Banking

Kenalan Yuk dengan Kartu Debit Jenius BTPN dan Manfaatnya

jenius btpn

Ajaib.co.id – Apakah kamu pernah mendengar kartu debit Jenius BTPN sebelumnya? Jika belum pernah, kartu debit Jenius adalah salah satu tabungan yang diluncurkan oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN). Pada awal peluncurannya di pertengahan 2016, banyak dari generasi milenial yang mengira bahwa Jenius adalah sebuah nama produk fintech dari salah satu startup di Indonesia.

Mungkin kamu masih ada yang beranggapan bahwa kartu debit Jenius yang diluncurkan oleh Bank BTPN, tidak ada bedanya dibanding dengan jenis tabungan-tabungan lainnya yang dikeluarkan oleh bank-bank lainnya seperti BCA Xpresi, BNI Taplus Muda, BritAma, dll. Namun, hal tersebut tidaklah benar melainkan kartu debit Jenius memiliki perbedaan yang mencolok yakni kamu hanya butuh satu kartu debit saja untuk mengakomodir kebutuhan keuanganmu.

Tentu saja, hal ini berbeda dengan jenis tabungan-tabungan lainnya. Yang mana, kegunaan setiap kartu debit dari bank-bank lainnya diperuntukkan untuk kebutuhan finansial yang berbeda-beda. Sehingga boleh dianggap bahwa kartu debit Jenius memiliki kegunaan yang bersifat all in one. Dengan satu kartu saja, kebutuhan finansialmu bisa diakomodir dengan layanan tabungan Jenius BTPN.

Cara Membuka Rekening Tabungan Jenius BTPN

Bila kamu ingin membuka rekening di Tabungan Jenius BTPN, kamu bisa melakukan pendaftarannya secara online melalui aplikasi Jenius. Berikut langkah-langkahnya antara lain:

  1. Kamu bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasi Jenius melalui Google Play Store atau App Store di ponsel pintar milikmu.
  2. Buka aplikasi Jenius, kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan email aktif dan nomor telepon, lalu klik Lanjut.
  3. Setelahnya, kamu akan diminta untuk melakukan upload foto e-KTP, lalu klik Lanjut.
  4. Kamu akan diminta untuk mengisi nama untuk dicetak di kartu debit Jenius milikmu dan klik Lanjut.
  5. Kemudian, kamu perlu memasukkan 6 digit pin angka, lalu klik Lanjut.
  6. Muncul tampilan yang menunjukkan bahwa akunmu belum aktif, kemudian untuk mengaktifkannya kamu bisa klik Aktivasi Sekarang.
  7. Tahapan aktivasi akun Jenius milikmu tersebut hampir selesai.
  8. Selanjutnya, kamu perlu melakukan verifikasi akun dengan melakukan Video Call dengan petugas Jenius, jika sudah kamu akan diminta untuk datang langsung ke booth Jenius atau kantor cabang bank BTPN terdekat dari domisilimu guna menyelesaikan proses aktivasi akunmu.

Fitur-fitur yang Bisa Kamu Peroleh Sebagai Nasabah Jenius BTPN

Ketika kamu sudah menjadi nasabah Jenius BTPN, kamu akan mendapatkan kemudahan dalam mengelola kebutuhan finansialmu di antaranya:

  • Di aplikasi Jenius bisa digunakan untuk pembayaran digital, dan di aplikasi ini kamu bisa melakukan top up ke 10 e-Wallet milikmu.
  • Kamu bisa menabung uangmu di Jenius dengan fitur Dream Saver dengan tujuan investasi yang ditentukan oleh kamu sendiri, serta ingin menabung secara harian, mingguan, atau bulanan. Selain itu, kamu bisa mengatur besaran uang yang ingin ditabung dengan mengatur tanggal atau batas akhir dari aktivitas menabungmu tersebut. Fitur Dream Saver ini tanpa adanya minimal setoran awal dan bisa ditarik kapanpun dengan bunga 5% per tahun.
  • Jenius juga memiliki fitur seperti e-Statement, historis transaksi, atau kamu bisa melalukan pemblokiran dari kartu debit Jenius milikmu melalui aplikasi.
  • Kemudahan akses ketika kamu ingin mengirimkan file atau bukti transaksimu melalui aplikasi Jenius ke berbagai aplikasi chatting seperti Whatsapp.
  • Kamu juga bisa mendapatkan limit kredit sebagai nasabah Jenius.

Itulah beberapa fitur-fitur unggulan dari Jenius BTPN yang bisa kamu peroleh sebagai pemilik kartu debit Jenius.

Jenis-jenis Kartu Debit Jenius

Untuk jenis kartu yang bisa kamu miliki, ada tiga jenis kartu debit Jenius yakni:

  • Main Debit Card, kamu bisa menggunakan kartu ini untuk menarik uangmu secara tunai dari Visa atau PRIMA/ATM Bersama di Indonesia. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan kartu debit Jenius ini untuk melakukan transaksi secara online dan offline di seluruh penjuru dunia. Sebab, kartu debit Jenius ini sudah mendukung pertukaran dengan valas seperti JPY, USD, dan SGD.
  • Virtual Debit Card, kamu bisa menggunakan kartu debit ini untuk pembelian atau transaksi online di Google Play Store dan App Store, layanan streaming musik, dan merchant-merchant lainnnya yang bermitra dengan Visa.
  • Additional Debit Cards, kartu debit ini bisa dikatakan sebagai kartu tambahan bagi kamu yang memiliki kebutuhan finansial lainnya seperti transportasi, makan, atau berbelanja.

Jenis Tabungan Jenius

Bagi kamu yang ingin membuka rekening tabungan di Jenius, kamu akan diberikan pilihan ingin memilih jenis tabungan seperti Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver. Biaya-biaya yang umumnya dikenakan kepada nasabah saat membuka rekening tabungan di bank, tidak dikenakan atau digratiskan kepada para nasabah Jenius antara lain:

  • Biaya administrasi bulanan
  • Biaya penutupan rekening
  • Biaya pembukaan rekening
  • Setoran awal
  • Biaya akun yang dikenakan jika tidak ada transaksi di bawah 6 bulan
  • Tidak ada minimum saldo bulanan yang mengendap
  • Kamu juga bisa memperoleh bunga sebesar 1% per tahun , untuk saldo yang aktif namun setiap jenis tabungan Jenius berbeda-beda dari segi tingkat bunga yang diberikan.  Ketiga jenis tabungan Jenius yang ditawarkan kepada kamu layaknya seperti simpanan deposito.

Jadi, jika kamu memilih untuk membuka tabungan Jenius Flexi Saver dan Dream Saver, kamu akan memperoleh tingkat bunga sebesar 5% per tahun tanpa adanya setoran awal, sedangkan Maxi Saver sebesar 5,75% per tahun namun kamu perlu setoran awal yakni sebesar Rp10.000.000.

Bagaimana Jika Dibanding Potensi Return Reksa Dana di Ajaib?

Tingkat return tabungan Jenius hanya berkisar di angka 5% – 6% saja per tahun, jika kamu bandingkan dengan potensi return dari produk reksa dana di Ajaib, Misalnya saja kamu memilih produk reksa dana: Kresna Dana Obligasi dengan minimal setoran Rp100.000 yang bisa disetorkan secara rutin setiap bulannya, kamu bisa memiliki potensi keuntungan dari hasil investasi reksa danamu hingga 10,85% per tahun. Apalagi jika melihat historis dari tingkat inflasi di Indonesia rata-rata mencapai 5% per tahunnya. Tentu saja, keuntungan yang kamu dapatkan dari kegiatan menabung di tabungan Jenius tersebut setiap tahunnya akan semakin kecil saja. Oleh sebab itu, kamu disarankan memilih produk investasi yang memiliki tingkat pengembalian yang lebih tinggi dibanding laju inflasi, salah satu produk investasi yang bisa dipertimbangkan adalah reksa dana.

Demikianlah serba-serbi dari Tabungan Jenius BTPN yang bisa Ajaib jelaskan, selain dapat digunakan sebagai kartu debit, ternyata bagi kamu pengguna aplikasi Jenius juga bisa digunakan untuk membantu urusan-urusan finansialmu lainnya, tak terkecuali, membagi pos keuanganmu untuk berinvestasi sebesar 10% dari penghasilan bulananmu setiap bulannya.

Bacaan menarik lainnya:

Hasibuan, S.P. Melayu. (2007). Dasar-dasar Perbankan. Jakarta : Bumi Aksara


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait