Jajanan Anak SD yang Buat Generasi 90an Ketagihan

jajanan anak sd
jajanan anak sd

Bagi generasi 90an, jajanan anak SD sangat membekas di ingatan. Apalagi jajanan kemasannya yang bisa bikin ketagihan. Bahkan beberapa jajanan itu masih ada sampai sekarang. Apa saja itu?

Jajanan bisa membuat orang bernostalgia buat kamu yang sekolah dasarnya di era 1990an. Nostalgia tentang teman-teman sekolah, hadiah dari jajanan kemasan, penjual jajanan, keluarga, guru, dan masih banyak lagi. Kalau lihat jajanan waktu kecil masih ada sampai saat ini, kamu akan mengingat masa sekolah.

Meskipun jajanan anak SD sekarang lebih bervariasi. Terutama soal penyajian dan kemasannya. Misalnya pasta cokelat Choki-Choki atau keripik singkong Chuba yang sangat legendaris.

Inovasi Jajanan Anak SD

Ketika itu, pasta cokelat yang dikemas berbentuk stik adalah produk inovatif. Karena pasta cokelat yang biasanya digunakan untuk mengoles (chocolate spread) roti tawar harganya mahal. Sedangkan pasta cokelat stik bisa dinikmati kapan saja dan harganya sangat terjangkau. Cokelat ini juga enak dimakan dalam kondisi dingin dan tentu saja bikin ketagihan.

Begitu halnya dengan keripik singkong. Sebelum ada Maicih dan Kusuka, Acefood telah berinovasi membuat keripik singkong keriting kemasan, bernama Chuba, pada 1986.

Keripik yang bikin anak-anak sekolah ketagihan ini banyak dijual di warung rumahan. Dulu kemasan Chuba berlatar putih dengan simbol anak bebek. Kini kemasannya bertambah, ada yang berwarna dan rasanya bervariasi.

Nostalgia Jajanan 90an

Selain jajanan di atas, makanan di bawah tak kalah enaknya. Karena mereka menjadi incaran anak-anak SD. Pasalnya rasa jajanan tersebut enak, bikin ketagihan, harganya ramah kantong, dan dijual di warung sampai toko swalayan. Jajanan itu adalah:

Chiki Balls

Siapa yang tak kenal makanan ringan bermerek Chiki? Bahkan nama Chiki dipakai untuk menyebut semua makanan ringan dengan rasa gurih. Padahal Chiki merupakan produk legendaris dari Indofood. Salah satunya Chiki Balls. Dulu, makanan ini menjadi favorit anak-anak Indonesia. Baik rasa keju maupun cokelat.

Kini, pamor Chiki sudah memudah meski ada tambahan rasa ayam. Tetapi di minimarket dan toko online, Chiki Balls masih dijual. Selain itu, Chiki juga mengeluarkan makanan ringan Chiki Potato Stick dan Chiki Chocolate Stick (ada juga rasa stroberi). Dulu, Chiki dan saudaranya, Cheetos dan JetZ, memberikan hadiah Tazos di dalamnya.

Potato Tube

Jajanan ini juga termasuk makanan inovatif. Karena makanan ringan berbahan kentang ini berbentuk tabung, sehingga anak-anak bisa memasangkannya di jari-jari tangan, rasa gurihnya bikin ketagihan, dan harganya terjangkau. Terkadang makanan ringan dari Siantar Top memberikan hadiah di dalam kemasan.

Anakmas

Salah satu makanan ringan legendaris dan tak terlupakan buat anak 90an. Bahkan Anakmas bisa disebut makanan inovatif. Karena sejak kemunculannya sekitar 1980an, kita bisa langsung makan mi goreng garing dengan bumbunya, dengan cara meremas kemasannya.

Rasa yang paling banyak beredar adalah ayam dan keju. Lalu disusul rasa ayam bawang, keju spesial, dan burger sapi. Sayang, produk dari Indofood ini sempat ditarik peredarannya pada 1999.

Pada 2000an, Anakmas muncul lagi dengan konsep dan kemasan yang berbeda. Jadi pembeli tinggal makan saja. Pada 2015, kemasan Anakmas kembali ke bentuk semula, yaitu mi goreng garing dan bumbu.

Hanya saja rasa bumbu tersedia ayam panggang dan jagung bakar. Saat ini, jajanan berlogo kepala anak laki-laki dan perempuan tidak beredar di pasaran. Jajanan anak SD yang serupa Anakmas lain, ada Krip Krip, Anak Mamee, dan Mie Gemez (sekarang Gemez Enaak).

Tic Tic

Siantar Top merupakan salah satu produsen jajanan anak SD 90an. Produk legendaris selain Potato Tube adalah Tic Tic. Jajanan yang berbentuk memanjang seperti korek api kayu ini memiliki rasa bawang gurih dan bikin nagih. Sekarang bentuk dan rasa Tic Tic masih sama, tetapi gambar kemasannya berbeda.

NyamNyam

Generasi 90an pasti familier dengan NyamNyam. Ini adalah biskuit stik yang dicocol dengan pasta cokelat. Seiring perkembangannya, ada penambahan rasa pasta, yaitu NyamNyam stroberi dan NyamNyam puff (variasi biskuit) dengan pasta cokelat dan stroberi.

Sekarang, Arnott’s sebagai produsen mempunyai beragam rasa pasta dan varian biskuit. Kalau kamu ingin bernostalgia dengan jajanan anak SD yang satu ini, beli produknya di mini market terdekat.

Yosan

Selain makanan ringan (baik yang asin maupun manis), ada pula permen karet. Yang tersohor adalah Yosan. Permen karet berbentuk persegi panjang mungil ini memiliki warna pink dan kemasan kertasnya warna-warni.

Dalam menarik pembeli yang mayoritas anak sekolah, Yosan punya trik jitu. Perusahaan memberikan hadiah (kaos atau sepeda) kepada pembeli yang berhasil mengumpulkan huruf Y-O-S-A-N yang tertera di balik kemasan.

Tetapi kemasan dengan N sangat sulit didapat. Permen karet ini memiliki dua kemasan, kemasan mini dan kemasan lebar sachet. Yang sachet mirip kemasan permen karet Lotte Bubble Gum.

Jagoan Neon

Waktu itu, iklan Jagoan Neon bikin heboh. Pasalnya, iklan menunjukkan bahwa mengonsumsi permen lolipop bisa membuat lidah berubah menjadi biru, hijau, merah, dan orange.

Kalau kamu ingin nostalgia, beli permen ini di toko online. Selain Jagoan Neon, akhir 90an hadir berbentuk kaki dan berwarna merah, Hot Hot Pop. Rasanya hampir sama seperti Jagoan Neon, manis asam dan permen meninggalkan warna merah di lidah.

Permen cokelat dan Lainnya

Beruntung lah menjadi generasi 90an. Karena hari-harimu semakin manis dengan banjirnya merek permen. Sebut saja permen cokelat payung, cokelat kacamata, cokelat koin, cokelat jago, dan pasta cokelat Choyo Choyo. Ada juga permen asam manis seperti Nano Nano, Gulas, Mr. Sarmento, Fruit-tella, Pindy Twist, dan Sugus.

Permen manis mint seperti Pagoda Pastilles, Davos, dan Polo. Jangan lupa juga dengan permen manis seperti Kopiko, White Rabbit, dan Dreamy. Di antara merek itu masih banyak dijumpai di toko.

Capri-Sonne

Membicarakan makanan, tak lengkap kalau tidak membahas minuman. Capri-Sonne juga menjadi jajanan anak SD kala itu. Ini adalah minuman rasa buah-buahan yang biasanya buat bekal piknik. Ada rasa jeruk, apel, anggur, dan lain-lain.

Capri-Sonne adalah merek minuman terkenal dari Swiss. Sudah lama minuman ini tidak beredar di pasaran. Kabarnya TPS Foods (yang memegang lisensi di Indonesia) membangun pabrik Capri-Sonne pada awal 2018.

Tetapi sampai saat ini belum ada kabar kapan pabrik akan beroperasi dan minuman kemasan diproduksi. Salah satu penyebabnya adalah masalah keuangan yang terjadi di perusahaan.

Jajanan anak SD di atas memang membekas di hati dan pikiran generasi 90an. Bahkan tak sedikit pengusaha yang menjual jajanan nostalgia tersebut melalui marketplace. Kamu pun bisa berbisnis jajanan anak SD 90an dan yang kekinian.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait