Milenial

Ini Cara Menjadi Orang yang Kreatif dan Inovatif

Ajaib.co.id – Istilah kreatif dan inovatif merupakan istilah yang sering disejajarkan ketika bekerja. Pasalnya, seseorang yang kreatif dan inovatif mampu menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda pada umumnya.

Ternyata kedua istilah ini memiliki perbedaan arti yang dapat dilihat dari cara kerja seseorang dalam menggunakan istilah tersebut.

Apalagi jika kamu bekerja di suatu perusahaan yang bergerak di industri kreatif, sebagai karyawan kamu harus menjadi kreatif dan inovatif.

Lalu, apa yang dimaksud dengan kreatif dan inovatif serta bagaimana cara untuk mewujudkannya dalam bekerja?

Nah, supaya kamu dapat memahami kreatif dan inovatif itu sendiri, berikut penjelasan yang dapat dimengerti.

Perbedaan Kreatif dan Inovatif

Kreatif sendiri merupakan kata dasar dari kreativitas yang berarti kemampuan dalam menghasilkan karya atau sesuatu yang unik, berbeda, dan asli. Kreatif berarti kemampuan atau potensi yang ada di dalam diri setiap orang, baik hasilnya dapat berwujud atau tidak berwujud.

Kreativitas ada di dalam benak setiap orang dan dapat dikeluarkan pada waktu yang tepat. Misalnya saja pada saat bertukar pikiran dengan orang lain, kamu bisa berpikir kreatif untuk menerima dan berbagi gagasan.

Sedangkan inovatif atau inovasi, merupakan penerapan untuk menciptakan sesuatu yang bernilai bagi banyak orang. Inovasi dapat diukur berdasarkan suatu terobosan baru yang dihasilkan oleh seseorang.

Bagi setiap perusahaan, inovasi sangat dibutuhkan dalam proses pengembangan bisnis dan menghadapi kebuntuan atas produk yang biasa-biasa saja.

Oleh karena itu, dengan berinovasi perusahaan dapat menghasilkan produk yang lebih menarik dan diterima oleh pasar.

Seberapa Penting Kreativitas dan Inovasi pada Lingkungan Kerja?

Setiap orang dapat memberikan ide-ide kreatif yang berbeda. Akan tetapi, ide kreatif tersebut tidak akan menjadi apa-apa jika inovasi belum dilakukan. Sehingga kreativitas dan inovasi saling berkesinambungan.

Dengan kata lain, inovasi merupakan bentuk fisik atau wujud dari kreativitas. Di dalam lingkungan kerja, kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan.

Bagi setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan dituntut harus kreatif dalam mengeluarkan produk baru jika ingin bisnis perusahaan dapat berkembang dan maju.

Oleh karena itu, hal ini harus dicontohkan oleh pemimpin perusahaan yang mampu bersikap kreatif dan inovatif agar dapat ditiru atau diteladani oleh seluruh anggota tim dalam soal kreativitas dan inovasi.

Oleh karena itu, keberadaan kreativitas dan inovasi dalam lingkungan pekerjaan memiliki peran yang sangat penting.

Langkah dalam Menerapkan Kreativitas dan Inovasi pada Lingkungan Kerja

Untuk menerapkan kreativitas dan inovasi dalam lingkungan kerja bisa dilakukan dengan beberapa cara. Walaupun tidak semua orang dapat mengoptimalkan kreativitas dan inovasi yang ada di dalam diri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan di antaranya sebagai berikut:

·      Menggunakan proses design thinking dengan cara mengukur sejauh mana inovasi yang sudah dilakukan oleh perusahaan. Ada tiga tahapan dalam proses design thinking meliputi inspirasi, mengembangkan ide, serta penerapan.

·      Mempelajari akar permasalahan ketika proses design thinking tidak berpengaruh.

·      Melakukan brainstorming atau bertukar pikiran antar sesama tim, di mana akan ada ide atau gagasan terbaik yang muncul karena saling bertukar pikiran.

Tips untuk Menjadi Kreatif dan Inovatif

Setelah memahami pentingnya menjadi kreatif dan inovatif, tentu kamu bertanya-tanya bagaimana cara yang dilakukan agar bisa berpikir kreatif sekaligus inovatif.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamu mudah menjadi kreatif dan inovatif dalam hal apapun terutama pekerjaan di antaranya sebagai berikut:

Bergaul dengan Orang-Orang Kreatif

Jika kamu merasa diri kurang begitu kreatif dan tertarik untuk menjadi seperti itu kamu bisa melakukannya dengan berkumpul dan bergaul bersama orang kreatif.

Dengan berkumpul bersama mereka, biasanya pembicaraan akan mengarah ke kegiatan kreatif yang mungkin sebelumnya belum pernah kamu bicarakan.

Jangan malu untuk bertanya dan saling bertukar pikiran, dengan begitu kamu bisa menjadi kreatif.

Belajar dari Orang-Orang Kreatif

Setelah kamu berkumpul dan saling bertukar pikiran dengan orang kreatif, maka hal berikutnya yang harus dilakukan adalah belajar dari pembicaraan tersebut.

Pelajari bagaimana mereka menemukan ide dan gagasan yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. Bagaimana cara mereka menghasilkan sesuatu yang sifatnya kreatif.

Tetap Aktif

Untuk menjadi orang yang kreatif, kamu dituntut untuk terus bergerak aktif alias tidak malas. Kamu bisa mencoba untuk menghasilkan suatu ide baru dan realisasikan ide tersebut perlahan.

Jika dirasa kurang menarik, kamu bisa mencoba menghasilkan ide lainnya. Seiring berjalannya waktu, tanpa disadari kamu bisa menjadi orang yang kreatif.

Merasa Percaya Diri

Seseorang yang kreatif dan inovatif tidak akan merasa minder atau kurang percaya diri dengan kemampuannya.

Orang kreatif tidak akan takut untuk mengeluarkan dan menerapkan ide mereka. Jika gagal, hal tersebut akan dijadikan pelajaran.

Selalu Tertarik dan Ingin Belajar Sesuatu yang Baru

Untuk menjadi orang yang kreatif dan inovatif, kamu harus belajar dan meningkatkan keingintahuan kamu tentang hal baru.

Dengan begitu, kreativitas dan inovasi yang ada di kepala kamu dapat berkembang untuk kembali menghasilkan sesuatu yang baru.

Coba untuk Memulai

Langkah berikutnya untuk menjadi orang yang kreatif dan inovatif adalah dengan memulainya. Ide dan gagasan yang ada di kepala kamu tidak akan disebut kreatif dan inovatif jika kamu hanya menyimpannya rapat-rapat di dalam kepala.

Sebisa mungkin untuk menuangkannya baik ke dalam tulisan atau catatan, lalu persiapkan rencana yang tepat untuk memulainya.

Dengan begitu, ide di dalam kepala kamu akan keluar dan terus berkembang hingga menghasilkan kreativitas dan inovasi yang baru.

Untuk menjadi orang yang kreatif dan inovatif, baik dalam bekerja maupun berbisnis memang harus dilakukan secara terus-menerus.

Jangan pernah berhenti untuk berusaha dalam menghasilkan kreativitas dan inovasi yang berbeda. Dengan begitu, kamu bisa menjadi orang yang kreatif dan inovatif.

Selain menjadi kreatif dan inovatif, kamu juga harus menjadi seseorang yang penuh perencanaan. Perencanaan tersebut terutama dalam hal keuangan yaitu dengan memilih investasi sebagai rencana keuangan kamu.

Ada banyak instrumen investasi yang dapat kamu pilih sesuai dengan keuntungan yang diinginkan. Salah satunya dengan investasi di instrumen reksa dana.

Apalagi kini investasi reksa dana bisa dilakukan secara mudah melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen reksa dana. Dengan berinvestasi reksa dana di Ajaib, kamu dapat merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang dengan keuntungan berupa nilai investasi yang bertambah.

Semua bisa kamu lakukan hanya dengan berinvestasi reksa dana di Ajaib. Jadi tunggu apalagi, yuk download Ajaib di smartphone kamu untuk memulai investasi reksa dana sekarang.

Artikel Terkait