Saham

Minimal Beli Saham BCA dan Cara Membelinya untuk Pemula

miminal beli saham bca

Ajaib.co.id – Mau jadi investor BCA? Pertanyaan pertamamu mungkin adalah berapa minimal beli saham BCA. Oleh karenanya, redaksi Ajaib akan membahas tuntang mengenai minimal beli saham BCA ini. Disimak ya!

Sebagai bank swasta terbesar di Indonesia, tentu PT Bank Central Asia Tbk atau BCA mampu menarik minat banyak orang. Banyak yang ingin mencoba jadi nasabah hingga jadi investor BCA. Semua ingin merasakan layanan prima BCA, hingga membayangkan besarnya keuntungan sebagai pemegang sahamnya. Para pemula dalam dunia investasi saham pun pasti akan tertarik menjadi investor BCA.

Sebagai investor saham pemula, pasti banyak hal yang menjadi pertanyaan. Pertama bisa jadi adalah soal jumlah minimal beli saham BCA dan cara membeli saham BCA. Simak terus artikel ini, ya. Kita akan bahas secara rinci caranya.

Mengenal Bank BCA

Salah satu keunggulan yang banyak dikenal dari BCA adalah ragam produk dan cakupan layanannya. BCA memiliki produk sangat beragam yang mampu mencakup semua kalangan dan kebutuhan. Produk-produk BCA meliputi simpanan, kartu kredit, fasilitas kredit atau pinjaman, layanan transaksi perbankan untuk individu maupun korporasi.

Selain itu ada layanan manajemen kas, produk dari perusahaan asuransi (bancassurance), pembiayaan ekspor-impor, fasilitas valuta asing, perbankan elektronik, surat kredit berdokumen dalam negeri, produk investasi reksa dana, dan produk investasi obligasi.

Selain produk yang beragam, BCA memiliki cakupan layanan yang luas serta kerja sama dengan berbagai pihak. Cakupan layanan yang luas tersebut memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan di mana pun berada.

Kerja sama dengan pihak-pihak tertentu juga membawa keuntungan bagi nasabah. Misalnya, kerja sama dengan merchant tertentu untuk memberikan diskon bagi pengguna kartu elektronik Flazz, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya untuk nasabah.

Pertimbangan Memilih Saham BCA

Tidak ada yang murni aman dalam investasi saham. Namun, jika investor pemula ingin ‘cari aman’ di masa percobaan investasi saham, biasanya ada saham-saham pilihan yang direkomendasikan. Rekomendasi saham yang relatif ‘aman’ untuk pemula biasanya berkisar pada saham-saham perusahaan blue chip atau yang terindeks dalam LQ45 atau indeks-indeks serupa lainnya.

Saham BCA dengan kode BBCA memenuhi seluruh syarat tersebut. Apalagi faktanya BCA adalah perusahaan terpercaya yang memiliki profitabilitas tinggi.

Saham BBCA banyak diburu karena memberikan return yang tinggi. Banyak analisis menyebut bahwa saham BBCA adalah salah satu saham yang relatif stabil dalam berbagai kondisi. Dengan harga saham yang sudah cenderung mahal, saham BBCA lebih sering mengalami kenaikan dan sulit mengalami penurunan.

Dengan kinerja terbaiknya yang terus dipertahankan, berinvestasi saham BBCA dalam jangka panjang layak diperhitungkan. Jangan langsung mundur mengetahui harganya yang tinggi. Namun yang perlu diingat, saham BBCA bertumbuh dengan sangat baik. Harganya yang terus meningkat menandakan pula tingginya minat investor untuk berinvestasi di BCA.

Jumlah Minimal Beli Saham BCA

Sama halnya dengan transaksi saham perusahaan lain, kamu harus membeli minimal satu lot saham atau 100 lembar saham untuk menjadi investor BCA. Harga saham BBCA saat ini tercatat Rp27.125 (per 17 April 2020). Untuk berinvestasi saham BBCA, berarti kamu harus membeli:

1 lot BBCA = 100 lembar x Rp27.125 = Rp2.712.500

Cukup dengan satu lot tersebut, kamu sudah mendapatkan bagian kepemilikan BCA dan berhak atas dividen atau keuntungan yang dibagikan berdasarkan waktu yang ditentukan perusahaan. Jika kamu memiliki dana berlebih untuk diinvestasikan, kamu bisa membeli lebih banyak lot saham sesuai kemampuan.

Selanjutnya adalah perhitungan dan perencanaan akan investasi yang dijalankan. Kamu bisa menerapkan metode menabung saham, misalnya dengan membeli minimal satu lot saham setiap bulan secara rutin dalam jangka panjang.

Cara Membeli Saham BCA

Sama seperti ketika akan membeli saham pada umumnya, demikian juga langkah-langkah untuk membeli saham BBCA. Untuk membeli saham apapun, termasuk saham BBCA, kamu perlu membuka akun rekening saham di perusahaan sekuritas.

Daftar lengkap perusahaan sekuritas di Indonesia dapat kamu lihat di situs Bursa Efek Indonesia (BEI) di https://idx.co.id. Pilih perusahaan sekuritas sesuai kebutuhan dan akan lebih baik jika terjangkau dari lokasi tempat tinggalmu. BCA sendiri juga memiliki anak perusahaan sekuritas yakni BCA Sekuritas.

Saat ini juga sudah banyak perusahaan sekuritas yang memungkinkan calon investor untuk membuat akun secara online. Jadi, kamu bisa lebih mudah dan cepat memiliki rekening saham.

Selain akun rekening saham, perusahaan sekuritas juga akan membuatkan rekening dana nasabah di bank. Rekening dana nasabah ini akan menjadi tempat danamu disimpan untuk pembelian, termasuk untuk menyimpan hasil keuntungan trading, dividen, dan sebagainya.

Selanjutnya, perusahaan sekuritas akan memfasilitasi dengan online trading software dari perusahaan. Software inilah yang akan kamu gunakan untuk bertransaksi saham, termasuk jika kamu ingin membeli saham BBCA. Jadi, pastikan kamu mempelajari penggunaan software tersebut dan menguasainya betul-betul untuk melakukan transaksi saham maupun transaksi terkait lainnya.

Kamu bisa beli saham BBCA kapan saja sembari melihat pergerakan harga dan melakukan analisis. Sejumlah software dari perusahaan sekuritas juga memiliki fitur pembelian otomatis yang dapat diatur sesuai kehendak pengguna. Fitur ini menguntungkan untuk kamu yang memang berniat menabung saham secara rutin. Jangan lupa juga untuk mempelajari teknik analisis saham untuk mengoptimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian.

Tidak terdengar sulit, bukan? Siapa pun bisa menekuni investasi saham jika mau belajar dan mencoba, termasuk kamu. Jika masih ragu juga, kamu bisa coba reksa dana saham terlebih dahulu. Tak perlu pusing dana belum cukup karena harus beli satu lot saham. Sudah begitu, kamu pun tidak perlu repot menganalisis sendiri karena tugas itu telah diambil alih oleh manajer investasi.

Asyiknya lagi, punya reksa dana kini sangat mudah karena tinggal unduh aplikasi Ajaib. Ajaib telah menggolongkan reksa dana sesuai kebutuhan dan profil risiko. Informasi di dalamnya pun mudah dipahami pemula. Dengan dana terbatas pun kamu bisa mulai berinvestasi. Semangat!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait