Dunia Kerja

Kerja di Bidang Keuangan? Ini Loh Tugas Account Officer

Ajaib.co.id – Dalam suatu pekerjaan, terutama di bidang keuangan pasti ada yang namanya Accounting Officer dan Account Officer. Penyebutannya hampir mirip bukan? Tapi keduanya punya tugas dan tanggung jawab yang berbeda.

Jabatan Account Officer umumnya hanya terdapat pada perusahaan yang bergerak di sektor finansial, seperti bank, koperasi, leasing, dan lembaga keuangan lainnya. Penyebutan di tiap-tiap perusahaan pun berbeda-beda, ada yang menyebutnya dengan Account Officer (AO) atau Account Executive (AE).

Bagi kamu yang lulusan fakultas ekonomi atau manajemen dan tertarik bekerja di perusahaan finansial, harus tahu apa saja tugas Account Officer. Meskipun banyak jabatan lain, tetapi yang akan dibahas dalam artikel ini mengulas tentang tugas dan tanggung jawab dari AO.

Apa Itu Account Officer?

Dalam bahasa Inggris istilah Account Officer berarti account = akun (nasabah/klien), sementara officer = petugas. Jadi, Account Officer adalah seseorang atau petugas yang sehari-seharinya mengurusi berbagai hal yang berhubungan dengan klien.

Karena keberadaan klien itu sangat penting bagi perusahaan finansial dan perbankan, maka hampir di setiap bank atau perusahaan keuangan lainnya terdapat jabatan yang satu ini. ada beberapa jenis Account Officer dalam dunia keuangan atau perbankan, yaitu:

·        Account Officer Micro

·        Account Officer SME

·        Account Officer Secured Loan

·        Account Officer Financial Services

·        Account Officer Kredit

Namun, pada dasarnya kelima tugas Account Officer tersebut sama, hanya saja berbeda dari segi produk yang mereka pasarkan. Misalnya, Account Officer Micro prioritas produk yang dipasarkan berupa kredit usaha mikro.

Tugas Account Officer

Banyak orang yang menganggap kalau petugas Account Officer itu seperti halnya sales atau marketing. Memang itu tidak salah, tetapi tugasnya tidak sepenuhnya kepada penjualan, meskipun terdapat beberapa tugas dan tanggung jawab yang sama.

Supaya kamu lebih paham, berikut ini akan dibahas secara singkat tugas Account Officer:

1.    Mengenalkan Produk ke Klien/Konsumen

Tugas utama dari seorang Account Officer yaitu memperkenalkan produk perusahaan kepada klien atau konsumen. Biasanya produk yang dikenalkan berupa jasa, seperti produk kredit, KPR, deposito, dan sebagainya yang masih berkaitan dengan keuangan.

Untuk mengenalkan produknya bisa dilakukan dimana saja tergantung situasi dan kebutuhan, bisa di kantor, mendatangi klien secara langsung, atau lewat pameran.

Selain itu, Account Officer juga harus mampu menerangkan dengan baik mengenai produk-produk yang ditawarkan sampai calon klien memahaminya dengan jelas. Jika terjadi kesalahpahaman, Account Officer harus mempertanggung jawabkan pekerjaannya kepada atasan. Apabila ini terjadi, risikonya sangat besar dengan kemungkinan sampai pemutusan hubungan kerja.

2.    Follow Up atau Menjaga Hubungan Baik dengan Klien/Konsumen

Selain memperkenalkan dan memahami produk perusahaan, tugas Account Officer lainnya adalah menjalin hubungan baik terhadap klien baru ataupun yang sudah menjadi klien. Ada berbagai cara untuk menjaga hubungan tersebut, bisa melalui telepon atau video call, dan bisa juga mendatangi langsung rumah klien walaupun hanya sekedar mengetahui kabarnya.

Kenapa hal ini penting? Jika satu orang klien memiliki relasi yang luas, kemungkinan kamu akan mendapatkan calon klien yang lebih banyak. Biasanya klien yang sudah kenal dengan Account Officer-nya dan tepercaya, maka mereka tidak akan segan mereferensikan saudara atau rekan-rekannya untuk menggunakan jasa keuangan kepada Account Officer yang sudah mereka kenal.

3.    Berkoordinasi dengan Marketing Dalam Hal Pemasaran

Apabila diperlukan, seorang Account Officer harus berkoordinasi dengan divisi marketing dalam membuat perencanaan usaha dan pemasaran. Hal ini dilakukan untuk mempermudah Account Officer dalam bekerja sehingga lebih efektif dan efisien.

4.    Mampu Memberikan Solusi Jika Klien/Konsumen Mengalami Masalah

Seorang Account Officer harus dapat memberikan solusi terbaik terhadap klien yang bermasalah, baik itu saat pengajuan, pembayaran hingga pelunasan. Tentu saja solusi yang diberikan harus menguntungkan perusahaan dan tidak merugikan konsumen. Maka dari itu, Account Officer harus memiliki gaya bicara yang persuasif dan sabar dalam menghadapi klien yang bermasalah.

5.    Melakukan Analisa Kelayakan Dari Klien/Konsumen

Selanjutnya Account Officer akan bertugas melakukan analisa kelayakan dari calon klien yang sedang pengajuan kredit. Hal ini bertujuan supaya klien yang diberikan kredit ke depannya tidak berpotensi menjadi bermasalah dalam hal pembayaran.

6.    Membuat Laporan Mingguan atau Bulanan

Terakhir, tugas Account Officer yaitu membuat laporan kerja atau analisa secara mingguan atau bulanan mengenai klien yang ditanganinya. Sekedar informasi, dalam satu perusahaan umumnya seorang Account Officer punya wilayah kerja berbeda-beda.

Contohnya, jika dalam satu kota terbagi jadi empat region, biasanya ada empat staff Account Officer yang ditugaskan menangani permasalahan di regionalnya masing-masing.

Keahlian Khusus Account Officer

Sebagai salah satu garda terdepan perusahaan keuangan atau perbankan, tanggung jawab dan tugas Account Officer bisa dibilang sangat berat. Risikonya pun besar, terlebih lagi jika sudah menghadapi keluhan dari klien yang jadi tanggung jawabnya.

Sementara kualifikasi untuk menjadi seorang account officer, secara umum perusahaan akan meminta syarat minimal pendidikan D3 dari segala jurusan, dan jika punya pengalaman di bidang yang sama tentu akan sangat membantu. Tamatan SMA pun bisa melamar pekerjaan ini apabila memiliki pengalaman yang cukup sebagai Account Officer.

Kemudian, seorang Account Officer harus punya keahlian dalam hal berkomunikasi dan mampu membina hubungan baik, lebih bagus lagi jika kamu punya jaringan yang luas untuk mendapatkan klien. Kamu juga dituntut untuk mampu bekerja di bawah tekanan dan target.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait