Berita

Mengenal Pengertian dan Prinsip Kerja Program Padat Karya

Ajaib.co.id – Setiap negara yang melakukan pembangunan ekonomi harus dilakukan secara merata. Hal ini berarti proses pembangunan ekonomi dilakukan di setiap daerah termasuk di desa-desa.

Alasan dari pembangunan ekonomi secara merata adalah mengurangi kesenjangan yang dapat terjadi antara perkotaan dan pedesaan.

Misalnya saja melalui pembukaan lapangan kerja secara merata. Pemerintah harus berusaha untuk menyediakan lapangan kerja di daerah-daerah yang jauh dari perkotaan.

Oleh karena itu, hadirnya program padat karya yang ditujukan untuk masyarakat desa seolah menjadi solusi yang merupakan bagian dari proses pembangunan ekonomi secara merata.

Lalu, apa yang dimaksud dengan program tersebut dan seberapa penting perannya dalam proses pembangunan ekonomi secara merata?

Nah, untuk dapat memahami pertanyaan tersebut, berikut ini penjelasan mengenai program padat karya yang dapat dipahami dan menambah wawasan kamu.

Apa Itu Program Padat Karya?

Program padat karya merupakan suatu program kegiatan pembangunan yang didominasi oleh tenaga manusia dibandingkan dengan tenaga mesin.

Tujuan dari program tersebut yaitu sebagai langkah dalam menciptakan lapangan kerja bagi setiap masyarakat khususnya yang tidak memiliki penghasilan dan pekerjaan tetap.

Di mana, program ini juga ditujukan dalam menekan angka pengangguran dan mengurangi kemiskinan. Salah satu program yang pernah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada 2015 lalu adalah Investasi Padat Karya Menciptakan Lapangan Kerja.

Sebanyak 16 perusahaan yang masuk ke dalam program investasi padat karya di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah mampu menyerap tenaga kerja sedikitnya 121.285 orang pada kurun waktu 2015 hingga 2019.

Prinsip Terlaksananya Program Padat Karya

Untuk mewujudkan program yang bermanfaat bagi setiap masyarakat, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal yang dimaksud adalah syarat-syarat untuk memenuhi program tersebut terutama bagi daerah pedesaan.

Berikut beberapa syarat yang menjadi landasan terlaksananya program tersebut:

Harus Bersifat Inklusif Bukan Eksklusif

Pelaksanaan program tersebut harus dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat seperti kapasitas setiap tenaga kerja yang dimiliki.

Pelaksanaan ini harus memastikan jika setiap masyarakat atau warga pedesaan bisa dan sanggup menjalani program padat karya yang diberikan.

Hal ini berarti menyangkut keahlian yang harus dimiliki atau setidaknya setiap masyarakat dapat menyelesaikan proyek yang diberikan.

Bersifat Gotong-royong dan Partisipatif

Di mana, program padat karya harus melibatkan masyarakat yang sangat membutuhkan pekerjaan. Hal ini mengacu pada prinsip “dari, oleh, dan untuk masyarakat.

Oleh karena itu, tugas pemerintah untuk memfasilitasi program dengan menggandeng pemerintah desa, balai desa, dan masyarakat desa.

Bersifat Efektif

Setiap program padat karya yang akan dilaksanakan harus memiliki dampak atau hasil yang jelas.

Di mana, program ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas ekonomi di setiap daerah khususnya pedesaan.

Harus Transparan dan Akuntabel

Setiap pelaksanaan program ini juga harus dikerjakan secara transparan dan akuntabel. Di mana, program tersebut dapat diukur secara jelas, teknis, moral, hingga administratif.

Membuka Swadaya

Program padat karya juga diharapkan dapat memicu adanya kegiatan yang mendorong dan mendukung pelaksanaannya.

Seperti sumbangan tenaga, materi, serta penggunaan aset bergerak atau tidak bergerak oleh warga desa yang berkecukupan dari segi ekonomi.

Memiliki Tingkat Prioritas yang Jelas

Balik lagi ke tujuan utama program padat karya, maka pelaksanaannya harus mendahulukan kepentingan besar masyarakat.

Di mana, kepentingan yang dimaksud sesuai dengan tujuan yaitu untuk membuka lapangan kerja, mengurangi tingkat pengangguran, mengentaskan kemiskinan, dan mengurangi kesenjangan ekonomi yang terjadi antar warga.

Swakelola

Dalam pelaksanaan program padat karya, pemerintah menekankan untuk penggunaan SDM yang dimiliki desa. Di mana, pengelolaannya harus dilaksanakan oleh warga desa itu sendiri alias tidak memanfaatkan jasa kontraktor atau pihak lain di luar desa.

Hal ini karena dapat bertentangan dengan prinsip membuka lapangan kerja bagi masyarakatnya sebagai penerima manfaat.

Berbasis Musyawarah

Setiap program padat karya yang akan dilaksanakan harus melalui kesepakatan atau musyawarah secara terbuka kepada seluruh warga atau masyarakat desa. Dengan begitu, setiap masyarakat desa dapat menyuarakan aspirasinya secara bebas.

Hal ini dilakukan agar situasi sosial pedesaan dapat terjaga saat program tersebut akan dilaksanakan.

Harus Berkelanjutan

Untuk menjaga program padat karya yang akan dilaksanakan, maka harus ada penyusunan, pengelolaan, pemanfaatan, pemeliharaan, dan pelestarian program agar tidak terhenti satu waktu.

Hal ini ditujukan agar program tersebut dapat terus dilaksanakan dan dikembangkan hingga di masa mendatang.

Memerhatikan Kewenangan Lokal

Program padat karya yang diselenggarakan di daerah desa menjadi daftar kewenangan desa yang mengacu pada hak asal-usul serta kewenangan lokal dengan skala desa.

Hal ini karena pembiayaan program bersumber dari APB desa.

Upah atau Penghasilan Tenaga Kerja

Untuk urusan upah, biasanya akan disepakati melalui musyawarah desa berdasarkan peraturan yang ditetapkan oleh Bupati atau Wali Kota. Hal ini meliputi angka upah yang mengacu pada batas bawah dan batas atas.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai pengertian dan prinsip dari program padat karya yang biasanya ditujukan untuk daerah pedesaan.

Dengan pelaksanaan program tersebut, diharapkan dapat memberikan banyak manfaat karena menjadi bagian dari pembangunan ekonomi secara merata.

Nah, jika program tersebut ini dapat menghasilkan keuntungan salah satunya menciptakan lapangan pekerjaan, maka untuk urusan pengelolaan atau perencanaan keuangan bisa dilakukan dengan menggunakan investasi.

Mengingat investasi menghasilkan keuntungan yang besar seperti investasi saham.

Jika kamu tertarik untuk berinvestasi saham, kamu bisa memilih beberapa perusahaan sekuritas yang dapat membantu kamu berinvestasi. Namun, kamu harus memerhatikan beberapa hal saat berinvestasi saham.

Apalagi jika kamu mempertimbangkan risiko dan keuntungan yang akan didapat saat berinvestasi. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan dan target kamu dalam berinvestasi pastinya.

Untungnya, kini berinvestasi semakin mudah dilakukan dengan instrumen investasi seperti saham. Hal ini karena kamu bisa menggunakan bantuan media investasi saham seperti aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang dapat kamu akses melalui smartphone untuk memudahkan proses investasi saham. Melalui fitur Ajaib Saham, kamu dapat menemukan informasi secara lengkap yang berhubungan dengan investasi saham.

Mulai dari pembuatan rekening saham yang dapat dibuat secara online melalui aplikasi Ajaib, melihat pergerakan saham-saham perusahaan, dan masih banyak lainnya.

Oleh karena itu, kamu bisa mulai berinvestasi saham dengan menggunakan bantuan aplikasi Ajaib di mana saja dan kapan saja.

Dengan berinvestasi saham, kamu bisa mengelola perencanaan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang secara tepat.

Kamu bisa memilih saham-saham perusahaan yang memiliki portofolio bagus pada pergerakan harga sahamnya untuk mendapatkan keuntungan.

Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait