Banking

E-rate BCA, Permudah Cek Nilai Tukar Berbagai Mata Uang

rate bca

Ajaib.co.id – Saat ini kamu sudah tidak perlu bingung lagi jika ingin mengecek nilai kurs, kamu bisa mengecek secara langsung melalui e-rate BCA. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan ini.

Rate nilai tukar kurs mata uang dari berbagai negara memang selalu diupdate setiap harinya di Bank BCA. Jadi, kamu yang ingin mengetahui nilai tukar kurs mata uang, kamu bisa cek nilainya melalui e-Rate BCA.

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, tentu saja bank ini dijadikan sebagai tempat untuk mengurus berbagai keperluan dan kebutuhan finansial seperti tabungan, kartu kredit, simpanan, dan juga penukaran mata uang asing.

Kebutuhan akan informasi terkini mengenai nilai tukar kurs sekarang ini memang sangat dibutuhkan bagi banyak orang. Apalagi, bagi kamu yang memang merupakan seorang traveler dan suka bepergian ke luar negeri, atau hanya untuk perjalanan bisnis saja.

Sepertinya memantau dan melihat perkembangan nilai kurs lewat e-Rate BCA tidak dapat dipisahkan lagi dalam kehidupan. Sebab, pada dasarnya pasti semua orang ingin mendapatkan nilai tukar kurs yang paling kompetitif.

Oleh karenanya, di layanan Bank BCA ini, kamu bisa menghitung dan melihat perbandingan dari 3 tipe kurs yang ditampilkan di website e-Rate BCA. Berikut cara mengecek nilai kurs lewat website e-Rate BCA:

Cara Mengetahui Nilai Kurs dan Kalkulator E-Rate BCA

  • Halaman e-Rate BCA bisa kamu akses melalui komputer ataupun ponsel pintar milikmu, dengan membuka halaman website www.bca.co.id/en/e-rate.
  • Setelah kamu membuka halaman website tersebut, kamu bisa melihat setidaknya ada 16 jenis mata uang seperti USD, Yuan, Yen, SGD, dll.
  • E-Rate BCA memberikan informasi dari 3 jenis kurs yakni e-Rate, TT Counter, dan Bank Notes. Di mana, ketiga jenis kurs tersebut akan menampilkan kurs jual dan kurs beli yang berbeda-beda.
  • Bila kamu sudah mengetahui nilainya misalnya untuk mata uang dollar AS, kamu bisa menghitung uang yang ingin kamu tukarkan dengan mengisi e-Rate Converter. Setelah itu secara otomatis akan menampilkan hasil konversi nilai mata uang yang kamu inginkan.
  • E-Rate Converter BCA terletak di halaman yang sama dan berada di sisi kanan pada halaman website tersebut.

Mudah sekali, bukan? Jika kamu ingin mencari tahu nilai tukar kurs mata uang melalui e-Rate BCA di website resmi milik mereka.

Tipe Kurs Mata Uang di Bank BCA

e-Rate BCA

E-Rate BCA hanya diberlakukan untuk transaksi valuta asing melalui saluran digital. Jika kamu ingin melakukan transfer langsung dalam bentuk mata uang SGD dan USD, kamu bisa menggunakan layanan KlikBCA (mobile banking). Di mana, sistem ini diberlakukan secara real-time dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Layanan dari Bank BCA ini biasanya dimanfaatkan oleh kalangan pebisnis dan lain sebagainya. Kegunaannya untuk melakukan transfer dalam bentuk mata uang asing dengan cepat dan mudah melalui laptop atau ponsel pintar dengan mengakses layanan KlikBCA Invidual atau Bisnis.

Selain hemat waktu dan biaya, kamu juga tidak perlu repot-repot untuk datang langsung ke Bank BCA, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, tenaga dan waktu.

TT Counter

TT Counter adalah layanan penukaran mata uang asing, yang bisa kamu lakukan di counter bank. Jika transaksi valuta asingmu di atas USD25.000/bulan, kamu perlu membawa dokumen pendukung transaksi seperti invoice, perjanjian kredit, dll.

Kamu bisa melakukan penukaran mata uang asing langsung di counter bank dengan pilihan 14 mata uang asing.

Bank Notes

Kalau tipe kurs di BCA satu ini hanya untuk menerima penukaran jual-beli valuta asing dalam bentuk uang kertas saja. Kamu bisa jual-beli valuta asing dengan pilihan 20 mata uang asing yang tersedia di Bank BCA. Namun jika transaksi mata uang asing di atas USD 25.000, kamu bisa menyertakan dokumen pendukung transaksi seperti invoice, perjanjian kredit, dll.

Aturan Transaksi Valuta Asing

Jadi, transaksi valuta asing di atas USD25.000 harus dilengkapi dengan dokumen pendukung transaksi, hal ini dilakukan agar mempermudah Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Kementerian Keuangan lewat forum Komite Kebijakan Sistem Keuangan (KKSK).

Hal ini merupakan cara pengawasan yang ketat dan intensif bagi transaksi valuta asing di Indonesia, khususnya bagi spekulan valas yang membuat nilai Rupiah semakin terpuruk.

Bahkan, pemerintah sudah mempertimbangkan akan memberikan sanksi kepada para spekulan valas yang mencari keuntungan di saat nilai rupiah sedang tidak baik seperti saat ini.

Semua aturan transaksi valuta asing ini sudah diatur di PBI 18/18/PBI/2016, yang mengatur dan memastikan bahwa pihak bank untuk meminta dokumen pendukung transaksi jika nasabah melakukan transaksi valas di atas USD25.000/bulan.

Sebelumnya nasabah bisa membeli dollar AS hingga $100.000 tanpa harus disertai dokumen pendukung transaksi. Hal yang ditakutkan oleh Bank Indonesia (BI) adalah untuk menghindari penyimpanan mata uang dollar AS.

Keuntungan Menggunakan e-Rate BCA

Saat kamu menggunakan e-Rate BCA, kamu bisa mendapatkan keuntungan antara lain:

  • Nilai kurs e-Rate bisa memberikan harga yang lebih kompetitif dibanding langsung di counter.
  • Tidak memerlukan uang fisik saat bertransaksi valas, dan tidak perlu repot-repot harus datang langsung ke kantor cabang.
  • E-Rate BCA menyediakan pilihan 14 mata uang asing untuk ditransaksikan.
  • Kamu bisa memantau pergerakan nilai kurs secara real-time. Kamu dapat mengikuti perkembangan 14 mata uang asing selama jam transaksi berlangsung.

Itulah 3 tipe kurs rate BCA yang diberlakukan di Bank BCA yakni e-Rate, TT Counter, dan Bank Notes. Selain mudah untuk bertransaksi valas di Bank BCA, kamu juga akan mendapatkan jaminan kualitas pelayanan yang baik serta uang yang kamu tukarkan tersebut dipastikan keasliannya.

Artikel Terkait