Rumah Tangga Masa Kini

Mengenal Google Cendekia untuk Millenial yang Suka Belajar

Mengenal Google Cendekia untuk Millenial yang Suka Belajar

Ajaib.co.id – Google Cendekia mungkin masih terdengar asing bagimu karena memang hanya orang-orang tertentu yang menggunakannya. Google memang membuatnya untuk memperluas jaringan penggunaan. Seperti yang sudah kamu ketahui, Google merupakan alat untuk mencari berbagai macam hal yang kamu inginkan berdasarkan kata kunci. Mesin pencarian ini hingga sekarang masih terus digunakan secara masif dan menjadi mesin pencarian yang efektif karena membantu penggunanya melakukan pencarian halaman situs dalam waktu yang cukup singkat.

Google Cendekia melakukan pencarian di jurnal-jurnal internasional, bahkan hingga ke website universitas. Belajar melaluinya memang sangat mudah. Google Cendekia sendiri ternyata sudah diluncurkan pada tahun 2004 dan sekarang masih ada karena penggunanya yang cukup banyak.

Untuk bisa menggunakannya, kamu perlu berkunjung ke website Google Scholar atau Google Cendekia melalui scholar.google.co.id. Ketika pertama kali berkunjung, mungkin kamu akan merasa senang karena tampilan websitenya yang sederhana. Google Cendekia ternyata memang didesain menyerupai Google pada umumnya. Hanya di sini dikhususkan bagi siapa saja yang sedang mencari jurnal ilmiah. Di bawah ini adalah fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan di Google Cendekia.

Cari

Pada menu ini kamu bisa melakukan pencarian secara spesifik. Misalnya kamu sedang mencari artikel dengan judul tertentu. Kamu bisa mengetikkan judul itu pada Google Cendekia yang kemudian mesin Google akan menampilkan sumber yang relevan dan berkaitan dengan judul jurnal tersebut. Kamu bisa langsung membacanya dan penelitian yang kamu lakukan akan berjalan dengan mudah. Ada ratusan ribu jurnal yang tersimpan di database mesin pencarian ini, jadi jangan ragu untuk menggunakannya.

Temukan

Ketika kamu mencari kutipan tertentu dalam sebuah makalah, kamu bisa memanfaatkan fitur ini. Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengetikkan kutipan yang sedang kamu cari, maka judul buku atau makalah yang menyimpan kutipan itu akan muncul dengan sendirinya. Kamu tidak perlu lama menunggu karena Google Cendekia yang akan melakukannya untukmu. Sumbernya pun dari sumber yang cukup terpercaya.

Telusuri

Di beberapa website jurnal, ada banyak jurnal yang bisa kamu baca, tapi hanya terbatas. Beda halnya dengan Google Cendekia di mana kamu bisa melakukan penelusuran makalah atau buku secara utuh tanpa harus mengeluarkan uang. Biasanya makalah ini sudah dibeli oleh Google dan kamu bisa mempelajarinya dengan cuma-cuma. Dengan begitu kamu bisa belajar dari keseluruhan buku dan ini yang membuat belajar dengan Google adalah hal yang menyenangkan.

Pelajari

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mempelajari makalah dan jurnal di bidang apa pun. Kamu mungkin tidak diizinkan untuk mengunduh makalah itu karena memang milik orang lain. Namun, kamu masih bisa menyimpannya di perpustakaan Google di akunmu sehingga kamu akan mudah menggunakannya lagi ketika sedang online. Tidak perlu khawatir akan kehilangan pencarian.

Itulah beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan Google Cendekia. Jadi selain untuk mendapatkan artikel, Google juga bisa kamu manfaatkan untuk berbagai hal, termasuk menemukan jurnal dan penelitian.

Dengan adanya Google Cendikia ini, kamu bisa menemukan berbagai macam sumber tepercaya yang bisa membantu kamu belajar ataupun meyelesaikan tugas. Ini sangat cocok buat kamu yang sedang melakukan skripsi ataupun tugas ilmiah lainnya.

Karena, kamu tidak perlu lagi membaca buku yang tebal hanya untuk mencari sumber tepercaya. Di Google Cendikia inilah kamu bisa mendapatkan berbagai macam sumber di berbagai macam bidang dengan mudah secara online, kapan dan di mana saja.

Artikel Terkait