Banking, Perencanaan Keuangan

Keuntungan Cicilan Tanpa Kartu Kredit, Memang Ada?

Keuntungan Cicilan Tanpa Kartu Kredit. Memang Ada?

Keberadaan penyedia cicilan tanpa kartu kredit merupakan indikasi baik bahwa ekonomi mayoritas masyarakat Indonesia tengah berada dalam jalur yang positif. Dengan daya konsumsi yang semakin tinggi, maka tak heran bahwa metode cicilan jenis ini mulai digemari.

Salah satu alasan kenapa metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit mulai digemari adalah karena metode ini ‘menghilangkan’ risiko bunga yang besar dan memberikan ketenangan yang lebih besar daripada cicilan dengan kartu kredit.

Nah, cicilan jenis ini sebenarnya juga memiliki beberapa faktor yang harus diperhatikan. Penasaran apa saja faktornya?

Cicilan tanpa kartu kredit tetaplah sebuah pengeluaran

Terlepas dari metode cicilan yang mempermudah penggunanya, namun tak dapat dipungkiri metode ini juga merupakan sebuah pengeluaran yang bisa memengaruhi keuanganmu.

Sebelum terjun ke metode yang satu ini, penting untuk memahami lebih dahulu kesehatan keuangan kamu, kebutuhan kamu, serta penyedia jasa pinjaman mana yang sesuai dengan kedua faktor tersebut.

Membantu Memenuhi Kebutuhan Darurat

Selain untuk memenuhi hobi, kebanyakan orang memilih metode cicilan ini karena ada kebutuhan yang tidak terelakkan, semisal membeli obat yang on-demand-nya tinggi.

Nah, metode cicilan tanpa kartu ini tentunya bisa membantu kamu untuk kebutuhan yang satu ini, karena kamu bisa lebih tenang untuk melakukan pembayaran kedepannya. 

Bantu Melacak Perginya Uang

Masih berkaitan dengan faktor yang pertama, keberadaan cicilan ini tentunya bisa menyadarkan kamu terkait aliran uang kamu selama ini. Sistem yang lebih transparan mempermudah kamu untuk mengetahui alokasi dana bulanan atau mingguan kamu.

Cicilan tanpa kartu kredit sangat fleksibel

Salah satu keuntungan dari cicilan tanpa kartu kredit adalah kamu bisa membeli sebuah produk dengan harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan membelinya langsung. Dan biasanya periode pelunasan cicilan ini sangat fleksibel, tergantung dari penyedia jasa pinjaman yang kamu pilih.

Selain itu, sebelum kamu memutuskan untuk membeli barang dengan cicilan, pastikan kamu memilih program cicilan sesuai kemampuanmu. Perhatikan juga suku bunga juga jangka waktu cicilan, apakah 30 hari, 6 bulan, atau 12 bulan.

Baik cicilan tanpa atau dengan kartu kredit berlandaskan pada satu hal yang sama: yaitu kemampuan manajemen keuangan yang mumpuni. Tanpa hal ini, mau seberapa besar cicilan ataupun seberapa besar kemampuan finansialmu, pada akhirnya jika tidak didukung dengan manajemen uang yang baik, kamu pada akhirnya akan tetap kesulitan.

Itulah kenapa, selain memilih penyedia jasa cicilan yang kredibel, kamu juga harus mulai memperkaya diri dengan tips-tips manajemen keuangan yang baik dan sehat. Kombinasi kedua hal ini kelak bukan hanya akan membantu kamu dalam melakukan pelunasan terhadap cicilan, namun juga memancing diri kamu untuk melek finansial dalam bentuk yang lebih besar, termasuk terlibat dalam dunia investasi, apapun bentuknya.

Bacaan menarik lainnya:

Sirri, E. R., & Tufano, P. (1998). Costly search and mutual fund flows. Journal of finance, 1589-1622.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait