Kemudahan Bayar Pajak Kendaraan Online Bagi Karyawan

bayar pajak kendaraan online
bayar pajak kendaraan online

Suatu perusahaan tentunya melibatkan banyak karyawan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Dengan banyaknya beban pekerjaan, seringkali membuat para karyawan sulit untuk mengajukan cuti, termasuk dengan bayar pajak kendaraan online.

Para karyawan sebenarnya membutuhkan waktu setidaknya satu hari bayar pajak kendaraan online. Namun, saat ini pengurusan pajak kendaraan bermotor cukup mudah dan praktis.

Pelayanan bayar pajak kendaraan sudah bisa dilakukan secara online. Layanan bayar pajak kendaraan online melalui SAMSAT sangat memudahkan para karyawan di perusahaan, sehingga tidak perlu lagi mengajukan cuti.

Dibandingkan menggunakan jasa calo, kemudahan bayar pajak kendaraan online melalui SAMSAT Online memang harus dinikmati.

Apa Itu Pajak Online?

Pajak online merupakan sistem elektronik yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) atau pihak yang ditunjuk oleh DJP, dan digunakan Wajib Pajak untuk melakukan transaksi.

Penjelasan tersebut sudah tertulis di dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-42/PJ/2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online.

Sebelum Pemerintah memperkenalkan metode pembayaran pajak online melalui sistem e-Billing, Wajib Pajak sudah bisa bayar pajak kendaraan online melalui ATM pada 2013.

Namun, jenis pajak yang bisa dibayarkan hanya terbatas pada Pajak Penghasilan (PPh) saja. Lalu, Pemerintah baru memperkenalkan sistem e-Billing untuk bayar pajak kendaraan online setelah adanya sejumlah dasar hukum, yakni:

  • PMK-242/PMK03/2014 tentang Tata Cara Pembayaran dan Penyetoran Pajak.
  • PMK-32/PMK05 tentang Sistem Penerimaan Negara dengan Sistem Elektronik.
  • Per-PJ/2014 tentang Sistem Pembayaran Pajak dengan Elektronik.

Seiring berjalannya waktu, Pemerintah mulai mengembangkan aplikasi e-Billing, yakni SSE1 Pajak, SSE2 Pajak, dan SSE3 Pajak.

Kehadiran sistem tersebut memiliki berbagai keuntungan dibandingkan sistem pembayaran pajak secara online sebelumnya.

Melalui SAMSAT Online

SAMSAT Online telah menyediakan berbagai layanan pembayaran pajak secara online, yaitu :

  • Kendaraan bermotor dalam pengesahan STNK satu tahun.
  • Dalam kondisi tidak mengganti STNK.
  • Kondisi disertai dengan BPKB, KTP pemilik asli, dan STNK.
  • Kendaraan bermotor dalam keadaan tidak terlambat lebih dari satu tahun.
  • Tidak hilang atau rusak, lapor jual, kecelakaan, dan kriminal.

Manfaat Membayar Secara Online

SAMSAT Online bisa membantu untuk menyajikan data yang lebih akurat. Sehingga, bisa dilihat realisasi dan penerimaan per UPT PPD nya.

Sementara untuk Wajib Pajak, SAMSAT Online ­dapat memudahkan dalam pembayaran pajak. Hal ini bisa dilakukan di Kantor SAMSAT di mana pun selagi masih dalam satu Provinsi.

Dengan begitu, karyawan yang tidak memiliki waktu bisa memilih Kantor SAMSAT terdekat dengan lokasi perusahaannya.

Daftar Provinsi

  • Jawa Tengah, kamu bisa mengakses http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/.
  • Provinsi Jawa Timur, kamu bisa mengakses https://esamsat.jatimprov.go.id/.
  • Jawa Barat, kamu bisa mengakses https://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/.
  • DKI Jakarta, kamu bisa mengakses http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/.

Sistem dalam membayar pajak secara online sangat memudahkan masyarakat dan dapat menghindari calo. Kini pengecekan info dan pembayaran secara online sudah bisa dilakukan melalui aplikasi e-SAMSAT milik Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait