Pajak, Teknologi

Mengetahui SSE Pajak Online dan Cara Daftarnya

Ajaib.co.id – SSE pajak online mungkin tidak terlalu diketahui banyak orang. Padahal Surat Setoran Elektronik (SSE) pajak online ini punya fungsi yang cukup canggih, terutama untuk para wajib pajak yang ingin membayar pajaknya dengan mudah, tanpa harus pergi langsung ke kantor pajak terdekat atau berkunjung ke sebuah bank.

SSE pajak online ada untuk para wajib pajak yang sibuk, tapi harus tetap membayar pajaknya tepat waktu karena itu kehadirannya cukup dibutuhkan.

Seperti yang sudah kita ketahui, seluruh elemen masyarakat yang ada di Indonesia diwajibkan membayar pajak terhadap penghasilan, rumah, kendaraan, atau barang mewah yang mereka miliki. Karena diwajibkan, ada konsekuensi yang didapatkan oleh mereka yang telat membayar pajak, atau bahkan yang tidak membayar pajak sama sekali.

Alasannya bermacam-macam. Biasanya ini adalah alasan-alasan mengapa para wajib pajak enggan membayar pajak:

1. Tidak merasa diwajibkan

Mungkin para wajib pajak ini tidak mengetahui bahwa pajak bersifat wajib dan punya konsekuensi tersendiri. Jadi, jika terlambat ada denda yang harus dibayarkan, dan jika tidak membayar dalam kurun waktu tertentu, ancamannya adalah hukuman yang lebih berat lagi.

2. Merasa bayar pajak tidak ada gunanya

Para wajib pajak merasa membayar pajak tidak ada gunanya bagi mereka karena tidak merasakannya secara langsung. Padahal pajak yang mereka bayarkan itu digunakan untuk pembangunan dan menjadi anggaran utama penerimaan negara.

Anggaran itu digunakan untuk dana pendidikan, proyek-proyek yang berkaitan dengan infrastruktur. Banyak negara di dunia yang maju karena masyarakatnya membayar pajak dengan taat.

3. Merasa membayar pajak itu merepotkan

Para wajib pajak merasa membayar pajak itu merepotkan karena harus mengurus ini dan itu terlebih dahulu. Padahal sekarang membayar pajak sudah cukup mudah, terutama karena sistemnya sudah terintegrasi secara online. Jadi, sekarang membayar pajak bisa dilakukan di mana saja, asalkan para wajib pajak itu memiliki koneksi internet yang stabil.

Alasan membayar pajak merepotkan, sepertinya sekarang tidak berlaku lagi karena pihak Direktorat Jenderal Pajak sudah berupaya agar masyarakat bisa membayar tanpa repot. Karena itulah SSE pajak online hadir untuk memudahkan para wajib pajak membayar pajak tepat pada waktunya.

Cara membayarnya mudah karena para wajib pajak tinggal mengikuti cara-cara yang berlaku. Seperti yang pernah kita ketahui sebelumnya bahwa membayar sekarang bisa melalui SSE pajak online yang disediakan oleh Direktorat Pajak Indonesia. SSE pajak sendiri merupakan singkatan dari Surat Setoran Elektronik (SSE) atau dikenal juga sebagai e-Billing pajak.

Sekarang membayar pajak tidak harus datang ke kantor pajak terdekat. Hal ini cukup merepotkan apabila kamu setiap harinya cukup sibuk. Dengan kehadiran SSE pajak online, kamu bisa membayar pajak hanya dengan mengandalkan laptop, PC, atau bahkan smartphone-mu, asalkan ada koneksi stabil yang kamu miliki.

Pembayaran pun bisa dilakukan dengan internet banking, mobile banking, bahkan ada beberapa toko online yang menjadi tempat pembayaran resmi.

Agar bisa mendapatkan akses dari SSE pajak online, kamu harus memiliki akun dulu di www.sse.pajak.go.id. Akses ini secara menyeluruh berlaku bagi seluruh wajib pajak yang ada di Indonesia, jadi bisa di akses di mana saja.

SSE pajak online sendiri memiliki 3 versi yang bisa diakses, yaitu SSE versi 1, SSE versi 2, dan SSE versi 3. Ketiga versi tersebut sebenarnya sama, tapi ada yang membedakannya karena ada beberapa bagian yang sudah diupgrade oleh pihak Direktorat Pajak Indonesia. Untuk bisa membedakannya, kamu bisa melihat penjelasan di bawah ini.

1. SSE versi 1

Adalah SSE pajak online pertama yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pajak Indonesia. Masih bisa digunakan, tapi karena ada fitur yang terbaru di SSE versi 2, sebaiknya wajib pajak menggunakan SSE versi 2 saja jika fitur terbarunya itu sesuai yang diinginkan oleh wajib pajak.

Alamatnya yang bisa kamu kunjungi: https://sse.pajak.go.id/index.aspx

Cara mendaftarnya adalah sebagai berikut:

· Klik Daftar Baru

· Masukkan nomor NPWP milikmu, nama lengkap, dan email yang aktif digunakan.

· Kemudian input kode captcha yang tersedia.

· Klik register.

Akun SSE pajak online-mu pun siap untuk digunakan.

2. SSE versi 2

Adalah SSE pajak online yang sudah di-upgrade dengan fitur terbaru yang bisa membantumu yang punya keperluan terhadapnya. Fiturnya adalah pembuatan billing atas NPWP pihak lain yang menitipkannya padanya, tapi ini hanya bisa digunakan untuk jenis pajak potongan. Bisa juga digunakan untuk jenis pembayaran pajak bagi kamu yang tidak memiliki NPWP.

Yang cukup penting lainnya adalah, untuk bisa mendaftar SSE versi 2 dengan sukses, kamu wajib memiliki nomor EFIN. Nomor EFIN sendiri bisa didapatkan dengan mendatangi kantor pajak terdekat secara langsung. Atau bisa juga mendaftar via online.

Alamatnya yang bisa kamu kunjungi: https://sse2.pajak.go.id/default

Cara mendaftarnya adalah sebagai berikut:

· Ketika muncul tampilan untuk log in, pilih “Anda belum terdaftar? Daftar di sini”.

· Masukkan nomor NPWP yang kamu miliki, kode EFIN yang sudah didapatkan dari kantor pajak terdekat, lalu input kode keamanan yang terpampang.

· Klik verifikasi.

3. SSE versi 3

Adalah SSE pajak online yang bisa digunakan ketika kamu tidak bisa mengunjungi SSE versi 1 atau versi 2 karena terjadi error. Tenang saja karena SSE versi 3 ini bisa juga digunakan untuk mendaftar billing terbaru.

Alamat yang bisa kamu kunjungi adalah: https://sse3.pajak.go.id/.

· Pilih “Belum punya akun?” dan klik bagian daftar sekarang.

· Masukkan NPWP yang kamu miliki, nama, email, PIN 6 digit, lalu ketik ulang PIN 6 digit tersebut.

· Masukkan kode keamanan.

· Klik Daftar.

Bacaan menarik lainnya:

Rahayu, Siti Kurnia. 2017. Perpajakan (Konsep dan Aspek Formal). Penerbit Reakayasa Sains: Bandung.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait