Milenial

Melacak HP Dengan IMEI Tanpa Aplikasi dengan Find My Phone Google

Melacak HP Dengan IMEI Tanpa Aplikasi

Ajaib.co.id – Coba ingat-ingat, selama 1 tahun terakhir sudah berapa kalikah kamu kehilangan smartphone-mu? Kalau lebih dari 2x, berarti kamu tergolong terlalu banyak pikiran, atau malah memang pelupa. Karenanya, kamu perlu memahami cara melacak HP Android dengan IMEI tanpa aplikasi. Berikut langkah-langkahnya yang telah dirangkum redaksi Ajaib.

Mengapa? Karena kini semakin banyak fungsi kinerja dalam keseharian yang telah beralih ke sistem digital, dimulai dari storage data, transaksi pembayaran, banking, investasi, bahkan trading yang dioperasikan dari smartphone kamu. Jadi, kebayang kan jumlah kehilangan yang akan kamu hadapi dari 1x peristiwa kehilangan smartphone.

Manfaat Melacak HP Dengan IMEI Tanpa Aplikasi

Karena semakin banyak fungsi smartphone yang mempermudah aktivitas keseharian, kamu pasti menganggap smartphone sebagai device terpenting yang wajib dimiliki, dan tak boleh hilang dari sisimu sejak bangun pagi hingga kembali tidur di malam hari.

Namun, meskipun sepenting itu, kesibukan dan keruwetan aktivitas sehari-hari bisa membuat kamu mendadak kehilangan smartphonemu. Dan nggak aneh kalau hal itu bisa bikin kamu kebakaran jenggot! Untuk mencegahnya, jangan panik, segera ketahui cara melacak HP dengan IMEI tanpa aplikasi, agar smartphone-mu bisa kembali ke pangkuanmu.

Apakah IMEI? IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yaitu menggunakan nomor identitas mobile phone/smartphone, yang menyimpan berbagai macam data penting. Masing-masing smartphone hanya memiliki 1 atau 2 nomor IMEI, tergantung jumlah sim card yang digunakan. Meski begitu, hanya IMEI dari SIM 1 saja yang akan digunakan sebagai identitas resmi.

Meskipun sebenarnya tergantung pada tingkat produktivitas produk smartphone yang bersangkutan, Umumnya IMEI berjumlah antara 15-16 digit. Dalam proses mengidentifikasi gadget yang terhubung dalam jaringan, IMEI yang dimiliki setiap smartphone akan mempermudah kerja operator.

Tapi ingat, agar bisa memanfaatkan IMEI, kamu perlu segera mencatat nomor IMEI smartphone kamu, dan menyimpannya dengan aman, karena IMEI tak ada gunanya ketika smartphone-mu sudah keburu hilang tapi kamu tidak punya datanya.

Cara Melacak HP Dengan IMEI Tanpa Aplikasi

Ada 2 cara yang bisa kamu pilih, yaitu:

1. Situs Find My Phone Google

Persyaratan yang harus kamu lengkapi:

  • Kamu wajib ingat kode IMEI dari smartphone yang hilang, minimal kamu masih punya dusbook HP tersebut. Sebab kalau tidak, maka smartphone tidak bisa dilacak menggunakan IMEI. Jika kamu membeli smartphone second, kamu harus segera mencatat nomor IMEI-nya, dan menyimpan data itu baik-baik.
  • Smartphone yang sedang kamu lacak sedang dalam kondisi aktif, tidak mati.
  • Lakukan pengaktifan mode lokasi (optional).

Cara melacaknya:

  1. Visit situs Find My Phone Google dengan koneksi internet yang stabil.
  2. Input nomor IMEI smartphone yang hilang, dan akan lebih mudah jika smartphone tersebut sudah terkoneksi langsung dengan akun Google.
  3. Tunggu beberapa menit, lalu klik tanda seru.
  4. Saat sudah muncul keterangan bahwa smartphone android kamu sudah berhasil dilacak, maka kamu pun bisa segera menuju lokasi untuk mengambil smartphone tersebut.
  5. Bunyikan smartphone Android dengan memilih pilihan Putar Suara, saat kamu sampai di lokasi.
  6. Pilihlah opsi Hapus Perangkat jika kamu merelakan smartphone Android yang hilang tersebut, yang artinya, kamu menghapus semua data yang ada di dalam smartphone tersebut.

2. Datangi Gerai Operator Penyedia Jaringan

Alternatif cara lainnya adalah: kamu bisa mendatangi gerai operator penyedia jaringan. Pilih gerai yang terdekat dan terlengkap di wilayahmu dengan membawa syarat kelengkapan yaitu: data nomor perdanamu dan nomor IMEI. Berbekal kelengkapan data tersebut, maka petugas akan memberitahu keberadaan ponselmu yang hilang, namun ada tapinya nih,

cara ini hanya bisa diproses apabila GPS, koneksi internet, dan smartphone kamu berada dalam kondisi aktif. Sayangnya,

pada beberapa kasus seringkali lokasi yang terdeteksi hanyalah lokasi terakhir saat smartphone tersebut berada dalam keadaan menyala, dan ketika selebihnya smartphone tersebut sudah non-aktif, lokasinya tak lagi dapat terdeteksi.

Tetap Semangat dan Lakukan Usaha Maksimal

Bukannya nggak mungkin lho, kamu bisa temukan ponsel yang hilang. Jangan patah semangat jika upaya menggunakan IMEI belum berhasil, karena masih banyak cara lain yang bisa kamu lakukan.

Melacak Smartphone Hilang dalam Kondisi Mati

Metode yang diuraikan di atas bisa berfungsi untuk melacak hp kamu yang hilang, namun kondisinya masih dalam keadaan masih menyala dan tidak lowbat. Trus, gimana dong jika smartphone kamu yang hilang itu dalam keadaan mati atau lowbat? Coba salah satu alternatif langkah yang bisa kamu tempuh berikut ini:

  1. Buka aplikasi Google Maps.
  2. Klik Garis Berjajar Tiga pada sisi kiri atas.
  3. Klik opsi segitiga kecil pada pojok kanan.
  4. Klik Tambahkan Akun.
  5. Ketik alamat email yang berada dalam smartphone kamu yang hilang, yang kamu gunakan saat mendownload aplikasi di Google Play Store.
  6. Klik Berikutnya.
  7. Masukkan kata sandi.
  8. Klik Saya Setuju.
  9. Klik Segitiga kecil pada kanan atas.
  10. Klik Linimasa Anda.
  11. Klik OK.
  12. Kemudian layar Google Maps akan menunjukkan posisi dan lokasi smartphone kamu yang hilang.
  13. Voila, selesai!

Nah, jadi kamu emang nggak perlu panik, karena ada cara untuk melacak dan menemukan kembali smartphone kamu yang hilang, baik dalam kondisi aktif maupun mati.

Tapi alangkah lebih baiknya jika kamu selalu bisa berhati-hati menjaga smartphone-mu tetap disisimu kemanapun kamu pergi, terutama jika di dalamnya ada aplikasi Ajaib, platform investasi multifungsi yang memungkinkan kamu berinvestasi reksa dana dan saham sekaligus, memantau perkembangan dan melakukan real time trading setiap saat dengan biaya beli saham s/d 50% lebih murah, dan daftar 100% online tanpa biaya minimum.

Artikel Terkait