Fakta Menarik Es Kepal Milo yang Viral dan Lalu Dilupakan

es kepal milo
es kepal milo

Ajaib.co.id – Popularitas es kepal milo kini sudah banyak dilupakan. Ada beberapa hal yang menjadi perhatian mengapa bisnis ini redup alias sudah tidak laku. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Indonesia memang dikenal kaya akan kuliner yang ada di setiap daerahnya. Selain kaya akan kuliner, kreativitas dalam menghasilkan sebuah kuliner, baik makanan dan minuman bisa diacungkan jempol. Walaupun kuliner-kuliner terbaru saat ini merupakan kuliner serapan dari negeri lain, namun sajiannya terus dikembangkan. Buktinya saja keberadaan boba saat ini yang dikenal sebagai minuman terus dikembangkan menjadi kue boba atau es krim boba.

Kalau kita tarik sedikit ke 2 tahun lalu, tepatnya di tahun 2018, sempat viral es kepal milo yang ada di setiap pinggir jalan. Fenomena yang menghasilkan keuntungan alias bisnis memang tidak dapat dipungkiri untuk diikuti. Di mana, ada satu pedagang kaki lima yang menjual jajanan viral ini dengan untung yang fantastis karena banyaknya pembeli, maka hal ini menjadi peluang bagi orang lain untuk membuka bisnis yang sama.

Pasalnya, dalam membuat usaha es kepal milo ini modalnya tidak terlalu besar dengan bahan-bahan yang juga tidak sulit untuk didapatkan. Untuk satu mangkuk jajanan viral ini membutuhkan bahan-bahan seperti susu bubuk milo, es serut, susu kental manis, meses, dan topping. Tidak membutuhkan keahlian khusus, jika kamu bisa melihat peluang ini maka keuntungan bisa didapatkan.

Sayangnya, fenomena pedagang es kepal milo tidak mampu berlangsung dengan jangka waktu lebih lama. Pedagang jajanan viral ini satu persatu mulai hilang dan gulung tikar karena rendahnya pembelian minuman dengan tampilan makanan yang satu ini. Banyaknya pedagang yang menjual kuliner ini nampaknya bisa menjadi salah satu alasan mengapa jajanan hits ini sudah hilang pamornya.

Selain itu, beberapa orang membeli es kepal milo karena rasa penasaran mereka atas viralnya makanan yang satu ini. Tidak heran jika pamor jajanan ini tidak dapat bertahan lama. Lalu, sebenarnya dari mana asal-usul kedatangan es kepal milo hingga bisa eksis walau dalam waktu yang tidak lama. Untuk mengetahui hal ini dan fakta menarik terkait es kepal milo, berikut penjelasan yang dapat kamu pahami.

Awal Mula Kemunculan

Mungkin kamu pernah berpikir dari mana sebenarnya asal usul es kepal milo bisa hadir dan viral di Indonesia. Ternyata, kuliner ini berasal dari negeri Jiran alias Malaysia. Pertama kalinya jajanan ini dikenalkan oleh Gerai Ais Kepal Milo Tok Abah di Kuala Kangsar. Gerai yang dimiliki oleh pasangan suami istri Saed Lamin dan Shariah Hashim ini dikenal sebagai penjual minuman.

Hal ini yang menjadi inspirasi bagi pasangan muda Danang Aryo Dempo Wiguno dan Rara di Yogyakarta untuk pertama kalinya memperkenalkan es kepal milo di Indonesia pada Maret 2018. Tepatnya melalui Gerai Ais Kepal Jogja. Ditambah review dari salah satu food blogger di Yogyakarta terkait makanan ini dan membuat jajanan viral ini mulai banyak digandrungi karena penasaran seperti apa rasa yang dikeluarkan.

Kemudian, fenomena es kepal milo mulai merambah di kota-kota lainnya hingga mulai banyak pedagang yang menjual jajanan viral ini karena pembelinya semakin meningkat.

Campuran yang Lezat namun Kaya akan Kalori

Tampilan hidangan viral ini begitu menarik dan menggugah selera makan kamu memang tidak bisa dipungkiri. Hal ini karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuat satu mangkuk makanan ini adalah bubuk milo, susu kental manis, es serut, dan toppingan seperti kacang, biskuit, keju, dan meses. Bahan-bahan ini jelas menjadi favorit untuk membuat dessert yang lezat dan enak.

Akan tetapi, dibalik kelezatan dan kenikmatannya, makanan ini ternyata mengandung jumlah kalori yang sangat tinggi. Tidak heran karena rata-rata menggunakan bahan yang kandungan manisnya juga tinggi. 1 mangkuk es kepal milo itu memiliki kalori sebanyak 1.000 Kkal yang meliputi 5 sendok bubuk milo sebesar 321 Kkal, 100 gram susu kental manis setara 343 Kkal, 1 sendok bubuk coklat setara 46 Kkal, dan ditambah topping lainnya.

Bukan tidak mungkin kandungan gula, lemak, dan garam dalam lezatnya es kepal milo dapat memberikan risiko penyakit seperti obesitas, diabetes, dan masih banyak lainnya.

1 Porsi Setara dengan 1 Bungkus Nasi Padang

Mengonsumsi satu porsi hidangan viral ini memiliki kandungan kalori yang setara dengan makanan berat seperti nasi padang dalam porsi lebih dari satu. Hal ini berarti, jika kamu makan satu piring nasi padang dengan lauk yang bermacam-macam dalam waktu beberapa kali, maka kalorinya sama dengan satu porsi es kepal milo. Jika satu porsi nasi padang dengan lauk memiliki jumlah kalori sebesar 127 Kkal, maka kamu sama dengan makan nasi padang sebanyak 4-5 piring untuk 1 porsi jajanan hits ini.

Terserang Penyakit Mematikan karena Mengonsumsi Secara Berlebihan

Kandungan kalori yang luar biasa tingginya, memungkinkan kamu terserang penyakit degeneratif yang mematikan. Sebut saja obesitas, jantung, dan diabetes dapat muncul karena mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan. Hal ini disebabkan karena kandungan gula pada es kepal milo yang sangat tinggi. Selain itu, kandungan manis yang tinggi ini juga dapat mengakibatkan pembebanan pada kinerja hati, resistensi insulin, kerusakan pada gigi, dan munculnya kanker.

Mengais Keuntungan yang Tinggi

Di samping kandungan manis dari hidangan es kepal yang cukup berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan ini juga memiliki dampak positif khususnya bagi para pedagang. Viralnya hidangan bertabur cokelat ini membuat banyak orang ingin mencoba kuliner ini dan mengunjungi beberapa pedagang terdekat serta rela mengantri untuk mendapatkan 1 porsi es kepal milo. Tidak heran banyak pedagang yang mengais laba sangat tinggi ketika berjualan es kepal milo.

Walau sempat berada di atas sebagai kuliner yang banyak dicari orang, pamor es kepal milo kini seolah ditelan bumi alias hilang. Bisa dikatakan, sulit mencari pedagang yang masih berjualan makanan yang satu ini. Pada satu waktu, es kepal milo sempat dikembangkan menjadi es kepal matcha green tea. Namun, tetap tidak seperti penjualan es kepal di awal-awal.

Banyak pertimbangan atau alasan hilangnya makanan yang satu ini. Alasan seperti banyaknya pedagang yang berjualan di mana-mana dan kandungan es kepal milo yang tidak baik bagi tubuh jika dikonsumsi, menjadi permasalahan utama. Namun, tetap saja dalam berbisnis itu dibutuhkan perencanaan yang baik dan strategi yang akan diambil ketika bisnis mulai meredup.

Sama halnya dengan berinvestasi, jika kamu ingin mendapatkan keuntungan dari setiap investasi yang dilakukan. Kamu harus merencanakan dan mempersiapkannya dengan baik. Salah satu produk investasi yang bisa digunakan adalah reksa dana. Reksa dana kini menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin berinvestasi dan mendapatkan keuntungan besar serta risiko yang rendah.

Apalagi kini investasi reksa dana bisa dilakukan secara online melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib hadir untuk memudahkan setiap orang yang ingin berinvestasi menggunakan instrumen reksa dana. Kamu akan direkomendasikan untuk memilih jenis reksa dana mana yang menguntungkan. Cukup dengan download aplikasi Ajaib di smartphone, kamu bisa menemukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait