Dunia Kerja

Para Fresh Graduate Merapat! Ini Cara Efektif Mempromosikan Diri di Jobstreet

jobstreet

Bagi kamu fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, pasti sudah tidak asing dengan platform pencari kerja Jobstreet. Di platform ini kamu bisa mencari kerja di berbagai perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

Namun, sebelum membahas Jobstreet, Ajaib akan mengawalinya dengan apa yang dibutuhkan fresh graduate sebagai pencari kerja.

Bagi kamu fresh graduate, mencari pekerjaan bukanlah perkara mudah. Kamu harus menyiapkan berkas lamaran kerja dari jauh-jauh hari sebelum mengajukan lamaran. Menyiapkan beberapa persyaratan lamaran kerja memang membutuhkan waktu.

Persyaratan lamaran kerja adalah berkas dari pelamar kerja untuk perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan pada posisi tertentu.

Berkas lamaran kerja yang lengkap akan memudahkan HRD dalam menyeleksi calon pegawai baru. Apabila sesuai kriteria yang diinginkan perusahaan, pelamar akan lebih cepat mendapat panggilan untuk memasuki tahap selanjutnya seperti wawancara kerja.

Berkas lamaran kerja yang diminta oleh setiap perusahaan bisa berbeda. Perbedaan persyaratan lamaran kerja juga sering terjadi untuk posisi pekerjaan yang dituju

Lalu apa saja persyaratan lamaran kerja yang perlu disiapkan ?

Persyaratan Lamaran Kerja

1. Curiculum Vitae atau CV

Pertama, persyaratan lamaran kerja yang harus disiapkan ketika akan melamar pekerjaan adalah CV atau daftar Riwayat hidup.

CV adalah dokumen yang berisi informasi data diri pelamar, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman magang, pengalaman organisasi, keahlian, pelatihan atau sertifikasi yang pernah diikuti, kontak yang bisa dihubungi.

CV adalah salah satu persyaratan lamaran kerja yang pasti diminta perusahaan. Oleh karena itu, pelamar harus menyiapkan CV semenarik mungkin. Namun, sebaiknya CV dibuat secara ringkas agar HRD lebih mudah mengenal calon pelamar kerja.

2. Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah persyaratan lamaran kerja yang tidak kalah penting. Dokumen ini berfungsi untuk perkenalan singkat dan menjelaskan minat pelamar terhadap posisi yang sedang dibuka perusahaan.

Surat lamaran kerja harus ditulis menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Karena surat lamaran kerja adalah surat resmi yang dibuat oleh pelamar kerja yang ditujukan kepada pimpinan atau HRD.

Penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar bisa menjadi pertimbangan bagi HRD untuk memanggil pelamar kerja ke tahap selanjutnya.

3. Portofolio Kerja

Portofolio kerja dijadikan persyaratan lamaran kerja bagi pelamar yang sudah berpengalaman. Portofolio bisa berupa tulisan, desain, gambar atau dokumen lain yang berisi riwayat pekerjaan, pencapaian dan kumpulan hasil karya dalam bidang tertentu.

Portofolio ini menunjukan kemampuan pelamar kerja apakah sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. Oleh karena itu, portofolio harus dilampirkan sebagai syarat lamaran kerja.

4. Ijazah dan transkip nilai

Kedua dokumen ini menjadi bukti bahwa pelamar kerja memang telah menempuh pendidikan formal sebagaimana yang ditulis didalam CV atau surat lamaran kerja.

Namun perusahaan biasanya meminta dokumen fotokopi ijazah dan transkip nilai pendidikan terakhir saja. Kedua berkas lamaran kerja ini terkadang diminta dilegalisir tergantung kebijakan perusahaan.

5. Identitas diri

Identitas diri yang biasanya menjadi persyaratan lamaran kerja biasanya berupa fotokopi KTP dan kartu keluarga sebanyak satu atau beberapa lembar sesuai kebutuhan perusahaan.

Namun perlu diingat, kamu hanya perlu melampirkan fotokopi KTP dan KK apabila diminta perusahaan. Jika perusahaan tidak mensyaratkan berkas ini, maka tidak perlu dilampirkan.

6. Pas foto terbaru

Ukuran pas foto lamaran kerja paling umum adalah 3×4 dan 4×6. Jadi, siapkan beberapa foto dengan latar biru atau merah sesuai kebutuhan.

7. Surat referensi kerja dan sertifikat keahlian

Kedua berkas persyaratan lamaran kerja ini biasanya diminta untuk pelamar kerja yang sudah berpengalaman atau posisi yang membutuhkan keahlian khusus.

Kedua berkas ini sangat membantu memperbesar peluang pelamar kerja untuk bisa diterima oleh perusahaan. Apalagi jika sejalan dengan posisi yang dilamar.

8. Surat keterangan catatan kepolisian

Surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK adalah surat yang membuktikan bahwa seseorang tidak pernah melakukan tindakan kejahatan atau kriminal.

Beberapa perusahaan terkadang mensyaratkan SKCK untuk memastikan bahwa kandidatnya berperilaku baik dan tidak punya riwayat kejahatan. Dokumen SKCK ini harus yang masih berlaku karena masa berlaku SKCK hanya 6 bulan.

Kamu bisa membuat SKCK di kantor kepolisian terdekat atau secara online di website SKCK online Polri dengan melampirkan beberapa dokumen persyaratan.

9. Surat keterangan sehat

Surat ini biasanya dibutuhkan pada beberapa tahap proses rekrutmen calon pegawai. Namun hal ini tergantung dari perusahaan tersebut sehingga bersifat opsional. Karena ada juga perusahaan yang tidak mewajibkan surat keterangan sehat sebagai persyaratan lamaran kerja.

Nah itulah beberapa persyaratan lamaran kerja yang umum diminta oleh perusahaan. Calon pelamar kerja bisa menyiapkan berkas-berkas lamaran kerja dalam bentuk hard copy atau soft file.

Cara Promosi Diri di Jobstreet

Salah satu platform untuk melamar kerja adalah melalui Jobstreet. Kamu bisa melihat beberapa informasi lowongan pekerjaan yang kamu butuhkan dan mengirimkan permohonan kerja. Berikut ini ada tips promosi diri di Jobstreet yang bisa kamu terapkan.

1. Gunakan Bahasa yang Formal dan Baik

Karena semua yang ditulis akan menggambarkan karakter dan level intelektual pelamar, maka perlu diperhatikan saat menulis kualifikasi diri perlu menggunakan bahasa yang baik. Bahasa yang baik adalah bahasa Indonesia yang baku dan sesuai kaidah kepenulisan.

Selain itu, menulis kualifikasi bisa menggunakan bahasa Inggris, hal itu bisa menjadi poin lebih karena lamaran di Jobstreet pastinya dilirik oleh perusahaan asing. Tetapi harus menggunakan bahasa Inggris sesuai dengan grammar yang tepat.

Selain memperhatikan cara menulis, pelamar juga perlu berlatih berbicara menggunakan kalimat yang tertata dengan baik. Jadi jika mendapat panggilan kerja, bisa lancar saat berkomunikasi.

2. Pilih Posisi Lamaran yang Sesuai

Banyak orang yang susah mendapat pekerjaan dalam waktu lama, karena salah memilih posisi pekerjaan. Setiap pekerjaan tentunya memiliki kualifikasi yang diinginkan perusahaan. Oleh karena itu sebagai pelamar perlu menyesuaikan diri dengan kualifikasi yang diinginkan perusahaan.

Jika kualifikasi yang diinginkan sudah sesuai, maka pelamar akan dengan mudah menjelaskan kemampuan yang dimiliki. Contoh, sebuah perusahaan membutuhkan seorang content creator, maka sebelum melamar pastikan sudah memiliki kemampuan di bidang konten. Pekerjaan bukanlah tempat untuk sekedar mencoba bekerja. Tetapi memang memiliki kualifikasi yang sesuai.

3. Tuliskan Identitas yang Jelas

Di halaman Jobstreet, di bagian pemaparan identitas pelamar tulis dengan detail dan sesuai dengan fakta, agar perusahaan dapat dengan mudah menghubungi. Cantumkan identitas, terutama email secara formal. Buat alamat email dengan singkatan nama panjang, hindari nama email yang berlebihan.

Identitas yang jelas, termasuk di dalamnya adalah foto diri. Gunakan foto dengan wajah yang jelas, pakaian yang rapih serta pose yang sopan. Sebutkan identitas yang padat dan jelas yang dapat mewakili diri dalam beberapa kalimat. Contoh, “Saya seorang lulusan cumlaude dari fakultas ilmu komunikasi Universitas Padjajaran dan penerima beasiswa penuh selama S1.”

4. Perlihatkan Kualifikasi yang Unik

Kualifikasi yang berbeda akan menjadi nilai plus yang membuka peluang dilirik perusahaan. Misal seorang pelamar pernah mengikuti program pertukaran mahasiswa. Hal itu merupakan sebuah pengalaman yang unik, karena tidak semua mahasiswa mendapat kesempatan serupa.

Jika pernah memenangkan lomba di berbagai level, bisa disebutkan sebagai kualifikasi tertentu. Menyebutkan kualifikasi tidak harus banyak, namun cukup dengan memilih beberapa yang sekiranya menonjol atau berada pada level yang bergengsi. Misal mengikuti event-event berskala internasional atau lomba di tingkat nasional.

Kualifikasi yang berbeda ini akan menjadi bahan pertimbangan, bahwa si pelamar bukanlah sekedar seorang yang kuliah untuk mencari nilai. Akan tetapi seseorang yang mengembangkan soft skill melalui berbagai kegiatan.

5. Lengkapi dengan Sertifikat

Lengkapi setiap kualifikasi yang disebutkan dengan sertifikat pendukung. Hal itu akan membuktikan bahwa keterampilan yang dimiliki bukan sekedar untuk membuat penuh halaman CV.

Jika beberapa keterampilan tidak diberikan sertifikat, maka tidak perlu khawatir hal tersebut tidak akan menjatuhkan nilai. Oleh karena itu, ketika mencantumkan kualifikasi, tidak perlu terlalu panjang, pilih yang benar-benar menonjol.

7. Tunjukkan Semangat Bekerja

Ketika interview ucapkan dengan tegas bisa bekerja kapan pun. Jika berupa tulisan dalam kualifikasi Jobstreet, maka tunjukan secara tertulis bahwa si pelamar memiliki kesiapan yang matang untuk bekerja dan sangat ingin segera bekerja. Contoh, “Saya siap menjawab tantangan perusahaan kapan pun dibutuhkan.”

Kalimat itu menunjukan bahwa si pelamar memiliki kesiapan jika nanti perusahaan memanggil untuk wawancara atau langsung bekerja.

Contoh Kalimat Promosi Diri di Jobstreet

Jika kamu sudah memahami cara promosi di Jobstreet di atas, berikut ini Ajaib memaparkan beberapa kalimat yang tepat untuk mempromosikan diri yang bisa dijadikan referensi.

  1. Fresh Graduate S1 sarjana keperawatan. Mampu memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien, mampu membantu dokter dalam pengobatan.
  2. Memiliki pengalaman kerja selama 3 tahun sebagai kreator konten di perusahaan xxx. Memiliki kemampuan editing, fotografi dan public speaking yang baik. Mampu bekerja secara individu dan kelompok.

Mulai Investasi di Ajaib Sekuritas Sekarang!

Masa depan kamu tentu akan menjadi lebih terjamin dan aman secara finansial bila kamu berinvestasi bukan? Ajaib Sekuritas hadir untuk memberikan pengalaman investasi yang lebih aman dan tepercaya. Mulai perjalanan investasimu bersama Ajaib Sekuritas sekarang, karena proses pendaftarannya yang mudah dan 100% online, tanpa memerlukan modal yang besar.

Berbagai layanan dan indeks saham juga tersedia dalam rangka mendukung investasimu agar semakin maksimal! Mulai dari saham, reksa dana, margin trading, day trading, dan layanan bagi nasabah premium, Ajaib Prime, bisa kamu temukan di aplikasi Ajaib Sekuritas.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Sekuritas sekarang!

Artikel Terkait