Langkah Sederhana Mulai Bisnis Jual Beli Beras

bisnis jual beli beras
bisnis jual beli beras

Ajaib.co.id – Indonesia yang merupakan negara agraris memiliki masyarakat yang tidak bisa lepas dari nasi. Ya memang nasi sudah jadi makanan pokok wajib di Indonesia. Hal ini juga yang menjadi bisnis jual beli beras menjadi ide bisnis yang memiliki jangka panjang sekaligus sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Tidak peduli dengan naik turunnya harga beras di Indonesia, kebutuhan pokok yang satu ini pasti akan selalu dicari seiring dengan pertumbuhan penduduknya. Nah bagi kamu yang memulai bisnis jual beli beras, berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah sederhana yang bisa kamu ikuti.

Tahu Mengelola Bisnis Sembako

Sebelum berpikir untuk terjun ke dunia jual beli beras, ada baiknya kamu mencari informasi dan pengetahuan terkait mengelola bisnis sembako. Banyak yang berpikir ingin memulai bisnis makan pokok orang Indonesia ini, dengan menjadi produsen beras itu sendiri.

Namun jika modal terbatas tidak ada salahnya untuk mengambil dari agen atau distributor terpercaya. Hal tiu dilakukan untuk sebagai salah satu solusi agar beras yang disimpan tidak berada terlalu lama dalam gudang yang malah akhirnya akan menyebabkan kamu mengalami kerugian.

Jika nanti bisnis kamu sudah mulai ramai dan banyak pelanggan, kamu juga harus bisa menentukan banyaknya stok beras yang harus disimpan, dan selalu bijak melakukan penyetokan ulang agar tidak terjadi kerugian karena beras tidak habis terjual.

Lokasi yang Strategis

Lokasi merupakan hal terpentung yang menentukan keberhasilan suatu bisnis. Di mana, untuk jual beras, kamu harus benar-benar memerhatikan tempat yang cocok untuk usaha kamu. Selain itu, kamu juga harus mengetahui alasan ibu rumah tangga belanja beras di pasar. Biasanya, mereka membeli kebutuhan rumah tangga di pasar, dan kedua biasanya ibu-ibu ini belanja di pasar karena memiliki banyak pilihan. Misalnya ketika mereka beli beras di toko A dan toko A memiliki jenis dan harga yang tidak sesuai, maka ia bisa pindah ke toko lainnya. Hal inilah yang membuat kamu perlu menentukan dengan baik letak toko yang sangat strategis adalah berdekatan dengan pasar, swalayan, minimarket atau supermarket.

Tentukan Jenis Beras yang Ingin Dijual

Semakin lengkap jenis beras yang kamu tawarkan, semakin besar juga kamu mendapatkan kesempatan untuk mendapat pelanggan. Biasanya, pelanggan tidak hanya mencari beras umum yang berkualitas, ada juga pelanggan yang mencari beras organik untuk kesehatan, beras untuk khusus nasi goreng, dan sebagainya.

Pemasaran Beras

Bisnis beras juga membutuhkan pemasaran yang bagus, biasanya untuk pemasaran bisnis ini, kamu bisa melakukannya secara word of mouth atau promosi dari mulut ke mulut. Kamu juga bisa memberikan satu hadiah bagi pelanggan yang loyal. Misalnya dengan membeli beras 25Kg bisa mendapatkan minyak goreng, atau pelanggan yang membeli beras selama 1 tahun penuh dengan minimal 25 Kg sebulan bisa mendapatkan hadiah rice cooker, dan sebagainya.

Supplier Tepercaya

Untuk mempunyai bisnis yang sukses, kamu membutuhkan bantuan dari partner kerja, yang salah satunya adalah dengan mencari pemasok atau supplier terbaik. Bukan saja dapat memberikan harga yang bersaing, tapi juga menjual beras berkualitas.

Selain itu pilihlah juga agen distributor sembako terdekat, yang juga bisa melakukan pengiriman tepat waktu. Karena konsisten juga menjadi salah satu bentuk bukti tanggung jawab orang tersebut terhadap bisnis tersebut.

Berikan Kualitas Terbaik

Sebelum memutuskan untuk menjual produk sembako, pastikan dulu kualitas barang supplier tersebut. Bukan saja mencari yang putih dan pulen, namun juga harus baik dan berkualitas.

Kamu juga harus memperhatikan tampilan beras yang akan dibeli. Mulai dari beras yang bebas dari kutu, bersih, dan jangan terlalu putih. Beras yang terlalu berwarna putih bisa berbahaya untuk dikonsumsi.

Di samping itu, kamu juga bisa menyediakan beberapa jenis beras dengan harga yang berbeda. Hal itu dilakukan agar para pembeli mempunyai banyak pilihan produk. Di pasaran sendiri ada berbagai jenis beras yang populer di kalangan masyarakat, seperti beras merah, beras hitam, beras putih, ingat ya apapun beras tersebut jangan lupa untuk selalu menjadi penjual yang memberikan kualitas terbaik

Miliki Target Pasar

Memulai bisnis apapun tetap memerlukan target pasar, dari hal inilah kamu bisa menentukan berapa dan siapa target pembeli bisnis yang kamu bangun. Perhatikan hal berikut mengapa target pasar sangat penting

Fokus terhadap kelompok tertentu yang menjadi target market adalah sebuah keharusan, yang akan menjadi landasan tepat untuk ekspansi ke segmen lainnya.

Menentukan target market merupakan sebuah langkah yang akan mempermudah untuk mengenal pembeli kamu lebih jauh lagi. Merupakan sebuah strategi marketing yang akan lebih tepat mengenai sasaran akan mempermudah kamu saat membuat konten marketing. Selain itu, juga memperbesar peluang terjadinya penjualan

Inovasi Itu Penting

Salah satu kunci kesuksesan adalah inovasi, dengan melakukan hal-hal baru para pedagang sembako bisa melakukan beberapa kegiatan usaha perbaikan, atau peningkatan terhadap usaha yang mereka lakoni saat ini.

Tawarkan promo – promo menarik atau potongan yang akan menarik pembeli, atau berikanlah pelayanan yang terbaik.

Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Kualitas pelayanan adalah elemen kunci pada kesuksesan bisnis. Seperti pelayanan cepat dan tanggap, mau mendengarkan keluhan pelanggan, bersedia untuk sabar saat menghadapi pelanggan, dan jangan lupa untuk minta feedback terhadap produk sembako yang dijual. Hal ini akan membuat konsumen nyaman dengan usaha kamu.

Team Work

Membuka peluang kerjasama antar seller, agen distributor beras, dan supplier beras terpercaya. Dengan banyaknya peluang kerja sama ini kamu bisa lebih mudah mengembangkan bisnis, sekaligus menggali potensi yang tersembunyi dari mitra kamu.

Manajemen Harga

Selain pelayanan, harga beras yang terjangkau dan berkualitas sudah pasti menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembeli. Untuk itu jangan cobalah untuk selalu memantau harga yang diberikan oleh pesaing kamu ya. Jangan hanya karena ingin memiliki banyak pelanggan lalu kamu melupakan kualitas.

Jangan Berhenti Belajar

Setiap bisnis pasti selalu ada pesaingnya, entah karena mereka memiliki modal yang lebih besar, skill yang lebih baik. Namun apapun itu jangan menyerah atau merasa minder. Dari orang-orang hebat tersebut kamu bisa belajar hal baru, dan meningkatkan bisnis yang kamu miliki tanpa harus menjatuhkan. Pelajari kelebihan mereka tanpa menjatuhkan.

Strategi Keuntungan

Untuk pertama memulai bisnis beras, kamu tidak disarankan untuk berharap akan keuntungan yang besar. Karena di langkah awal ini kamu mau tidak mau terkadang harus membuang uang untuk promosi, serta masih terbatasnya pembeli sembako yang kamu miliki. Semangat dan jangan menyerah

Itulah langkah-langkah sederhana jika kamu ingin memulai bisnis jual beli beras. Jangan lupa untuk selalu konsisten dan inovatif. Hal itu dilakukan agar bisnis jual beli beras yang kamu jalankan bisa terus bertahan. Selain itu, ikuti perkembangan teknologi terkini karena teknologi tersebut bisa jadi memudahkanmu dalam menjalankan bisnis dan kamu bisa meraup keuntungan yang maksimal. Semoga artikel ini bisa membantu dan menginspirasimu dalam berbisnis.

Jika kamu sudah memiliki keuntungan dar bisnis beras. Kamu juga bisa mulai memanfaatkan pendapatan tersebut untuk membeli investasi reksa dana. Di mana, dengan membeli reksa dana, kamu bisa mendapatkan keuntungan pasif dari dana yang kamu simpan didalamnya.

Ajaib merupakan salah satu platform reksa dana online yang dapat membantu kamu memulai investasi reksa dana, kapan dan di mana saja secara online. Aplikasi ini juga cocok bagi kamu investor pemula, di mana, kamu bisa melakukan konsultasi dengan ahlinya untuk membantu kamu memilih jenis reksa dana sesuai dengan tujuan investasi kamu. Yuk mulai investasi sekarang di reksa dana!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait