Memahami Modal Awal Jika kamu Ingin Berusaha

memahami modal awal
memahami modal awal

Modal awal dibutuhkan untuk berwirasusaha. Menentukan berapa itu modal awal selain memahami modal awal adalah dua langkah yang kamu harus pahami sebelum mulai berwirausaha.

Untuk memahami modal awal dan aspek-aspek penting yang ada di dalamnya, simak ulasan berikut ini.

Modal Awal bagi Perusahaan

Suatu perusahaan perlu memiliki dan memahami modal awal untuk membuat roda bisnisnya berjalan. Jika kamu ingin menjadi salah satu pengusaha tersebut, maka menentukan modal awal adalah aspek fundamental yang perlu kamu pahami. Tapi, dalam banyak kasus, ternyata banyak pengusaha yang tidak mengetahui dan menentukan modal awal usaha.

Nah, lewat artikel ini kita akan membahas apa itu modal awal dan menentukan cara menghitung modal awal bagi perusahaan.

Definisi Modal Awal Usaha

Modal awal usaha adalah sejumlah modal baik dalam bentuk uang atau tenaga yang tentunya dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha pertama kali. Miskonsepsi tentang modal awal haruslah uang tentunya adalah sebuah kesalahan.

Modal awal uang memang bisa digunakan untuk menyewa gedung, membeli peralatan dan menggaji karyawan. Namun, modal awal dalam bentuk tenaga juga ada, yaitu kemampuan atau keahlian seseorang dalam memulai berusaha.

Secara teknis, modal usaha sendiri dibagi menjadi dua jenis, apa sajakah?

Capital Expenses

Modal awal yang jenis digunakan untuk keberlangsungan sebuah perusahan, yaitu pembelian alat-alat yang memiliki jangka waktu yang lama seperti peralatan kantor, termasuk komputer, mesin fax dll, serta peralatan lainnya seperti meja, kursi, dll.

Operational Expenses

Seperti namanya, modal awal jenis ini digunakan untuk kebutuhan operasional sebuah usaha seperti biaya listrik, telepon, sewa gedung dll. Berbeda dengan capital expenses, modal usaha operattional expenses sifatnya adalah pembayaran berkala.

Cara Menghitung

Melihat dua jenis modal awal di atas, maka sekarang saatnya menentukan keseluruhan modal awal yang kamu butuhkan. Catatan tambahan yaitu capital expenses adalah biaya yang kamu butuhkan untuk aset perusahaan seperti komputer, printer, meja dan kursi.

Sementara operational expenses berisi perkiraan modal untuk biaya sewa gedung, gaji karyawan dan apapun yang sifatnya berkala. Maka dapat disimpulkan bahwa cara menghitung modal awal adalah:

Modal awal = Modal capital expenses + modal operational expenses

Mudah bukan memahami apa itu modal awal dan bagaimana cara kerjanya? Sekarang giliran bagaimana kamu memulai keberanian untuk berwirausaha.

Jika berwirausaha adalah langkah yang terlalu jauh bagi kamu, mungkin bisa dimulai dengan melakukan investasi dalam bentuk lainnya. Bisa mulai dengan investasi saham, investasi emas, investasi reksa dana atau yang lainnya. Nah, untuk hal ini, Ajaib Indonesia bisa juga memberikan tips-tips lewat artikel yang bermanfaat. Jadi, sering-sering berkunjung ke blog Ajaib Indonesia!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait