milenial

Kursus Mahal, Ini Cara Belajar Bahasa Inggris Cepat

Penggunaan bahasa Inggris di zaman seperti ini sudah wajib. Pasalnya, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan kamu wajib menguasainya.

Perlu kamu ketahui, bahasa Inggris merupakan bahasa yang berasal dari Britania sejak abad kedelapan. Terbaru, peneliti Harvard University menyebut ada 8.500 kosa kata baru setiap tahunnya.

Banyak sekali kosa kata barunya. Kamu pasti berpikir sulit untuk mempelajarinya kan. Namun tak usah risau, karena ada cara mudah dan cepat untuk belajar bahasa Inggris tanpa perlu ikut bimbingan di tempat-tempat kursus. Berikut cara belajar Bahasa Inggris dengan cepat.

1. Pelajari Kata-Kata Bahasa Inggris Dasar

Sebelum menerapkan kebiasaan berbahasa asing, bahasa Inggris khususnya, baiknya kamu mempelajari dulu kata-kata sederhana yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Seperti kata tunjuk aku, kamu, dia, dan kata-kata lain yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.

2. Menonton Film Berbahasa Inggris

Lalu untuk cara yang selanjutnya ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu tips seru belajar bahasa Inggris. Kamu tentu saja bisa menggunakan kegemaranmu menonton film untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris-mu.

Untuk kamu yang benar–benar masih sangat awam, atau pemula maka kamu bisa memulai dengan menonton film bahasa Inggris dengan subtitle Indonesia. Meskipun dengan subtitle Indonesia kamu juga tetap bisa belajar kok. Caranya seperti ini, silakan dengarkan apa yang dikatakan oleh pemain dalam film tersebut, lalu ingat-ingat beberapa kata dan artinya dulu.

3. Menciptakan Kamus Sendiri

Dari beberapa hal yang telah saya sampaikan di atas, kamu bisa mencoba menuliskan beberapa kosa kata yang menurutmu cukup sulit diingat. Sehingga kamu bisa menuliskan kosa kata berbahasa Inggris tersebut dalam satu buku khusus beserta artinya yang nanti bisa jadi kamus kamu sendiri.

Silakan buat sekreatif dan senyaman mungkin hingga akhirnya bisa membuat kamu lebih suka dan mudah mengingat kosa kata tersebut. Lalu untuk melatih pronunciation-mu, kamu juga bisa berlatih tongue twister mulai dari yang paling simpel dan sederhana. Ini tentu saja akan membantu kamu dalam pengucapan bahasa Inggris dengan baik dan benar.

4. Sering Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris Lalu Tulis liriknya

Di zaman teknologi ini tentu mudah bagi kamu untuk mengunduh lagu berbahasa Inggris. Jika kamu pecinta musik tentu belajar sambil mendengarkan musik sangat menyenangkan bagi kamu.

Dalam tahap ini, kamu tidak hanya sekadar mendengarkan lagunya saja. Namun dengarkanlah baik-baik liriknya lalu catat dalam notes maupun gadget kamu. Setelah lirik lagu selesai kamu tulis, cek lirik tersebut di internet, apakah benar semua atau ada yang salah.

5. Terus Berlatih dan Jangan Menyerah

Untuk langkah berikut ini kamu diharapkan agar terus berlatih dan tidak menyerah. Silakan coba untuk bernyanyi atau berbicara bahasa Inggris, tapi jika kamu memang masih malu-malu untuk melakukannya bersama orang lain, maka kamu bisa memulainya dengan berlatih di depan cermin.

Jika dirasa sudah cukup pede, maka kamu bisa mulai berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris ke teman atau kerabat dekatmu. Dalam tahapan ini kamu harus percaya diri dan tidak perlu takut salah atau pun takut dikatakan sok Inggris. Jika memang ada banyak salahnya itu sudah menjadi hal yang wajar pada saat seseorang belajar sesuatu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait