Saham

Istilah Rekomendasi Saham atau Stock Pick dalam Trading

Istilah Rekomendasi Saham

Ajaib.co.id – Di dalam dunia trading atau investasi saham, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu yang paling mudah adalah memilih suatu saham secara tepat.

Hal ini akan mengacu pada pergerakan saham nantinya. Oleh karena itu, setiap trader atau investor harus memilih saham dengan portofolio yang bagus, baik melalui analisis fundamental maupun analisis teknikal.

Dengan memanfaatkan istilah rekomendasi saham atau stock pick, kamu bisa memilih saham-saham dengan catatan bagus serta diperkirakan harganya dapat meningkat.

Nah, istilah rekomendasi saham atau stock pick ini bisa kamu pelajari untuk diterapkan saat memilih saham-saham yang akan menghasilkan keuntungan pastinya.

Untuk memahaminya, kamu bisa menyimak penjelasan mengenai istilah rekomendasi saham atau stock pick berikut ini.

Pengertian Stock Pick

Stock pick merupakan cara dalam memilih saham dengan menyeleksinya dengan tujuan mendapatkan saham yang bagus saat di-trading. Bisa dikatakan stock pick merupakan istilah rekomendasi saham yang bagus untuk di-tradingkan.

Alasan kamu harus menggunakan stock pick saat memilih saham adalah karena jumlah saham yang bergerak ada ratusan di Indonesia sehingga kamu tidak mungkin membelinya satu per satu.

Apalagi kondisi keuangan kamu bisa dibilang terbatas, tentu kamu harus memanfaatkan setiap strategi yang ada demi mendapatkan saham secara bagus.

Oleh karena itu, kamu harus menggunakan istilah rekomendasi saham pada saat memilih saham yang akan di-tradingkan. Idealnya, kamu bisa memilih 1 hingga 7 saham untuk di-tradingkan.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengetahui 7 saham yang dimasukkan ke dalam istilah rekomendasi saham untuk di-tradingkan? Jawabannya adalah pada penggunaan stock pick itu sendiri.

Cara Menggunakan Stock Pick dalam Memilih Saham

Stock pick merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan saham-saham yang berpotensi saat trading. Nah, untuk menggunakan stock pick, kamu harus memahami beberapa hal berikut ini:

Memahami Analisa Teknikal

Untuk menggunakan istilah rekomendasi saham yaitu stock pick, kamu dituntut untuk memahami analisa teknikal. Hal ini berarti kamu dapat membaca dan menafsirkan analisis teknikal yang digunakan pada pemilihan saham dengan stock pick.

Dengan memahami analisis teknikal, kamu bisa membaca pergerakan saham yang fluktuatif, kualitas, serta likuiditas pada saham, baik melalui chart atau bid offer.

Tidak semua saham memiliki analisis teknikal yang baik sehingga jika kamu melihat pola dari chart suatu saham, maka kamu bisa segera mengeluarkan saham tersebut dari stock pick.

Hal inilah yang menjadikan kamu harus memahami analisis teknikal sebelum menggunakan istilah rekomendasi saham bagus pada stock pick.

Menggunakan Analisa Screening Saham

Setelah memahami analisa teknikal, tentunya kamu harus mempraktikkan apa yang sudah dipelajari terkait analisis tersebut. Salah satunya dengan screening saham mana yang berpotensi untuk di-trading.

Hal ini karena screening saham juga membutuhkan dasar dari pemahaman analisis teknikal. Dengan begitu, kamu dapat memilih stock pick saham untuk melalui proses trading.

Screening saham dilakukan untuk mengantisipasi setiap kemungkinan yang akan terjadi. Misalnya saja pada saham-saham yang analisis teknikalnya sedang naik atau saham-saham yang menjadi tren.

Padahal, saham-saham yang mengalami proses tersebut belum bisa menghasilkan keuntungan sesuai target profit kamu.

Hal ini menjadikan screening saham sebagai kunci utama dalam menemukan stock pick saham yang cocok untuk kamu prioritaskan sebagai saham untuk trading.

Mengutamakan Saham-Saham yang Menguntungkan dan Memiliki Kinerja Bagus

Langkah selanjutnya sebagai istilah rekomendasi saham adalah mengumpulkan stock pick saham-saham yang akan kamu trading.

Penting untuk memilih stock pick saham agar kamu tidak perlu khawatir dengan pergerakan saham lain alias naik dan turun karena kamu sudah memiliki stock pick pribadi.

Jangan lupa untuk mengkombinasikan cara-cara sebelumnya yaitu analisis teknikal dan screening saham untuk menemukan stock pick secara tepat.

Kamu bisa melihat saham-saham yang akan dimasukkan ke stock pick dengan mengutamakan kinerjanya di bursa saham. Tentunya dengan menerapkan analisis teknikal dan screening saham dalam menemukan kinerja saham yang menghasilkan keuntungan.

Setelah itu, kamu bisa memasukkannya ke dalam daftar stock pick saham yang akan di-trading.

Kesalahan dalam Menggunakan Stock Pick Saham

Nah, di balik penggunaan istilah rekomendasi saham yaitu stock pick, ada kesalahan-kesalahan yang menunggu dan menyebabkan kamu gagal mencapai keuntungan, bahkan mengalami kerugian pada saham yang dimiliki.

Berikut beberapa kesalahan yang dilakukan dalam menerapkan stock pick saham:

Tidak Menganalisa Stock Pick Saham

Untuk mendapatkan stock pick saham, kamu bisa melakukannya secara sendiri atau menggunakan jasa pihak lain dalam mendapatkannya. Akan tetapi, stock pick yang diberikan justru mengantarkan kamu pada kerugian.

Hal ini disebabkan karena tidak adanya praktik analisa pada stock pick yang didapatkan. Mengingat pergerakan suatu saham yang sulit untuk diprediksi, kamu perlu melakukan analisa yang benar-benar baik.

Jangan karena memercayakan jasa yang digunakan, kamu tidak melakukan analisa lagi pada stock pick saham yang diterima.

Ketergantungan akan Penggunaan Stock Pick

Stock pick merupakan salah satu strategi yang digunakan dalam proses trading. Masih ada cara atau strategi trading lainnya yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan keuntungan.

Untuk menghindari kesalahan dalam trading, kamu harus terus mengeksplor cara-cara yang bisa dilakukan dan tidak hanya terfokus pada satu strategi saja.

Oleh karena itu, jangan sampai ketergantungan menggunakan satu cara saa yaitu stock pick dalam menerapkan strategi trading. Hal ini untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Nah, istilah rekomendasi saham seperti stock pick dilakukan sebagai salah satu strategi untuk menghasilkan keuntungan saat trading saham.

Namun, kamu tetap bisa menggunakan strategi lainnya yang sesuai dengan kemampuan dalam proses trading. Trading saham merupakan salah satu instrumen investasi dengan jangka waktu cukup pendek.

Jika kamu ingin menggunakan investasi secara jangka panjang, kamu bisa menggunakan investasi saham sebagai instrumen investasi. Mengingat investasi saham memiliki banyak keuntungan yang meliputi pembagian dividen hingga capital gain pada saham yang dimiliki.

Apalagi kini investasi saham semakin dipermudah dengan media investasi saham secara online melalui smartphone kamu seperti aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi saham.

Dengan menggunakan Ajaib Saham, kamu bisa berinvestasi saham langsung dari smartphone. Di mana kamu bisa membuat rekening saham melalui aplikasi Ajaib.

Kini, kamu dapat merencanakan dan mengelola keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang dengan berinvestasi saham melalui aplikasi Ajaib.

Kamu bisa memilih saham-saham perusahaan langsung dari smartphone. Jadi tunggu apalagi, raih keuntungan dari investasi saham melalui aplikasi Ajaib.

Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait