Pensiun

E-Klim Taspen Layanan Cek Tunjangan Hari Tua dan Pensiun

e-klim taspen

Ajaib.co.id – Kamu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pengen tau besaran dana pensiun dan saldo Tabungan Hari Tua? PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri atau PT TASPEN (Persero) kini sudah punya layanan digital bernama E-Klim Taspen, lho! Hal ini membuat kamu tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor Taspen untuk mengeceknya.

Apa Itu E-Klim?

E-Klim adalah layanan pengecekan saldo Tabungan Hari Tua dan besaran dana pensiun untuk ASN secara online yang bisa diakses menggunakan smartphone. E-Klim bisa digunakan di mana saja dan kapan saja, sehingga nasabah PT TASPEN (Persero) tidak perlu membuang waktu dan tenaga.

Cara Cek Saldo di E-Klim Taspen

E-Klim Taspen bisa diakses melalui aplikasi MOBILE Taspen di smartphone maupun langsung ke halaman di website E-Klim Taspen. Namun kamu harus tahu bahwa saldo yang akan muncul saat pengecekan ini merupakan estimasi dan bisa berubah sesuai gaji pokok dan jumlah keluarga nasabah yang masuk dalam tanggungan.

Jadi, kalau kamu mendapatkan kenaikan jabatan, besaran dana pensiun dan Tunjangan Hari Tua otomatis berubah.

Ini adalah cara pengecekan E-Klim Taspen melalui MOBILE Taspen.

  • Pastikan kamu punya aplikasi MOBILE Taspen yang terpasang di smartphone. Jika belum punya, unduh terlebih dulu di Google Play Store.
  • Jika aplikasi sudah terpasang, buka aplikasi, kemudian pilih menu SIMULASI.
  • Akan muncul 2 pilihan, yaitu ESTIMASI TMT BUP dan ESTIMASI TMT BULAN INI
  • PIlih ESTIMASI TMT BUP, lalu masukkan Nomor Induk Pegawai (NIP) atau nomor Kartu PNS Elektronik (KPE)
  • Jika sudah termuat semua, akan muncul tampilan saldo Tabungan Hari Tua dan dana pensiun.

E-Klim Taspen juga bisa diakses melalui website eklim.taspen.co.id bagi kamu yang ingin mengakses saldo Taspen lewat desktop maupun mobile browser. Berikut langkah pengecekannya:

  • Buka halaman eklim.taspen.co.id di desktop maupun mobile browser.
  • Masukkan Nomor Taspen (NOTAS), Tanggal Lahir, dan 3 digit terakhir Nomor Urut Kartu yang ada di Kartu Peserta Taspen (sebelah barcode).
  • Isi semua data yang diperlukan, kemudian Login
  • Pilih menu Estimasi Manfaat
  • Klik Estimasi Hak Usia Pensiun (BUP)
  • Jika halaman sudah termuat semua, akan muncul informasi dana pensiun dan Tunjangan Hari Tua kamu.

Mengenal Layanan PT TASPEN (Persero)

PT TASPEN (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik negara yang memang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi ASN dan Pejabat Negara. Walau selama ini dikenal sebagai penyedia layanan bagi ASN, PT TASPEN (Persero) kini juga melayani mereka yang berstatus non-PNS, yaitu bagi tenaga honorer di instansi pemerintahan.

Sejak awal berdirinya tahun 1963, perusahaan ini terus berinovasi dengan menyediakan layanan berbasis digital mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu komitmen mereka untuk mewujudkan hal ini adalah keberadaan E-Klim.

Saat ini PT TASPEN (Persero) juga punya 3 anak perusahaan dengan bisnis yang berbeda-beda. Mereka adalah PT Taspen Properti Indonesia, PT Asuransi Jiwa Taspen, dan PT Bank Mandiri Taspen.

PT Taspen Properti fokus pada penyewaan gedung dan pembangunan properti, PT Asuransi Jiwa taspen menawarkan produk proteksi mulai dari asuransi jiwa, program pensiun, hingga perencanaan hari tua, sedangkan PT Bank Mandiri Taspen menjalankan bisnis di bidang perbankan dengan target pasar UMKM dan pensiunan.

Layanan PT TASPEN (Persero)

Selain E-Klim, PT TASPEN (Persero) juga punya empat layanan lainnya sebagai penyelenggara Jaminan Sosial ASN dan Pejabat Negara, yaitu:

Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

JKK adalah perlindungan risiko kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja berupa perawatan, santunan, dan tunjangan cacat. JKK bisa digunakan oleh Calon PNS, PNS, dan PPPK, Pejabat Negara, serta Pimpinan / Anggota DPRD. ASN di lingkungan Kementerian Pertahanan dan Kepolisian Republik Indonesia jadi pengecualian.

Iuran JKK adalah 0,24% dari gaji pokok yang dibayarkan oleh pemberi kerja. Dengan itu, maka peserta berhak untuk mendapatkan perawatan sampai dinyatakan sembuh, 100% gaji sebagai santunan sementara akibat kecelakaan kerja sampai bekerja kembali, uang duka tewas, rehabilitasi medik maksimal, gigi tiruan maksimal, biaya pemakaman, pengangkutan jenazah, beasiswa sekolah anak, dan tunjangan cacat.

Tabungan Hari Tua (THT)

THT menggunakan prinsip dwiguna yang artinya pemberian uang pertanggungan saat tertanggung meninggal dan juga memberikan seluruh uang pertanggungan jika tertanggung masih hidup pada masa akhir pertanggungan. ASN yang berhak mendapatkan THT adalah PNS, Pejabat Negara, dan Hakim. Besaran iuran THT adalah 3,25% x penghasilan sebulan (gaji pokok+tunjangan keluarga).

Program Pensiun

Program Pensiun adalah pemberian penghasilan kepada penerima pensiun setiap bulan sebagai jaminan hari tua dan penghargaan atas jasa selama bertahun-tahun bekerja.

Program ini diperuntukkan bagi PNS Pusat, PNS Daerah Otonom, Pejabat Negara, Hakim, Penerima Tunjangan Perintis Kemerdekaan, Penerima Pensiun anggota ABRI yang diberhentikan dengan hak pensiun sebelum April 1989, Penerima Tunjangan Veteran dan Dana Kehormatan, Penerima Pensiun eks PNS Departemen Perhubungan pada PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan Penerima Pensiun Pegawai Negeri Sipil Eks Perusahaan Jawatan Pegadaian Departemen Keuangan.

Jaminan Kematian

Perlindungan atas risiko kematian bukan akibat kecelakaan kerja disebut Jaminan Kematian. Kepesertaan layanan ini adalah Calon PNS, PNS, dan PPPK, Pejabat Negara, serta Pimpinan / Anggota DPRD. Iurannya 0,72% dari gaji pokok yang dibayarkan oleh pemberi kerja.

Santunan Kematian yang didapatkan adalah santunan sekaligus sebanyak RP15 juta, Uang Duka Wafat sebanyak 3 kali gaji terakhir, Biaya Pemakaman RP7,5 juta, dan Beasiswa Rp15 juta untuk 2 orang anak.

Itu dia semua yang harus kamu ketahui soal PT TASPEN (Persero) berikut layanan-layanannya, termasuk E-Klim. Melihat benefit untuk pensiun dan hari tua yang begitu menjanjikan, tak heran jika masih banyak orang yang bermimpi menjadi ASN.

Dana pensiun atau dana hari tua juga bisa diraih oleh non-ASN, lho! Salah satu cara yang bisa dilakukan agar bisa punya dana di hari tua adalah dengan melakukan investasi sejak dini. Salah satu investasi yang bisa kamu lakukan adalah investasi reksa dana. Kamu bisa mulai investasi reksa dana sebesar Rp10 ribu di Ajaib yang aman dan terpercaya.

Artikel Terkait