Ini Dia 6 Jenis Bisnis Orang Ekstrovert yang Menjanjikan

bisnis orang ekstrovert
bisnis orang ekstrovert

Orang yang memiliki kepribadian ekstrovert lebih unggul dalam bersosialisi, karena mereka cenderung lebih suka berada di tengah banyak orang. Bagi kamu yang termasuk berkepribadian ekstrovert dan ingin membuka usaha sampingan rasanya tidak sulit untuk mencarinya. Ada beberapa bisnis orang ekstrovert yang sangat menjanjikan untuk digeluti, terlebih jika itu menyangkut hobi yang kamu jalani.

Seorang yang ekstrovert biasanya punya ciri khas selalu ingin menonjol. Selain itu, mereka pun punya karakter yang percaya diri, aktif, ceria, suka bergaul, dan supel. Orang ekstrovert ini akan sangat senang untuk bercerita, bisa menghidupkan suasana, dan mudah untuk bergaul. Jadi, wajar apabila kepribadian ekstrovert ini selalu identik dengan sebutan cerewet.

Banyak yang beranggapan bahwa karakter ekstrovert lebih mudah untuk menemukan suatu pekerjaan, karena kepercayaan dirinya, ramah, serta supel. Karena rasa percaya diri yang tinggi itu membuat para ekstrovert ini tak takut untuk berbisnis.

Nah, kira-kira bisnis orang ekstrovert apa saja yang menjanjikan untuk digeluti? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Agent Travel

Sudah pasti jika kepribadian ekstrovert sangat menyukai berinteraksi dengan banyak orang. Suka bersosialisasi dan mampu membangun relasi yang baik dengan orang lain bisa jadi kelebihan yang dimanfaatkan para ekstrovert.

Apabila kamu sangat suka bepergian, baik dalam negeri maupun ke luar negeri bisa membuka peluang usaha di bidang agen perjalanan atau travel. Ini akan jadi bisnis ekstrovert yang tepat, karena kamu akan bertemu dengan banyak pelanggan, serta kolega dari berbagai tempat dan juga mungkin negara lain.

Bisnis sangat menarik untuk dijalani. Selain itu, kamu harus siap dan terus mengasah kemampuanmu dalam mengelola masalah yang bakal dihadapi. Karena bisnis agent travel ini tentu tidak mudah, pengetahuan dan kecapakan kamu dalam menyelesaikan masalah jadi hal penting.

Instruktur atau Tenaga Pengajar

Profesi yang satu ini juga bisa dilirik sebagai bisnis orang ekstrovert. Ada bermacam-macam profesi tenaga pengajar yang bisa kamu tekuni, misalnya guru, instruktur, atau dosen tidak tetap. Begitu pula dengan instruktur yang terdapat beberapa jenis, seperti tenaga pengajar olahraga ataupun pelatihan kerja.

Bisa dibilang profesi ini tidak akan hilang meskipun teknologi semakin berkembang. Karena manusia akan selalu membutuhkan manusia lain untuk belajar, kamu bisa menjadikan profesi ini sebagai bisnis yang menjanjikan.

Terlebih jika kamu memiliki skill dalam berkomunikasi yang baik dan pembawaan diri yang ceria, akan banyak orang yang terbantu untuk lebih bersemangat dalam belajar. Tentunya kamu pun akan ikut senang melihat orang lain melakukan sesuatu hal yang baru setelah kita ajarkan.

Event Organizer

Buat kamu yang suka bertemu dengan orang-orang baru, bisnis event organizer sangat cocok untuk karakter ekstrovert. Bisnis yang satu ini membuat kamu untuk selalu bertemu berbagai calon klien dengan karakter yang berbeda-beda. Pastinya mereka akan sangat mengharapkan kamu untuk bisa membuat meriah acaranya.

Memiliki kemampuan yang cekatan dan pandai dalam bernegosiasi sangat dibutuhkan dalam menjalani bisnis event organizer. Selain itu, peluang usaha ini memberi kesempatan pada kamu untuk berhubungan dengan banyak vendor, tidak hanya bekerja sama dengan klien saja.

Advertising atau Periklanan

Jika kamu seorang ekstrovert dan juga kreatif, maka bidang advertising atau periklanan patut untuk dilirik. Peluang usaha ini termasuk dalam bisnis orang ekstrovert karena dibutuhkan orang-orang yang punya kreativitas tinggi dan kemampuan membangun relasi dengan banyak orang.

Bisnis periklanan ini membuka peluang untuk menjalin hubungan dengan banyak orang. Kamu juga bisa menuangkan segala ide-ide dan pikiran kamu ke dalam iklan sesuai permintaan dari klien.

Master of Ceremony (MC)

Kamu punya karakter seru dan bisa menghibur banyak orang? Menjadi master of ceremony alias MC ini sangat pas buat kamu yang berkepribadian ekstrovert. Namun, perlu diketahui jika bisnis ini termasuk profesi yang bergantung dengan event. Lebih cocok jika profesi ini dijadikan usaha sampingan.

Besarnya tarif untuk seorang MC tergantung dari jam terbangnya, mulai dari Rp500 ribu hingga jutaan per jam. Selain pandai bercakap-cakap, kamu juga harus selalu update dengan perkembangan yang terjadi.

Untuk memulainya, kamu bisa mencari tawaran-tawaran kerja di acara kecil seperti kawinan, pesta ulang tahun, dsb. Supaya lebih mudah, bergabung saja dengan event organizer. Pada saat ada event, kamu juga akan ikut dilibatkan sebagai mc untuk memeriahkan acara.

Kuliner

Bisnis yang sedang diganderung anak muda ini bisa jadi pilihan buat kamu yang memiliki karakter ekstrovert, seperti coffee shop atau kafe/restoran. Kamu tidak harus menjadi juru masak, koki, ataupun barista untuk bisa membuka usaha di bidang kuliner.

Sebagai orang yang punya kepribadian ekstrovert, kamu lebih cocok ada di garis depan untuk memperluas relasa bisnis supaya makin dikenal. Kamu bisa menjalin kerja sama dengan para food blogger, media, dan juga pemilik kafe lainnya untuk berkolaborasi.

Pada intinya bisnis orang ekstrovert adalah yang hampir setiap hari menjalin relasi dengan orang banyak. Keenam bisnis di atas bisa kamu pilih sebagai peluang usaha utama ataupun sekedar sampingan. Namun, di samping itu ada hal-hal lain yang harus kamu tingkatkan untuk kemajuan bisnismu nanti.

Apapun kepribadian kamu, semua orang berhak untuk sukses dan itu tergantung dari kerja keras setiap individu.

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait