Dunia Kerja

Kebiasaan Orang Sukses dan Kaya Ini Bisa Membawa Efek Besar

Ajaib.co.id – Menjadi orang sukses bisa dikatakan impian semua orang. Namun demikian, tidak banyak yang menyadari bahwa pribadi sukses dengan harta kekayaan berlimpah, bisa muncul dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang dilakukan secara rutin.

Kebiasaan yang telah menjadi kepribadian ini, akan membuka lebih banyak peluang bagus bagi seseorang, sehingga pada akhirnya, jalan kesuksesan pun berada di depan mata.

Jadi, apa saja kebiasaan kecil orang kaya yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kualitas hidupmu? Ajaib akan membahasnya satu per satu berikut ini.

Bangun Lebih Pagi

Mungkin terdengar klise, bahkan kita sering mendengar istilah “rezeki dipatok ayam” jika sampai seseorang terbangun kesiangan. Apalagi, tentunya tidak semua orang adalah morning person, atau orang yang langsung bersemangat di pagi hari.

Banyak yang moody dan ogah-ogahan meninggalkan tempat tidur, hingga alarm harus menjerit berkali-kali sampai bisa membuatnya angkat kaki dari tempat tidur. Akhirnya, kamu bangun mepet-mepet waktu berangkat kerja dan terpaksa mempersiapkan semuanya dengan terburu-buru.

Padahal, orang sukses memiliki kebiasaan bangun pagi dan terbiasa menikmati pagi hari dengan santai. Tentunya, dengan bangun lebih pagi juga menambah waktu produktif di dalam keseharian mereka dengan bangun lebih pagi.

Misalnya saja, kamu biasa bangun jam 7 pagi. Hanya dengan menambah 1-2 jam di pagi hari, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan:

  • Berolahraga.
  • Merencanakan hari ini dengan lebih baik dan seksama.
  • Sarapan sehat.
  • Membaca buku dll.

Belum lagi, semakin pagi kamu terbangun, semakin segar juga udara yang kamu hirup. Hal ini bisa berpengaruh pada kondisi otak dan tubuh yang merasa lebih fresh.

Banyak orang yang lebih memilih membuat rencana atau menyisakan pekerjaan untuk malam hari, Padahal, hal itu kurang efektif, karena tubuh sudah dalam keadaan lelah setelah bekerja seharian.

Oleh karena itu, sebaiknya kurangi waktu-waktu kurang efektif di malam hari, dan istirahatlah. Lalu bangun lebih cepat untuk melakukan hal-hal bermanfaat di pagi hari, seperti misalnya menetapkan target dan merencanakan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai target, seperti yang orang sukses dan kaya lakukan.

Rajin Membaca Setiap Hari

Saat ini dengan perkembangan internet, bisa dikatakan bahwa komunikasi audio visual lebih menguasai sumber informasi bagi sebagian besar orang ketimbang membaca buku. Padahal, membaca adalah kebiasaan yang tidak pernah ditinggalkan orang sukses dan kaya. Sebut saja Elon Musk, Bill Gates, Oprah Winfrey dan lain sebagainya. Mereka memiliki kegemaran membaca, bahkan mampu membaca puluhan buku dalam satu bulan.

Hal ini dikarenakan, membaca mendekatkan kamu dengan kesuksesan. Membaca membuat pikiran dan otak selalu terstimuli. Membaca bagi otak seperti olah raga bagi tubuh. Orang-orang yang banyak membaca, juga menjauhkan dari pikun dan alzhaimer.

Dr. C. Edward Coffey, seorang peneliti dari Henry Ford Health system berhasil membuktikan hal tersebut. Dengan membaca, dapat menstimuli pertumbuhan dendrit, salah satu komponen dari neuron (sel saraf otak), sehingga memperkuat otak dan menangkal dari penyakit otak.

Selain itu, tentu saja kebiasaan membaca juga berkaitan dengan sikap mental yang harus dimiliki oleh orang sukses dan kaya. Yakni, selalu terus belajar, dan tidak pernah merasa paling tahu segalanya. Dengan demikian, kekayaan intelektual terus bertambah, dan mengasah seseorang untuk bisa melihat peluang dan risiko dalam berbagai perspektif saat mengembangkan bisnisnya.

Menulis Kreatif

Ada banyak sekali orang sukses dan kaya, yang juga menjadi penulis buku. Tentu dari sana kita bisa menarik kesimpulan, bukan hanya membaca, menulis pun sama pentingnya. Karena, dengan menulis kreatif ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

– Mendapatkan inspirasi.

– Mendapatkan gambaran cemerlang tentang rencana dan tujuan.

– Mengembangkan kepercayaan diri yang kamu butuhkan untuk sukses.

Dengan menulis kreatif kamu bisa melihat jejak perjalananmu selama ini. Kamu juga bisa melihat sejauh mana kamu sudah melakukan yang seharusnya, atau menemukan cara-cara baru untuk mencapai tujuan.

Jika belum pernah melakukannya, mulai menulis mungkin sulit. Padahal, jika sudah dimulai, berbagai ide dan inspirasi baru akan terbuka saat kamu sedang menulis.

Sisihkan waktu untuk menulis tentang hidup dan tujuan-tujuan kamu untuk sukses secara finansial setiap hari. Lakukan dengan rutin, hal ini juga akan melatih disiplin dan sikap mental kamu. Hal-hal yang bisa kamu tulis antara lain:

– Hal-hal yang kamu syukuri hari ini

– Hal-hal yang akan kamu lakukan esok hari

– Pencapaian yang sudah kamu raih sejauh ini

– Rintangan yang sudah berhasil kamu hadapi

– Pelajaran yang kamu dapatkan hari ini

– Goal-goal baru serta cara-cara baru untuk mencapai tujuan

Olahraga Secara Konsisten

Semua tahu manfaat dari olahraga yang bisa menyehatkan dan membuat tubuh bugar, tapi tidak semua orang menyempatkan waktu untuk melakukannya. Padahal, ada kaitan erat antara kesehatan dan kesuksesan.

Faktanya, orang yang memiliki tubuh sehat, dapat menyelesaikan pekerjaan lebih banyak jika dibandingkan mereka yang rentan. Selain itu, gagasan-gagasan kreatif juga bisa terstimuli lebih baik dalam kondisi fisik yang baik.

Bukan saja kamu akan merasa lebih baik, pastinya kamu juga bisa tampil lebih baik dan percaya diri dengan tubuh yang sehat. Kepercayaan diri yang memancar dari diri seseorang, akan membuat jalan kesuksesan lebih mudah diperoleh, karena self-esteem membuatmu lebih diperhatikan.

Dengan kata lain: kamu bisa lebih mudah mendapatkan apa yang kamu inginkan, karena kesuksesan membutuhkan keyakinan diri, keteguhan dan ambisi. Semuanya itu, harus didukung oleh tubuh yang sehat.

Meditasi Harian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa meditasi selama 20 menit sehari dapat mengurangi stres, menambah daya ingat dan memperkuat kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving). Hal ini tentu penting bagi orang-orang sukses dan kaya, karena banyaknya urusan dan masalah yang biasa dihadapi oleh mereka.

Tentunya, meditasi harus dilakukan dengan benar. Ada beberapa cara meditasi yang tepat dilakukan sesuai anjuran ahlinya. Apakah meditasi tersebut untuk menenangkan pikiran, mengatasi emosi di masa lalu, menyingkirkan mental block dan lain sebagainya.

Itulah beberapa aktivitas yang menjadi kebiasaan orang sukses dan kaya di dunia. Sekilas, hal tersebut bisa jadi terlihat biasa-biasa saja, padahal bisa memberikan efek yang luar biasa.

Jadi, jangan hanya mempelajari sikap atau prinsip orang-orang sukses saja, lakukan juga kebiasaan kecil berupa aktivitas harian ini secara rutin dan kamu pasti akan merasakan perubahan yang membawa banyak manfaat dalam upaya kamu mengejar kesuksesan.

Bacaan menarik lainnya:

Schein, E.H. (2010). Organizational Culture and Leadership. 4th Edition, San Francisco: John Wiley & Sons.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait