Milenial

5 Langkah Mempersiapkan Biaya Liburan untuk Kuliner di Bali

5 Langkah Mempersiapkan Biaya Liburan untuk Kuliner di Bali

Ajaib.co.id – Apa rencanamu setelah Indonesia dinyatakan bebas covid-19? Jika ingin berwisata kuliner di Bali, siapkan biaya liburan sekarang juga. Tujuannya supaya kamu mendapatkan penawaran terbaik.

Bali adalah salah satu pulau terindah di Indonesia. Pantai-pantai di Bali juga menjadi favorit para pelancong dalam dan luar negeri. Hal itu terlihat dari indeks tahunan MasterCard pada 2018, yang menyebutkan bahwa Bali adalah salah satu kota yang paling banyak dikunjungi, yaitu sebesar delapa juta pelancong, Coconuts.co (06/09/2019).

Berdasarkan Global Destination Cities Index pada 2019, Bali menempati ranking ke-19 karena telah disambangi oleh pelancong luar negeri sekitar 8,26 juta di 2018. Di bawah Bali terdapat Hong Kong yang dikunjungi pelancong mancanegara sebesar 8,23 juta.

Bali tidak hanya terkenal dengan alam indahnya. Kuliner Bali sangat digemari pelancong. Kamu bisa menemukan makanan otentik Pulau Dewata yang berbumbu kuning nan kaya rempah dan bercitarasa pedas. Selain itu, ada makanan Bali fusion karena tak sedikit penduduk pulau ini datang dari berbagai suku dan bangsa. Namun semuanya layak dinikmati, kok.

Namun kondisi 2020 sangat berbeda. Pandemi virus corona (covid-19) memukul sektor pariwisata dan transportasi di Indonesia, termasuk Bali. Tak sedikit hotel yang terpaksa tutup atau mengurangi karyawannya, karena sepi pengunjung. Waktu beroperasi transportasi darat, laut, dan udara pun sangat dibatasi. Kegiatan di pusat belanja dan tempat makan juga terbatas.

Kita tak tahu kapan pandemi akan berakhir. Semua orang di seluruh dunia sedang menanti vaksin atau obat penyembuhan covid-19. Namun hal itu tak menghentikan langkah kamu yang memiliki jiwa pelancong, bertemu dengan orang baru, hingga gemar mencicipi kuliner.

Biaya Liburan di Bali

Bagi kamu yang ingin menjual berlibur ke Bali, kenapa tidak mempersiapkannya dari sekarang? Toh, jika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diperpanjang, kamu bisa menjadwal ulang rencana perjalanan. Yuk, mulai mempersiapkan biaya liburan.

1. Jadwal

Karena pandemi masih berlangsung, jadwalkan liburan pada tahun depan. Misal jadwal liburanmu selama enam hari, yaitu 14-19 Januari 2021. Dengan mengatur jadwal jauh-jauh hari kamu bisa mempersiapkan biaya liburan lebih mudah.

2. Transportasi

Ada dua jenis dalam biaya liburan mengenai transportasi. Pertama, transportasi dari kota asal ke Denpasar, Bali, pergi dan pulang (PP). Kedua, transportasi selama di Bali.

Biaya transportasi, misalnya dari Jakarta ke Denpasar dan sebaliknya. Biaya pesawat termurah untuk 14-19 Januari 2021:

  • CGK-DPS = Rp728 ribu
  • DPS-CGK = Rp1,293 juta
    Total = Rp2,021 juta

Biaya transportasi selama di Bali, kamu bisa menyewa mobil, motor, atau mengandalkan ojek daring. Kalau kamu berlibur dengan seorang teman, pilihan transportasi paling murah dan aman yaitu menyewa motor dan biaya dibagi dua. Harga sewa motor bervariasi, hitung saja biaya rata-rata Rp60 ribu x 6 hari = Rp360 ribu. Bensin per hari Rp10 ribu x 6 hari = Rp60 ribu.

3. Penginapan

Penginapan di Bali banyak jenisnya. Pilih pengiriman yang harganya terjangkau, akses ke jalan bandara mudah, dan nyaman. Kamu bisa memesan guest house atau homestay. Biaya per kamar untuk dua tamu dengan fasilitas parkir, WiFi, dan kolam renang paling murah Rp150 ribu. Jika ingin hotel nyaman dan dekat dengan pantai minimal Rp500 ribu. Misal penginapan Rp200 ribu x 6 hari = Rp1,2 juta.

4. Destinasi

Rencanakan ke mana saja kamu akan pergi di Bali. Lalu cari tahu apakah ada tiket masuknya atau tidak. Begitu juga jika kamu ingin mengikuti agro wisata (chocolate atau coffee factory tour).

5. Bekal Selama Melancong

Selama melancong, tak mungkin kamu tidak makan atau minum, kan? Nah, anggarkan sekitar Rp50 ribu per hari untuk bekal makanan dan minuman selama jalan-jalan. Rp50 ribu x 6 hari = Rp300 ribu.

Total pengeluaran adalah:

  • Pesawat Rp2,021 juta
  • Sewa motor Rp360 ribu
  • Bensin Rp60 ribu
  • Penginapan Rp1,2 juta
  • Bekal Rp300 ribu

Total biaya liburan di luar makan sebesar Rp3,941 juta.

Berwisata Kuliner di Bali

Jika tujuanmu ke Bali adalah berwisata kuliner, catat tempat makan yang ingin disambangi. Harus berapa banyak? Semampumu saja. Namun kami merekomendasikan tujuh tempat makan yang menawarkan berbagai menu lezat.

Di bawah ini terdapat daftar tempat makan halal dan non halal. Jadi pilih yang sesuai dirimu.

1. Warung Makan Bu Oki

Buat penggemar makanan beraroma rempah, datang ke Warung Makan Bu Oki. Pesan menu sepiring nasi ayam (nasi, sate lilit, telur, lawar, ayam suwir, ayam goreng, dan ayam kuah) dan seporsi ayam kuah pedas yang kaya rasa. Bumbu masing-masing lauk sangat meresap terutama ayam kuah dan sate lilitnya.

Harganya cukup bersahabat, dua porsi nasi ayam dan dua gelas minuman dibanderol sekitar Rp60 ribu. Warung Makan Bu Oki ada di Jalan Siligita, Raya Nusa Dua Selatan, Nomor 27 dan Jalan Celagi Basur Nomor 3Y, Jimbaran. Buka mulai pukul 08.00-21.00 WIT.

2. Bebek Betutu Pak Rimpin

Sekilas penampilan bebek betutu buatan I Ketut Rimpin biasa saja. Namun setelah dicicipi, bumbu betutu berpadu bebek yang juicy dan sedikit kuah beraroma pada pembungkusnya mampu menambah nafsu makan. Apalagi kalau kamu makan bebeknya pakai nasi hangat, dijamin ingin nambah makan terus.

Yang khas dari Bebek Betutu Pak Rimpin adalah bebek lokal, bumbu rempah-rempahnya, cara memasak yang menggunakan sekam padi, sabut kelapa, dan memerlukan waktu memasak selama 12 jam. Seporsi bebek betutu dihargai kurang dari Rp150 ribu dan bisa dijumpai di Jalan Arjuna Nomor 10, Ubud.

3. Warung Mak Beng

Bagi kamu yang suka makan ikan, datang ke Warung Mak Beng. Menu di sini sangat sederhana, yaitu nasi, ikan goreng, sup ikan kuah kuning, dan sambal pedas beraroma jeruk. Rasa makanan yang sangat menggugah selera ini hanya perlu merogoh kocek Rp55 ribu. Warung Mak Beng buka setiap hari di Jalan Hang Tuah Nomor 45, Sanur.

4. Warung Mami Ikan Bakar

Apakah kamu ingin makan seafood ramah kantong tetapi rasanya tetap enak dan kualitasnya segar? Sambangi Warung Mami Ikan Bakar. Menu favorit pengunjung adalah kerang balado bakar, kakap bakar, dan udang bakar. Dengan modal Rp200 ribu, kamu dan temanmu bisa makan seafood sampai kenyang.

5. Babi Guling Karya Rebo

Ini menu non halal, Babi Guling Karya Rebo. Cukup dengan Rp55 ribu, kamu bisa menikmati nasi babi lengkap dengan babi panggang, babi goreng, kulit babi, sate, sup, dan sambal bawang. Rasa masakan babi di sini sangat gurih meresap. Jika suka dengan rasa gurih agak manis, kamu wajib memesan sate lebih banyak. Babi Guling Karya Rebo ada di Jalan Toyaning Nomor 1, Kedonganan.

6. Toko Kue Bahagia

Kalau pagi ingin makan jajanan pasar, sebaiknya pergi ke Toko Kue Bahagia. Di sini tersedia kudapan khas Bali, jajanan pasar Nusantara, kue jadul, hingga keripik. Berwisata kuliner dengan dana Rp30 ribu sudah memenuhi sarapanmu.

Itulah beberapa tips mempersiapkan biaya liburan kuliner di bali sekaligus lokasi wisata kuliner yang bisa kamu kunjungi selama di Bali. Nah, agar lebih mudah mengumpulkan biaya kuliner, kamu bisa mulai dengan berinvestasi reksa dana ataupun saham di Ajaib.

Dengan Ajaib, kamu bisa memulai investasi kapan dan di mana saja dan bisa disesuaikan dengan tujuan keuangan kamu. Yuk mulai nabung untuk persiapan liburan kamu di tahun depan.

Artikel Terkait