Reksa Dana

Ini Cara Milenial untuk Membeli Investasi di New Normal?

Ajaib.co.idNew normal menjadi momen yang tepat bagi kamu yang ingin menggunakan tabunganmu untuk membeli produk investasi. Hal ini dikarenakan penyebaran Covid-19 telah membuat banyak orang mengubah bagaimana cara mereka untuk mengelola keuangan secara bijak dan cerdas saat terjadinya ketidakpastian ekonomi.

Di mana, salah satu cara mengelola keuangan yang dianjurkan oleh para pakar keuangan adalah dengan melakukan investasi berdasarkan profil risiko, jangka waktu investasi, dan tujuan investasimu.

Hal ini bisa kamu lihat dari kesuksesan investor saham di luar sana ketika terjadi krisis ekonomi mereka tidak langsung panik dan menjual seluruh asetnya. Melainkan, mereka malah menambah nilai uang yang ditempatkan di saham dan melakukan pengalihan aset saham.

Sebab, para investor telah memahami kemungkinan terburuk bagi mereka ketika kondisi ekonomi sedang dalam keadaan tidak baik. Salah satunya dengan menentukan cut loss poin sebesar 8% – 10% dan menghindari dananya terjebak dalam waktu yang lama dalam suatu saham.

Strategi investasi ini diterapkan oleh banyak investor di luar sana saat menghadapi market crash 2008. Ini menjadi pelajaran berharga bagi investor saat ini yang ingin menempatkan dananya di saham.

Untuk menjadi seorang investor saham, kamu tidak perlu harus memiliki sertifikat di pasar modal terlebih dahulu baru berinvestasi saham. Melainkan, cara paling efektif dalam hal pembelajaran adalah belajar sambil praktik.

Untuk memiliki pemahaman yang baik tentang investasi, kamu bisa belajar dengan membaca buku, artikel, video, melakukan simulasi saham, dan sebagainya. Tak terkecuali, terjun langsung dalam dunia investasi yang sebenarnya dengan memilih instrumen investasi pasar modal yang minim risiko terlebih dahulu seperti reksa dana.

Mengapa Harus Memulai Investasi Saham dari Reksa Dana?

Dalam tahap belajar tentunya pasti banyak sekali kesalahan yang akan investor pemula lakukan, di mana hal ini bisa membuat seluruh uang yang kamu tempatkan bisa hilang begitu saja. Karena saham merupakan investasi murni, tentunya berbeda halnya dengan deposito yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Oleh sebab itu, investasi saham bukanlah jenis instrumen investasi yang minim risiko. Hal yang terpenting ketika kamu belajar investasi dengan menempatkan danamu di reksa dana adalah pengalaman dan pemahamanmu tentang investasi menjadi kian bertambah.

Bila kamu sudah mulai mengetahui risiko dari masing-masing instrumen investasi barulah kamu naik kelas ke produk investasi yang lebih berisiko seperti saham. Investasi reksa dana bukan hanya mengajarkanmu bagaimana cara berinvestasi di pasar modal, melainkan reksa dana juga menawarkan biaya investasi yang jauh lebih murah dibanding saham yang harus membeli minimal 1 lot saham = 100 lembar.

Coba saja, kamu buktikan hal tersebut sendiri dengan mengunduh aplikasi Ajaib di Google Play Store dan App Store dari masing-masing ponsel pintar milikmu. Di aplikasi Ajaib, kamu akan ditawarkan dua instrumen investasi di pasar modal yakni reksa dana dan saham. Untuk reksa dana, biaya investasinya sangat terjangkau mulai dari Rp10.000.

Biaya investasi reksa dana ini sangat cocok sekali bagi para mahasiswa yang masih bingung ingin ditaruh di mana uang yang dimiliki. Daripada, uang yang kamu miliki nantinya digunakan untuk hal-hal yang tidak semestinya alangkah baiknya kamu gunakan untuk suatu hal bersifat produktif seperti berinvestasi di reksa dana.

Pilihan investasi reksa dana pun juga beragam di antaranya reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Jenis-jenis reksa dana yang dijual di aplikasi Ajaib merupakan hasil racikan dari berbagai Manajer Investasi (MI) yang telah mengelola dana investor hingga miliaran rupiah.

Sehingga, tak perlu diragukan lagi kehebatan para Manajer Investasi (MI) yang menjadi mitra Ajaib dalam mengelola dana investor secara aman dan menguntungkan.

Pemilihan investasi reksa dana bisa menjadi sebuah solusi bagi kamu yang masih kesulitan untuk menganalisa berbagai rasio investasi dalam pasar modal. Sebab, uang yang kamu tempatkan di produk reksa dana akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI).

Saat Ini untuk Membeli Reksa Dana dan Saham Bisa Dilakukan Dalam Satu Aplikasi

Saat new normal, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Ajaib untuk membeli produk investasi seperti reksa dana dan saham secara bersamaan dengan sangat mudah dan praktis hanya melalui ponsel pintar milikmu saja.

Investasi saham di Ajaib memang diperuntukkan untuk generasi milenial zaman now yang baru ingin berinvestasi saham untuk mengamankan masa depan. Sebab, proses investasi saham di Ajaib dari pendaftaran hingga pembelian aset dilakukan 100% secara online.

Hal ini merupakan keuantungan bagi kamu yang ingin membeli saham di mana pun dan kapan pun sesuai dengan ketersedian waktu.

Tentunya sangat sulit untuk menemukan pilihan saham yang potensial dengan cara menganalisanya satu per satu. Tetapi, lewat aplikasi Ajaib kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur unggulan yang bisa membantu investor dalam memilih saham secara cepat dan tepat.

Misalnya melalui fitur Competitive Rangking yang menjadi salah satu analisa fundamental saat ingin berinvestasi saham, di mana rasio-rasio investasi tersebut bisa kamu lihat seperti ROE dan sebagainya.

Demikianlah bagaimana cara milenial untuk membeli produk investasi saat new normal, di mana kamu bisa memanfaatkan layanan digital investasi online Ajaib untuk memenuhi kebutuhan keuanganmu dalam hal berinvestasi di saham dan reksa dana.

Kedua instrumen investasi ini bisa menjadi pilihan investasi menguntungkan bagi kamu saat menghadapi kemungkinan resesi yang bisa dialami oleh Indonesia.

Saat resesi, investasi reksa dana pendapatan tetap untuk jangka pendek bisa menjadi pilihanmu. Sedangkan, saham-saham yang bisa dilirik berasal dari sektor properti dan kontruksi.

Artikel Terkait