Investasi

Jenis Investasi yang Paling Menguntungkan Bagi Pemula

Jenis Investasi yang Paling Menguntungkan Bagi Pemula

Ajaib.co.id – Jenis investasi yang paling menguntungkan tentu harus diketahui oleh para investor, terutama bagi pemula yang baru mau terjun. Hal ini sangat penting untuk meminimalisasi risiko dan meningkatkan potensi keuntungan di masa depan.

Investasi bukanlah hal yang manfaatnya di masa kini, tapi sebisa mungkin harus dilakukan sekarang juga. Kamu harus benar-benar memilih instrumen yang tepat dengan gaya investasi dan kebutuhan untuk meningkatkan aset di kemudian hari. Agar tidak salah pilih, redaksi Ajaib merangkum jenis investasi yang paling menguntungkan bagi pemula dalam artikel berikut ini.

Investasi P2P Lending

Investasi peer to peer (P2P) lending adalah salah satu jenis investasi yang paling menguntungkan selama kamu memahami cara kerja dan memilih perusahaan teknologi finansial (fintech) yang aman dan punya rekam jejak baik. Prinsip P2P Lending bagi investor/pendana adalah memberikan pinjaman secara online untuk pemenuhan berbagai tujuan keuangan peminjam.

Biasanya, investasi yang dilakukan melalui P2P Lending adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang membutuhkan modal bisnis. Sebagai pendana, kamu akan berpartisipasi dalam perkembangan bisnis dari perusahaan atau individu yang kamu modali dan mendapatkan keuntungan dari suku bunga. Menariknya, kamu bisa memecah variasi bisnis yang ingin kamu danai tergantung kebutuhan dan kemampuan sehingga kesempatan untung bisa lebih besar.

Sebelum berinvestasi, pastikan kamu memilih P2P Lending resmi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini penting karena legalitas yang dikantongi perusahaan bisa menjadi jaminan tanggung jawab uang yang kamu investasikan.

Investasi Saham

Investasi saham jadi salah satu jenis investasi yang menguntungkan karena punya pengembalian tertinggi dibanding investasi lain. Prinsip investasi saham adalah pembelian saham perusahaan yang kamu percayai akan memberikan keuntungan. Ya, kamu akan menjadi salah satu pemilik modal berbagai perusahaan yang ada di Indonesia!

Kini investasi saham bisa dilakukan dengan sangat mudah melalui Ajaib yang punya fitur baru untuk pendaftaran dan transaksi saham yang bisa dilakukan online, tanpa perlu repot berkomunikasi dengan broker. Sebelum memulai, kamu harus punya aplikasi Ajaib yang bisa diunduh di Google Play Store dan melakukan pembukaan Rekening Saham dan Rekening Dana Nasabah untuk bertransaksi.

Rekening Saham adalah tempat penyimpanan saham yang kamu miliki, tercatat pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Sedangkan Rekening Dana Nasabah (RDN) adalah rekening dana kamu yang ditempatkan pada bank dan terpisah dari rekening perusahaan efek. Kenapa harus terpisah? Soalnya kamu harus punya rekening bank sendiri untuk transaksi saham agar tidak tercampur dengan dana operasional.

Selain melakukan transaksi saham, kamu juga bisa mendapatkan sejumlah hal lainnya di Ajaib, seperti informasi emiten mulai dari profil perusahaan, informasi grafik harga, dan antrean order. Ada juga ‘Ajaib Alert’, notifikasi agar kamu tidak ketinggalan informasi penting seputar emiten, pasar, dan harga. Selain itu, masih banyak fitur lainnya yang akan mempermudah proses investasi saham kamu di Ajaib!

Investasi Emas

Klasik, tapi tak pernah usang. Mungkin itu adalah istilah yang tepat untuk investasi emas. Emas adalah salah satu instrumen investasi yang paling menguntungkan karena mudah dan nilainya yang terjaga. Selain itu, emas juga punya tingkat likuiditas yang tinggi, artinya kamu bisa menukarkan emas jadi uang tunai kapan saja secara cepat. Selain itu, berbeda dengan uang yang nilainya bisa turun sangat inflasi, harga emas cenderung terus meningkat sehingga bisa memberikan keuntungan.

Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana adalah pilihan investasi dengan mekanisme pengelolaan modal dengan bantuan Manajer Investasi (MI). MI ini akan mengelola uang kamu dengan cara menggabungkannya dengan uang orang lain hingga memperoleh keuntungan. Menariknya, tak hanya investasi di satu sektor, dengan reksa dana, uang kamu akan ditempatkan dalam beberapa instrumen yang berbeda. Tentunya hal ini dilakukan berdasarkan analisis potensi keuntungan, risiko, dan likuidasi.

Salah satu platform reksa dana yang bisa kamu pilih adalah Ajaib yang punya berbagai tipe investasi reksa dana sesuai tujuan investor. Prosesnya juga mudah, semuanya dilakukan secara online. Kamu cukup menyediakan dana minimal Rp10 ribu untuk berinvestasi, bebas setor dan tarik tanpa jangka waktu tertentu. Tentunya, investor di Ajaib juga akan didampingi MI terpercaya dan bank kustodian yang punya rekam jejak baik untuk penyimpanan dana.

Investasi Savings Bond Ritel (SBR Ritel)

Savings Bond Ritel (SBR Ritel) masuk dalam jajaran investasi yang paling menguntungkan untuk pemula karena dijamin negara dengan imbalan menjanjikan dan sudah pasti dibayarkan tiap bulannya dengan jatuh tempo 2 tahun. Prinsip SBR Ritel adalah pembelian surat utang yang dijual negara pada masyarakat berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) dengan tujuan membantu pembangunan nasional.

Dengan kata lain, kamu meminjamkan uangmu pada negara sebagai salah satu pemasukan dengan imbalan yang menjanjikan! Nominal uang yang bisa diinvestasikan juga cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp1 juta.
Kemudahan teknologi juga membuat investasi SBR Ritel makin gampang dilakukan, yaitu dengan melakukan pembelian melalui e-SBN selama masa penawaran. Cukup registrasi, lakukan pemesanan dan pembayaran, lalu tunggu konfirmasi.

Investasi Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah cara investasi dengan melakukan penyimpanan uang di bank dengan masa penyetoran dan penarikan yang hanya bisa dilakukan di waktu tertentu. Waktu atau tenor yang biasanya bisa dipilih adalah 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan.

Deposito berjangka punya beberapa kelebihan di antaranya keamanan yang terjamin. Investasi deposito berjangka dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang mampu menjaga nilai pokok uang yang kamu setorkan.

Selain itu, risiko dari investasi ini juga relatif rendah karena harga tidak terpengaruh pergerakan pasar yang bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, keuntungan yang biasanya disebut dengan istilah pendapatan per tenor ini pasti dibayarkan per tenornya.

Itu dia beberapa jenis investasi yang paling menguntungkan yang bisa kamu coba. Tentunya instrumen investasi apapun harus disesuaikan dengan ketersediaan modal dan kemampuan kamu dalam mengelolanya untuk menghasilkan keuntungan.

Oh iya, kalau kamu masih perlu tips lain agar investasi makin lancar apapun jenisnya, blog Ajaib punya ratusan artikel yang bisa membantumu! Ayo kunjungi blog Ajaib sekarang juga!

Artikel Terkait