Ajaib.co.id – Memilih pekerjaan yang sesuai dengan dirimu kadang susah kadang mudah. Kamu pastinya ingin memiliki pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang disukai, lalu yang diperhitungkan selanjutnya adalah lokasi tempat kerja yang kamu tuju. Ada beberapa syarat yang biasanya kamu berlakukan untuk memilih tempat bekerja yang sesuai.
Sebenarnya kriteria tempat kerja yang baik bagi masing-masing individu berbeda. Lokasi kerja yang nyaman akan membuatmu nyaman juga dalam bekerja. Intinya tempat itu harus membuatmu betah bekerja karena kamu berharap dapat lama bekerja di perusahaan itu. Di bawah ini adalah hal yang paling umum yang sebaiknya tempat kerjamu miliki.
1. Lokasi yang mudah dijangkau
Kamu pasti akan senang bekerja di kantor yang mudah dijangkau dengan transportasi umum. Terutama jika kantormu itu ada di kota-kota besar. Misalnya kantormu berdekatan dengan stasiun commuter line, stasiun MRT, atau busway TransJakarta. Dengan begitu kamu juga tidak akan membuang uang untuk transportasi yang terkadang tidak kamu sadari paling menguras pengeluaranmu.
Kamu juga harus memikirkan apakah tempat kerjamu itu berada di depan jalan yang sering macet atau tidak. Akan lebih mudah jika kamu hanya cukup berjalan kaki dari transportasi umum. Atau yang paling mudah adalah kamu menyewa kost yang berdekatan dengan kantor dengan begitu kamu akan lebih leluasa dalam menjangkaunya.
2. Tersedia transportasi
Hal ini sebaiknya tersedia di kantor yang berada di pedalaman, bukan berada di kota metropolitan. Contohnya adalah kamu yang bekerja di perusahaan tambang, biasanya lokasi kerja berada di pedalaman di mana pertambangan itu ada. Hanya orang-orang yang berkaitan dengan perusahaan yang bisa masuk ke wilayah tersebut. Perusahaan yang baik biasanya akan menyediakan alat transportasi khusus untuk para karyawannya.
Jadi, kamu tidak perlu mencari-cari kendaraan sendiri karena itu akan sangat melelahkan. Dan dana transportasi pun sudah disediakan oleh perusahaan.
3. Fasilitas lengkap
Tempat kerja yang baik tidak harus luas, tapi memiliki fasilitas yang lengkap. Misalnya yang wajib ada di kantor adalah tersedianya minuman, toilet, komputer, laptop, ruangan meeting, ruangan kerja yang nyaman, dan tempat beribadah. Lalu tersedianya alat-alat penunjang seperti mesin fotokopi, mesin print, dan masih banyak lagi.
Lalu, jika kantor berada di pedalaman yang sulit dijangkau, perusahaan yang bagus sebaiknya menyediakan gedung yang dikhususkan sebagai penginapan, makanan, dan masih banyak lagi. Hal ini perlu kamu tanyakan dan cari tahu sebelum memutuskan untuk menerima pekerjaan di sana.
4. Lingkungan bersih
Tempat kerja yang membuat betah karyawannya adalah tempat yang terjaga kebersihannya. Biasanya sudah ada office boy yang akan menyapu, mengepel, dan membersihkan sampah-sampah yang ada di setiap ruangan. Ruangan perusahaan juga tidak memiliki bau tak sedap apa pun.
Namun, yang terpenting selanjutnya adalah karyawannya juga harus menjaga kebersihan dengan baik juga. Membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan, dan tidak mengotori meja dengan hal-hal yang tidak perlu, misalnya kejatuhan makanan atau kejatuhan kopi. Semua adalah tanggung jawab dari penghuni kantor. Untuk itulah kantor perlu menyediakan tempat sampah di setiap ruangan.
5. Ruangan kerja yang nyaman
Ruang kerja yang nyaman juga dibutuhkan oleh karyawan. Masing-masing karyawan memiliki satu meja untuknya sendiri. Mau ada sekat atau tidak, tidak masalah yang penting para karyawan masih bisa berkomunikasi dengan baik.
Lalu, pencahayaan dalam ruangan. Perusahaan harus bersedia menyediakan pencahayaan yang bagus, apalagi jika karyawan diharuskan bekerja dari pagi hingga malam. Akan lebih baik jika perusahaan menyediakan pencahayaan yang memadai.
Kemudian kamu pasti akan lebih nyaman bekerja di ruangan yang sudah ditetapkan. Bukan harus berpindah-pindah tempat duduk yang membuatmu kelelahan. Jadi, kamu juga harus memastikan apakah perusahaan menyediakan ruangan kerja yang seperti ini. Lalu, keberadaan AC juga akan sangat penting. Terutama jika kantor yang akan kamu masuki itu berada di kota metropolitan yang panas.
6. Tersedianya ruangan untuk beristirahat
Ruangan untuk beristirahat dan bermain. Beberapa perusahaan di Jakarta menyediakan ruangan seperti ini agar karyawannya tidak bosan bekerja terus, apalagi jika jam kerja mereka cukup panjang, mereka membutuhkan ruangan seperti ini.
Biasanya ruangannya tersedia buku untuk dibaca, kasur untuk tidur, dan berbagai benda penunjang lain yang kamu butuhkan. Bahkan ruangan ini bisa digunakan untuk menginap jika sesekali kamu diharuskan menginap di kantor. Namun, jangan terlalu sering menginap di kantor. Jam kerja kamu seharusnya tidak mengharuskanmu untuk menginap di sana.
7. Lingkungan yang saling suportif
Hal yang tidak kalah penting selain posisi lokasi perusahaan dan fasilitas yang dimilikinya adalah lingkungannya suportif atau tidak. Misalnya saja memiliki bos yang tahu bagaimana mengatur anak buahnya dengan baik, dan memberikan support pada anak buahnya tanpa menjatuhkannya, kemudian kamu nyaman dalam memberikan ide karena setiap ide diterima dengan sebagaimana mestinya, lalu kamu juga dapat meningkatkan potensi diri karena didukung.
Hal ini kebanyakan dapat kamu ketahui ketika masuk ke kantor. Sebenarnya kamu bisa mengetahuinya dari review-review perusahaan yang saat ini bisa kamu lihat di internet, kamu dapat mempelajarinya di sana. Review-review perusahaan tersebut biasanya berasal dari para karyawan yang sudah resign.
Seperti itulah kriteria lokasi kerja yang nyaman bagi karyawan. Ada banyak faktor, tapi yang paling umum adalah beberapa poin di atas. Kamu dapat mempertimbangkannya sebelum memilih perusahaan. Semoga kamu bekerja di perusahaan yang nyaman dan menghargai kinerjamu.