Investasi

Mentor Adalah Hal Penting untuk Belajar Investasi?

Mentor adalah hal penting dalam investasi?
Mentor adalah hal penting dalam investasi?

Ajaib.co.id – Bagi kebanyakan orang di luar sana memiliki mentor adalah sebuah keuntungan bagi kamu agar bisa lebih mudah untuk memahami sebuah pelajaran. Mentor bisa diibaratkan seperti seorang pengajar yang memiliki pengalaman di suatu bidang tertentu, dan ingin memberikan pengalaman maupun ilmunya tersebut kepada orang lain.

Untuk menjadi seorang mentor yang baik, kamu tidak perlu harus memiliki gelar sarjana terlebih dahulu. Melainkan, kamu bisa menjadi mentor ketika kamu sudah bisa membuktikan diri bahwa apa yang sudah dilakukan dianggap berhasil.

Sama halnya saat berinvestasi, perlu diketahui banyak para investor sukses di luar sana yang tidak memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Namun, mereka bisa sukses dalam meniti karir sebagai investor, bahkan menjadi miliarder saat ini.

Di tengah gencarnya dorongan untuk berinvestasi sejak dini, hal ini membuat banyak milenial di luar sana memilih untuk bergabung dengan berbagai institusi maupun lembaga pelatihan pasar modal. Di lembaga pelatihan tersebut, milenial akan diberikan pelajaran dasar terlebih dahulu mengenai apa itu pasar modal, dan mempelajari berbagai metode analisa sesuai dengan kelas atau tingkatan yang diambil.

Biaya untuk mengikuti pelatihan ini tentunya bermacam-macam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun, apakah ada garansi bahwa setelah mengikuti seluruh pelatihan tersebut kamu akan menjadi investor yang sukses? Sepertinya tidak, lantaran kebanyakan lembaga pelatihan hanya berfokus kepada pembelajaran mengenai teori investasi saja.

Padahal, seperti kita ketahui bahwa cara belajar yang cepat dan efektif adalah ketika seseorang belajar sambil mempraktekkannya, hal ini sering disebut learning by doing. Adapun topik yang kamu pelajari, jika tidak dipraktekkan secara langsung, hal itu sama saja seperti kamu menyimpan seluruh pengetahuan yang dimiliki hanya di otak saja tanpa menyalurkannya.

Pengalaman inilah yang seringkali dirasakan oleh para milenial, di mana sebenarnya pengetahuan mereka tentang investasi sudah cukup mumpuni. Namun, mereka masih enggan untuk memulai investasi pertamanya.

Ada beberapa hal yang membuat milenial enggan untuk memulai suatu investasi, salah satu alasannya adalah:

1. Takut Rugi

Dalam dunia investasi, kamu sebenarnya seperti sedang berbisnis. Kamu sebagai investor bukan hanya memikirkan profit saja, melainkan kamu juga perlu menyiapkan strategi investasi jika sewaktu-waktu aset investasi mengalami penurunan hingga mengalami kerugian.

Ini adalah suka dan duka menjadi seorang investor, bagaimana mungkin kamu bisa menjadi seorang investor jika belum merasakan terjun langsung berinvestasi. Pengalaman yang dipupuk sedikit demi sedikit pastinya akan menggunung.

Jika kamu belum cukup berani untuk memulai investasi dengan nominal yang besar, kamu bisa memilih jenis instrumen investasi dengan modal kecil terlebih dahulu seperti yang ditawarkan oleh produk reksa dana di aplikasi Ajaib. Bermodalkan Rp10.000 milenial sudah bisa membeli produk reksa dana terbaik hasil racikan para Manajer Investasi (MI).

2. Modal Terbatas

Keterbatasan bukan menjadi penghalang bagi seseorang untuk meraih kesuksesan. Melainkan, untuk meraih kesuksesan kamu membutuhkan sebuah pengorbanan dari segi waktu, tenaga, dan juga uang.

Bagi kamu yang ingin memulai investasi di pasar modal, kamu bisa mengorbankan sedikit uang yang kamu miliki setiap hari dari sisa uang jajanmu. Kamu tidak perlu menyisihkan uang setiap harinya dalam nominal besar, nominal sebesar Rp10.000 juga sudah sangat bermanfaat untuk mengubah masa depanmu menjadi lebih baik.

Reksa dana menjadi pilihan tepat bagi milenial yang memiliki keterbatasan modal yang bisa dialokasikan untuk investasi. Karena dengan modal Rp10.000 saja, kamu bisa memulai investasi pertamamu di pasar modal bersama Ajaib.

Kedua hal ini adalah ketakutan yang selalu menghantui setiap generasi milenial jaman now yang membuat mereka masih enggan untuk berinvestasi. Walaupun sebenarnya, mereka sudah tahu betapa pentingnya investasi bagi hari tua nanti karena telah didukung dengan edukasi keuangan yang bisa dengan mudah diperoleh lewat publikasi artikel di internet.

Mentor adalah Teman Terbaik bagi Kamu dalam Berbagi Pengalaman

Kesulitan yang dihadapi oleh milenial saat berinvestasi seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya dapat disebabkan karena milenial belum menemukan sosok mentor investasi yang cocok. Kecocokan antara mentor dan kamu adalah suatu hal yang penting untuk membuat dirimu semakin maju.

Karena mentor yang cocok dapat membuat seseorang yang diajarkan dapat mengeluarkan potensi diri yang ada di dalam dirinya. Misalnya seorang Cristiano Ronaldo yang menjelma menjadi sosok pemain hebat di Manchester United berkat andil seorang Sir Alex Ferguson, yang kala itu masih melatih Manchester United.

Kehebatan Sir Alex Ferguson sebagai mentor yang telah berhasil membesarkan nama Cristiano Ronaldo hingga sekarang adalah sebuah contoh mentor yang baik. Contoh inilah yang ingin dibawa oleh aplikasi Ajaib sebagai mentor investor milenial dalam melahirkan para investor-investor baru yang nantinya bisa memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana berinvestasi di pasar modal.

Di aplikasi Ajaib, semua investor yang sudah bergabung dapat menjadi mentor bagi para investor lainnya. Investor yang memiliki segudang pengalaman dalam berinvestasi dengan menggunakan berbagai metode bisa membagikan pengalamannya langsung kepada pengguna lainnya melalui fitur forum atau komunitas.

Selain itu, para investor pemula juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang pasar modal secara lebih mendalam melalui berita-berita terkini yang disajikan di aplikasi Ajaib, serta dapat mengikuti channel YouTube Ajaib yang membahas mengenai berbagai topik keuangan.

Dengan begitu, kamu bisa belajar sambil berinvestasi lewat aplikasi Ajaib. Sehingga, kamu bukan hanya kaya akan pengetahuan saja tetapi juga kaya akan praktik karena sudah terjun langsung berinvestasi di pasar modal lewat saham atau reksa dana yang tersedia di aplikasi Ajaib.

Ingin menjadi seorang mentor yang bisa membantu investor lainnya untuk lebih mengenal dunia investasi? Yuk segera daftarkan diri kamu sebagai investor Ajaib dan bagikan pengalaman investasi dengan investor lainnya.

Artikel Terkait