Inilah Syarat, Biaya, dan Cara Bikin SIM Online

Bikin SIM Online

Semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Di zaman yang sudah serba internet seperti ini, cara bikin SIM sudah bisa dilakukan secara online loh.

Seperti yang sudah dianjurkan pemerintah Indonesia, kamu harus menghindari calo agar membuat SIM lebih murah. Pasalnya, cara membuat SIM cukup mudah, terlebih sudah bisa dilakukan secara online.

Layanan SIM Online bisa digunakan untuk pendaftaran SIM baru maupun perpanjangan SIM. Sayangnya tidak semua golongan SIM bisa diproses, karena hanya terbatas untuk SIM A dan SIM C.

Untuk mendaftarnya juga sangat gampang, kita hanya perlu mengisi beberapa dokumen lalu membayar biaya administrasi melalui bank ataupun layanan perbankan lainnya. Setelah itu kita tinggal datang ke Polresta atau lokasi kedatangan yang dipilih saat mendaftar.

Tak perlu berlama-lama lagi, ini syarat membuat SIM Online:

Syarat Pembuatan SIM

Untuk membuat SIM, pemohon wajib memenuhi syarat sebagai berikut:

1. Pemohon harus berusia minimal 17 tahun.

2. Melengkapi berkas, yaitu KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli dan fotokopi sebanyak 4 lembar. Jika tidak memiliki KTP, maka dapat menggunakan Kartu Keluarga (KK) asli serta fotokopi. Kemudian Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter (dapat diminta dari dokter umum ataupun Puskesmas).

Prosedur Cara Membuat SIM Online

Berikut ini prosedur pembuatan SIM online:

1. Pertama, langkah awal pada prosedur cara bikin SIM online ini, Anda harus membuka portal website resmi dari Polri, yaitu di http://sim.korlantas.polri.go.id.

2. Dalam website tersebut, akan terlihat beberapa menu. Pilih menu pendaftaran SIM online.

3. Kemudian, terlihat dua jenis permohonan, SIM baru dan SIM perpanjangan. Untuk SIM baru, Anda memilih jenis permohonan pembuatan SIM Baru. Isi formulir atau data permohonan SIM baru. Lalu, ikuti saja alur pendaftarannya.

4. Jika sudah, Input Kode Verifikasi untuk memastikan proses ini dilakukan oleh pemohon. Jika semua data yang tampil adalah benar klik tombol “Kirim”. Prosedur selanjutnya tinggal menunggu tampilan sukses registrasi.

5. Setelah registrasi, selanjutnya menunggu email sebagai bukti registrasi online yang berhasil.

6. Setelah pendaftaran sukses, pemohon dapat langsung melakukan pembayaran di ATM, EDC, atau Teller di seluruh lokasi BRI.

7. Datang ke lokasi Satpas/Gerai/SIM keliling yang telah dipilih saat pendaftaran dan jangan lupa bawa surat keterangan sehat dari dokter. Jangan lupa juga membawa bukti pembayaran dan bukti registrasi.

8. Setelah itu, tahapan berikutnya yaitu dengan melakukan identifikasi dan verifikasi data oleh pihak kepolisian yang berupa proses pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan.

9. Jika sudah maka tahapan selanjutnya yaitu tinggal menjalani ujian teori dan praktik. Jika dinyatakan lulus, tinggal menunggu pencetakan SIM.

10. Umumnya, untuk biaya pembuatan SIM dengan menggunakan prosedur cara membuat SIM online ini berkisar antara Rp100.000 sampai Rp120.000.

Biaya Bikin SIM Online

GOLONGAN SIMPEMBUATAN SIMPERPANJANGAN SIM
SIM ARp120.000 Rp80.000
SIM BRp120.000 Rp80.000
SIM B1Rp120.000 Rp80.000
SIM B2Rp120.000 Rp80.000
SIM CRp100.000 Rp75.000
SIM C1Rp100.000 Rp75.000
SIM C2Rp100.000 Rp75.000
SIM DRp50.000 Rp30.000
SIM D1Rp50.000 Rp30.000
SIM INTERNASIONALRp250.000 Rp225.000

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait