Bisnis & Kerja Sampingan

KITAS Adalah: Pengertian, Kriteria, dan Cara Membuka Jasa Pengurusannya

kitas-adalah

KITAS adalah kepanjangan dari Kartu Izin Tinggal Terbatas yang sebelumnya bernama KIMS. KIMS sendiri adalah singkatan dari Kartu Ijin Menetap Sementara. Orang-orang yang harus memiliki KITAS yaitu warga negara asing yang bekerja di Indonesia sehingga perlu tinggal dalam beberapa waktu di sini.

KITAS ini semacam resident permit di negara lain dan harus diperpanjang setiap satu tahun sekali. WNA yang ingin mempunyai kartu ini harus mempunyai pekerjaan di Indonesia dan memiliki sponsor dari perusahaan tempatnya bekerja. 

Kategori Warga Negara yang Bisa Memiliki KITAS

Selain pekerja asing yang tinggal di Indonesia, ada beberapa kategori lain yang harus memiliki kartu ini ketika tinggal sementara di Indonesia. Berikut ini daftar orang-orang yang harus memiliki KITAS.

  1. Warga negara asing yang menikah dengan warga negara Indonesia secara sah.
  2. Anak hasil pernikahan warga negara asing dengan warga negara Indonesia secara sah.
  3. Anak yang lahir di Indonesia yang ayah dan/atau ibunya memiliki KITAS.
  4. Warga negara asing yang masuk wilayah Indonesia dengan visa tinggal terbatas atau WNA yang diberikan alih status dari Izin Tinggal kunjungan.
  5. Warga negara asing yang melakukan pekerjaan singkat di Indonesia. 
  6. Nakhoda, awak kapal, atau tenaga ahli asing lainnya yang bekerja di atas kapal laut, alat apung, atau instalasi yang melakukan operasional di wilayah perairan dan wilayah yurisdiksi Indonesia sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Pengurusan KITAS Membutuhkan Banyak Dokumen

KITAS adalah dokumen resmi yang sangat penting dan formal. Oleh karena itu, cara mengurus KITAS pun terbilang rumit karena banyak dokumen yang harus dilampirkan. Belum lagi persyaratan lain pada orang tersebut yang harus terpenuhi semuanya. 

Mengurus KITAS juga harus ke kantor imigrasi yang ada di wilayah domisili warga negara asing tersebut. Tidak seperti visa on arrival yang bisa diurus di kantor imigrasi manapun, KITAS harus diurus di kantor imigrasi domisili masing-masing. 

Setiap kategori dan persyaratan dokumennya berbeda-beda. Misalnya persyaratan KITAS untuk WNA yang bekerja dan WNA yang menikah dengan WNI akan memiliki sedikit perbedaan. Misalnya WNA yang bekerja perlu surat pernyataan dan jaminan dan perusahaan tempatnya bekerja.

Sedangkan untuk WNA yang menikah dengan WNI harus ada buku nikah atau sertifikat nikah. Mengurus KITAS memang cukup rumit jika dilakukan oleh diri sendiri, apalagi memiliki kegiatan yang sibuk setiap harinya.

Membuka Jasa Pengurusan KITAS untuk Cuan yang Menjanjikan

KITAS adalah dokumen yang penting untuk orang-orang di atas tadi, tetapi cara mengurusnya cukup rumit, apalagi yang belum pernah mengurusnya sama sekali. Inilah yang membuat sebagian WNA lebih memilih untuk meminta orang lain yang berpengalaman untuk mengurusnya.

Adanya permintaan yang cukup besar di lapangan membuat munculnya jasa yang melayani pengurusan KITAS dari awal hingga akhir. Penghasilan dari jasa pengurusan KITAS pun cukup menjanjikan karena biasanya tarif yang ditawarkan cukup besar.

Jika kamu pernah atau bahkan berpengalaman dalam mengurus KITAS, membuka jasa pengurusan KITAS bisa menjadi peluang usaha yang bagus. Jika sudah memiliki pekerjaan pun, jasa ini bisa dijadikan usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara Membuka Jasa Pengurusan KITAS yang Dipercayai Klien

Cara membuka jasa pengurusan KITAS ini sebenarnya bisa dengan berbagai cara dan tergantung seberapa besar usaha tersebut ingin kamu kembangkan. Contohnya jika skala usahanya tidak terlalu luas dengan skala usahanya ingin luas butuh cara yang berbeda.

1. Jasa Pengurusan KITAS Skala Kecil

Jika kamu berada di lingkungan pekerjaan yang dekat dengan para imigran, pengenalan jasa mengurus KITAS ini bisa dilakukan dari mulut ke mulut. Promosinya bisa dilakukan oleh diri sendiri atau melalui kerja sama dengan pihak yang berhubungan langsung dengan para imigran.

Contohnya kamu memiliki kenalan seseorang di perusahaan yang memiliki banyak pekerja WNA. Kamu bisa bekerja sama dengan orang itu untuk merekomendasikan kamu kepada WNA yang ingin membuat KITAS. Bahkan lebih bagus jika setiap WNA yang perlu KITAS diarahkan ke jasa kamu.

Jika memiliki koneksi dan kondisi seperti ini, tidak perlu membuat website atau hal semacamnya untuk mendapatkan klien. Namun, kekurangannya skala pasar terbilang kecil karena sumbernya hanya dari kenalan yang bekerja sama denganmu atau dari mulut ke mulut.

2. Jasa Pengurusan KITAS Skala Besar

Jika usaha jasa mengurus KITAS ini ingin menjangkau banyak orang dan dilakukan secara profesional, maka perlu membuat website profesional. Kamu juga perlu meningkatkan SEO di situs pencarian agar orang-orang yang membutuhkan KITAS akan mudah menemukan jasa ini. 

KITAS adalah dokumen yang dibutuhkan oleh banyak orang warga asing, tidak hanya yang bekerja saja. Oleh karena itu, jika jasa mengurus KITAS ini dilakukan secara serius dan profesional, target pasarnya bisa lebih luas dan klien yang didapatkan pun bisa lebih banyak.

Misalnya saja, jika hanya mengandalkan kerja sama dengan beberapa pihak secara offline, maka klien yang didapatkan pun kemungkinan besar hanya dari lingkungan pekerja imigran saja. Sedangkan jika dikelola dengan profesional melalui website, klien yang didapatkan bisa dari berbagai lingkungan.

Namun, jika usahanya ingin menjadi jasa profesional memang membutuhkan strategi yang tepat. Misalnya membuat website profesional, meningkatkan brand awareness, membuat tim profesional, melakukan pemasaran, dan berbagai hal lainnya. Itulah peluang usaha yang bisa kamu kerjakan jika memiliki pengalaman dalam pengurusan KITAS.

KITAS adalah dokumen yang setiap tahunnya pasti ada yang membutuhkan sehingga peluang usahanya pun terus ada. Jika usaha ini berhasil akan sangat menjanjikan untuk menambah penghasilan kamu.

Mulai Investasi di Ajaib Sekuritas Sekarang!

Masa depan kamu tentu akan menjadi lebih terjamin dan aman secara finansial bila kamu berinvestasi bukan? Ajaib Sekuritas hadir untuk memberikan pengalaman investasi yang lebih aman dan tepercaya. Mulai perjalanan investasimu bersama Ajaib Sekuritas sekarang, karena proses pendaftarannya yang mudah dan 100% online, tanpa memerlukan modal yang besar.

Berbagai layanan dan indeks saham juga tersedia dalam rangka mendukung investasimu agar semakin maksimal! Mulai dari saham, reksa dana, margin trading, day trading, dan layanan bagi nasabah premium, Ajaib Prime, bisa kamu temukan di aplikasi Ajaib Sekuritas.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Sekuritas sekarang!

Artikel Terkait