Bisnis & Kerja Sampingan

Macam-Macam Iklan Berdasarkan Media yang Digunakannya

macam-macam iklan berdasarkan medianya

Ajaib.co.id – Iklan merupakan bentuk dari kegiatan promosi yang saat ini masih diandalkan oleh para produsen. Iklan membantu mereka menggaungkan produk dan jasa yang mereka produksi yang bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat luas. Kamu pasti menyadari ada macam-macam iklan yang ada di sekitar kita baik yang menjual produk atau promosi penjualan (sales promotion). 

Walaupun zaman sudah berubah, keberadaan iklan pun berubah. Macam-macam iklan jadi tambah beragam dengan kehadiran internet dan aplikasi di ponsel pintar yang sekarang sangat dekat dengan kehidupan kita.

Sebelum membahas macam-macam iklan, perlu diketahui pembagian kategori jenis iklan berdasarkan isi, fungsi, dan media yang digunakan untuk memunculkan iklan. Di bawah ini adalah jenis iklan berdasarkan media yang digunakannya.

Iklan media koran

Macam-macam iklan yang pertama adalah iklan yang muncul di media koran. Saat ini keberadaan koran mulai terancam dengan kehadiran platform digital. Tidak mengherankan media-media koran dulu mulai mengganti strategi dengan menyediakan versi digital koran-korannya. Walaupun peminatnya berkurang, koran masih hadir di antara kita.

Jika kamu menyadarinya, iklan di dalam koran ini cukup beragam. Kamu bisa melihat iklan tentang belasungkawa, iklan tentang orang hilang, iklan tentang lowongan pekerjaan, iklan tentang penawaran rumah, iklan tentang penawaran kendaraan bermotor, dan masih banyak lagi. 

Iklan-iklan di koran memiliki ciri-ciri singkat, padat, dan jelas. Iklan kolom seperti ini jarang memiliki foto kecuali untuk iklan konsumen atau iklan pengumuman produk baru.

Iklan di platform digital

Iklan platform digital biasanya muncul di blog atau websitewebsite. Bentuk iklan platform digital biasanya cukup kreatif, ada dalam bentuk banner kecil, ada dalam bentuk pop up yang terkadang mengesalkan karena membuatmu nyasar ke tempat lain.

Beriklan di platform digital biayanya lebih murah ketimbang iklan di televisi. Oleh karena itu cukup wajar jika semakin banyak produsen yang tertarik menaikkan iklan bisnis di platform digital. Situs-situs berita di Indonesia juga mengambil pemasukan dari sini.

Iklan di televisi

Walaupun beriklan di televisi membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tapi masih banyak produsen yang beriklan di sini. Terutama bagi mereka yang punya target pasar ibu-ibu dan keluarga. Iklan televisi biasanya dilakukan dengan serius karena harus melalui proses konsep, syuting, hingga editing yang cukup panjang. Padahal mungkin durasinya tidak terlalu lama, rata-rata hanya beberapa detik sampai menit. Iklan ini muncul di antara tayangan program.

Atau yang juga cukup populer adalah beriklan di sinetron yang sedang tayang. Nanti pemeran sinetron tersebut akan menggunakan produk sembari berakting. Iklan di sinetron ini biasanya memunculkan produk makanan, minuman, bahkan pernah memunculkan aplikasi pendidikan populer di Indonesia

Iklan di radio

Macam-macam iklan yang lain adalah iklan di radio. Apakah kamu masih mendengarkan radio saat ini? Tenang saja karena radio masih ada penggemarnya, walaupun saat ini sudah kalah dari aplikasi musik digital yang sedang ngetren. Mereka yang sangat mencintai musik biasanya masih mendengarkan radio karena radio sering memunculkan lagu-lagu yang lebih beragam. 

Iklan di radio formatnya juga berbentuk suara, tapi bukan berarti tidak bisa menarik. Iklan di radio mengandalkan kata-kata yang menarik, jingle, dan suara pengiklan yang biasanya sangat bagus. Saking bagusnya kamu akan mudah mengenal suara itu jika diputar berkali-kali. 

Iklan di aplikasi

Di aplikasi ponsel pintarmu pun ada beragam iklan yang muncul. Contoh mudah yang sering kamu temui adalah iklan yang ada di aplikasi gratisan. Iklan bisa menghilang jika kamu membayar paket yang disediakan oleh mereka.

Lalu, iklan di aplikasi ada juga yang terlalu sering muncul dan itu bisa terindikasi spam. Kemunculannya begitu sering di beranda ponsel pintarmu. Jika terjadi demikian, berarti aplikasi itu tidak bagus. Sebaiknya kamu tidak sembarangan mengunduh aplikasi seperti itu. 

Iklan di ruang terbuka

Iklan di ruang terbuka biasanya ada dalam bentuk billboard yang lokasinya berada di pinggir jalan. Di jalan tol kamu akan menemukan billboard dengan ukuran-ukuran besar. Biasanya biaya pemasangannya cukup mahal. Ada biaya pajak reklame yang harus disediakan oleh produsen.

Lalu, ada lagi spanduk yang biasa diikatkan dengan tiang. Brosur-brosur yang dibagikan langsung kepada orang yang lewat, sayangnya terkadang brosur ini sering diabaikan oleh penerima.

Bisa juga dalam bentuk poster-poster yang dipasang di dinding tempat umum. Macam-macam iklan di ruang terbuka itu dan biasanya berasal dari mereka yang baru memiliki usaha. Pemasangan iklan di ruang terbuka ini juga menjadi sumber pendapatan pemerintah daerah setempat. Namun, tetap ada aturan yang berlaku jadi iklan yang muncul di ruang terbuka harus diseleksi dulu. 

Iklan media sosial

Iklan berikutnya adalah iklan di media sosial. Banyaknya pengguna media sosial seperti di Indonesia membuat promosi jenis ini disukai oleh individu sampai perusahaan.

Platform yang digunakan pun bermacam-macam sesuai dengan karakteristik target audiens sehingga lebih mirip personal selling dengan adanya algoritma media sosial. Kamu bisa beriklan di Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya. Range iklannya bisa menjangkau orang hingga tidak terhingga, tergantung dari modal yang kamu miliki.

Salah satu platform cukup banyak diminati produsen adalah Youtube dengan membuat series yang mempromosikan produk mereka melalui teknik story telling yang membuat penonton penasaran.

Artikel Terkait