dengan kebutuhan bank untuk menjaring nasabah sebanyak-banyaknya. Jika bank yang masih butuh menjaring lebih banyak nasabah menjadikan NPWP sebagai syarat utama, tentu kebutuhannya itu akan sulit terpenuhi.

Mengapa Masyarakat Masih Alergi NPWP

Memiliki NPWP identik dengan mengakui kewajiban membayar Pajak Penghasilan, melaporkan jumlah kekayaan dan membayarkan sejumlah pajak lain. Hal itulah yang membuat masih banyak masyarakat yang alergi padanya. Tekanan ekonomi, pendapatan tak menentu dan pembangunan fasilitas publik yang kembang-kempis oleh Pemerintah, telah menyebabkan masih banyak masyarakat yang tak ikhlas mengakui kewajiban pajak mereka, dan malah melihatnya sebagai beban yang diada-adakan dan lebih baik dihindari.

Padahal, mungkin juga sudah banyak dari kamu yang tahu bahwa memiliki NPWP memungkinkan seseorang lebih dipercaya oleh institusi keuangan mana pun untuk menerima fasilitas pinjaman kredit, kemudahan pengurusan usaha dan investasi. Jadi bukannya membebani, NPWP malah meringankan kehidupan kan?

Nah, bagi kamu yang sudah aktif menjadi investor Milenial pun pasti juga tahu bahwa meskipun kamu punya NPWP, berinvestasi di reksa dana pun juga dibebaskan dari kewajiban membayarkan Pajak Penghasilan oleh Pemerintah, guna mendorong minat berinvestasi kalangan milenial di negeri tercinta ini.

Jadi, untuk apa menunda? Segera latih dan kembangkan kinerja investasimu dengan berinvestasi reksa dana di Ajaib. Yakni, APERD berintegritas yang memberikan fleksibilitas dengan minimum investasi cuma Rp10.000, aplikasi mudah, menu pilihan paket investasi variatif, dan menyandang status kelulusan dari program pembinaan inkubator startup terkemuka Y Combinator di Silicon Valley, serta pengawasan penuh Otoritas Jasa Keuangan. Ajaib tetap jadi pilihan cerdas untuk kalangan milenial!


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait