Jangan Anggap Sepele, Ini Fungsi NPWP untuk Kehidupanmu

Jangan Anggap Sepele, Ini Fungsi NPWP untuk Kehidupanmu
Jangan Anggap Sepele, Ini Fungsi NPWP untuk Kehidupanmu

Sebagai seorang warga negara Indonesia yang sudah berpenghasilan dan masuk dalam golongan wajib pajak, membuat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) adalah suatu hal yang wajib dilakukan. Meski demikan, tidak jarang seorang pekerja mangkir untuk membuat NPWP, meskipun sudah mengetahui bahwa hal tersebut wajib dilakukan.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, membayar pajak adalah bentuk kewajiban dan ketaatan yang harus dilaksanakan dengan memiliki NPWP. Hal ini mengingat bahwa fungsi NPWP juga akan memberikan banyak kemudahan dalam mengurus berbagai dokumen birokrasi.

Fungsi NPWP secara umum adalah sarana administrasi perpajakan yang digunakan sebagai tanda pengenal atau identitas dalam melaksanakan hak dan kewajiban. Nomor NPWP terdiri dari 15 digit angka, dimana 9 digit pertama dalah kode wajib pajak, selanjutnya 6 digit berikutnya adalah kode administrasi. Jika kamu penasaran mengenai ragam fungsi NPWP dalam mempermudah hidup, simak beberapa penjelasan berikut ini :

Persyaratan Administrasi

Fungsi NPWP pertama dalam birokrasi adalah memudahkan kamu untuk mengurus adiministrasi negara. Tidak sedikit peru dari lembaga atau perusahaan yang saat ini mengharuskan seseorang memiliki nomor NPWP sebagai syarat utama atau pendukung dalam mengurus kelengkapan administrasi.

Misalnya, kredit bank. Ketika kamu mengajukan kredit melalui bank, maka syarat yang umum dibutuhkan adalah NPWP. Ini dilakukan untuk memastikan apakah calon donatur adalah orang yang taat pajak atau sebaliknya.

Jika kamu memiliki NPWP, maka proses pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit tanpa angunan (KTA), Kredit kendaraan bermotor akan lebih mudah bahkan limit pinjaman kamu akan semakin tinggi.

Pembukaan Rekening Dana Nasabah/ Investor

Fungsi NPWP lainnya adalah ketika kamu berencana untuk membuka Rekening Dana Nasabah (RDN) atau Rekening Dana Investor (RDI). Pembukaan RDN atau RDI ini memfasilitasi transaksi produk investasi seperi saham, obligasai atau reksadana.

Ada lima bank yang saat ini memfasilitasi pembukaan RDN, diantaranya Bank BCA, Bank Mandiri, Bank Panin, Bank BNI dan Bank BRI. Memiliki NPWP adalah syarat pembukaan RDI atau RDN, tanpa NPWP, kamu tidak mungkin bisa membeli produk di pasar modal.

Rekening Efek

Selanjutnya, fungsi NPWP adalah untuk melakukan investasi saham, dimana syarat untuk membeli saham adalah memiliki rekening saham/ efek yang digunakan untuk menyimpan sejumlah saham yang kamu miliki. Syarat kepemilikan rekening saham/ efek adalah NPWP.

Rekening Bank

Fungsi NPWP juga berperan penting dalam pembukaan rekening Bank. Namun, masih banyak Bank yang tidak mewajibkan NPWP dalam pembuatan buku tabungan baru. NPWP dibutuhkan bank untuk mengidentifikasi sekaligus memverifikasi data calon nasabah, sesuai dengan peraturan Bank Indonesia bahwa NPWP calon nasabah penting untuk mencegah masalah pencucian uang dan pencegahan pendanaan teroris di kemudian hari.

Rekening Koran

Rekening Koran atau laporan saldo dan juga mutasi rekening termasuk salah satu fungsi NPWP. Hanya saja rekening Koran yang membutuhkan NPWP bukan berbentuk personal, namun badan usaha atau perusahaan. Sehingga perusahaan wajib memiliki NPWP.

Pembuatan SIUP

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) juga membutuhkan NPWP dalam proses pembuatannya. SIUP ini berguna sebagai bukti pengesahan usaha yang di keluarkan oleh pemerintah daerah dan diperlukan oleh pelaku usaha yang telah memiliki badan hukum. 

SIUP bukan hanya dibutuhkan oleh sebuah perusahaan dengan bisnis besar saja, namun juga perusahaan kecil dan menengah agar usaha yang dilakukan mendapat pengakuan dan pengesahan pemerintah. Proses pengajuan SIUP tidak lepas dari syarat kepemilikan NPWP.

Pembuatan Paspor

Ketika kamu harus berpergian ke luar negeri dalam rangka dinas, sekolah, atau berlibur, paspor menjadi salah satu syarat yang sangat dibutuhkan. Paspor adalah bentuk dokumen negara yang dikeluarkan oleh Dinas Imigrasi sebagai identity Anda di luar negeri. Namun, untuk membuat paspor, NPWP menjadi persyaratannya.

Itulah beberapa fungsi NPWP yang bisa Anda dapatkan. Jadi, bagi kamu wajib pajak orang pribadi maupun badan yang belum memiliki kartu NPWP, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran NPWP di Kantor Pelayanan Pajak terdekat atau bisa langsung membuka situs website Direktorat Jenderal Pajak atau djponline.

Bacaan menarik lainnya:

Kristanty, Nova. 2014. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Tarif Pajak, dan Penyuluhan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak. Jurnal. Online


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait