Banking

5 Cara Mudah Ini Untuk Mengecek Kurs Dollar di BCA

kurs bca

Ajaib.co.id – Sekarang ini, semakin banyak pilihan untuk mengetahui nilai tukar rupiah terhadap mata uang lainnya. Namun, banyak orang menggunakan kurs dollar di BCA karena BCA menawarkan nilai tukar yang relatif tinggi, terutama untuk tukar uang dollar Amerika Serikat.

Maka dari itu, wajar jika banyak orang yang berinvestasi dollar di Bank BCA. Mereka bisa membeli dengan harga yang relatif lebih murah dan menjual dengan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kurs dari bank lain.

Mungkin itu pula yang akan membuat kamu tertarik melakukan investasi atau jual beli dollar melalui BCA. Namun, tunggu dulu! Ada hal lain yang akan membuat kamu lebih tertarik. Saat ini, BCA menawarkan berbagai cara untuk mengetahui kurs BCA. Lupakan harus datang ke bank BCA, itu cara kuno! Ada beberapa cara yang lebih modern yang bisa kamu pilih.

BCA Tawarkan Berbagai Cara Cek Kurs

BCA sekarang sudah merilis apa yang disebut dengan e-rate BCA. Ini merupakan kurs khusus yang bisa dilihat oleh semua nasabah bank BCA. Lalu, bagaimana cara mengecek e-rate BCA tersebut? Ada 5 cara yang bisa kamu pilih.

1. VIRA

Ini merupakan layanan terbaru yang dikeluarkan oleh bank Bank Central Asia (BCA). VIRA merupakan virtual assistance yang dimiliki oleh BCA. Gunanya untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh nasabah. Dengan menggunakan VIRA, kamu sebagai nasabah bank BCA seolah-olah memiliki asisten pribadi yang akan memberikan informasi apapun, terutama terkait dengan kurs BCA.

Bagaimana cara agar kamu bisa memiliki virtual assistant ini? Kamu perlu ke ATM BCA untuk mendaftarkan nomor handphone. Kemudian, masuk ke fitur e-banking agar kamu mendapatkan OTP atau One Time Password.

Setelah mendapatkan OTP, lalu buka platform chat yang sering kamu gunakan, Entah itu Facebook Messenger, Line atau Kaskus Chat. Masukkan nomor kartu ATM dan nomor handphone kamu. Lalu, aktivasi dengan menggunakan OTP yang sudah kamu dapatkan dari ATM.

Nah, setelah langkah-langkah tersebut kamu lakukan, kamu bisa langsung melakukan chat dengan VIRA. Coba saja ajukan berbagai pertanyaan. Kamu juga bisa chat untuk bertanya mengenai nilai kurs BCA.

2. BCA Mobile

Hampir setiap nasabah BCA sekarang mengaktifkan BCA Mobile. Apalagi bagi mereka yang sering melakukan transaksi secara online. Sepertinya BCA Mobile ini wajib diaktifkan.

Selain untuk melakukan transaksi, kamu juga bisa cek nilai tukar mata uang melalu BCA Mobile. Caranya, masuk ke aplikasi BCA Mobile lalu cari fitur nilai tukar mata uang.

3. Klik BCA

Selain melalui BCA Mobile, kamu juga bisa cek melalui situs resmi BCA yaitu www.klikbca.com.

4. ATM

Ini cara lama tapi layak juga untuk kamu coba. Di ATM BCA, ada juga fitur kurs BCA.

5. SMS Banking

Sudah jarang sekali orang menggunakan SMS Banking. Setelah ada platform chatting namun tetap saja kamu bisa manfaatkan. Bukan untuk chatting tapi untuk mengetahui nilai mata uang yang ditetapkan oleh BCA.

Nah, kira-kira cara mana yang paling mudah untuk kamu gunakan? Yang pasti, kamu harus terus melakukan checking terhadap nilai mata uang tertentu. Nilai mata uang berubah-ubah. Di saat itulah kamu bisa membuat keputusan untuk mendapatkan keuntungan.

Kenapa Kurs Selalu Berubah

Perubahan nilai mata uang inilah sebenarnya yang membuat kamu bisa mendapatkan keuntungan. Sederhananya, ketika nilai mata uang tertentu turun, kamu bisa beli. Ketika nilainya naik, kamu bisa jual. Selisih harga beli dan harga jual itulah keuntungan yang kamu dapatkan.

Akan tetapi, pernah kamu berpikir kenapa kurs berubah? Sebenarnya, ini sama dengan teori ekonomi, yaitu supply dan demand. Ketika permintaan atau demand tinggi, maka harganya naik.

Hal ini disebabkan barang yang dibutuhkan tersebut semakin langka di pasaran. Sebaliknya, jika permintaan rendah, maka harga turun karena barang banyak di pasaran.

Begitu pula dengan nilai mata uang. Ketika banyak orang yang membeli dolar, maka dollar langka, harganya pun akan naik. Sebaliknya, jika tidak banyak yang menukarkan rupiah dengan dollar, maka nilai dollar turun.

Faktor lain yang menyebabkan perubahan kurs BCA adalah seperti kondisi ekonomi sebuah negara, utang negara terhadap negara lain, hingga pandemi virus corona seperti saat ini, dan lain sebagainya.

Jika kamu membeli dollar AS misalnya, harganya biasanya dipengaruhi oleh harga emas. Ketika harga emas turun, kemungkinan harga dollar naik. Begitu juga sebaliknya. Kenapa demikian? Karena ketika harga emas naik, banyak orang yang menjual dollar dan uangnya digunakan untuk membeli emas.

Memang hal seperti itu tidak pasti tapi yang sering terjadi memang demikian. Jadi. banyak faktor yang mempengaruhi naik turunnya nilai mata uang tertentu.

Namun, sebagai investor, itulah seninya. Ketika adanya kenaikan dan penurunan, di sanalah ada peluang di mana kamu bisa mendapatkan keuntungan. Yang perlu kamu lakukan adalah mengaktifkan naluri dagang pada diri kamu. Kamu harus pintar menebak kapan waktunya untuk membeli mata uang tertentu dan kapan kamu harus melepas atau menjualnya.

Pastikan kamu mendapatkan informasi terbaru mengenai kurs BCA. Gunakan salah satu aplikasi yang sudah ditawarkan oleh pihak Bank BCA. Perubahan nilai mata uang selalu diperbaharui secara real time.

Hari ini, 10 Juli 2020, harga dolar AS berada di level 14,452.75. Jadi, bagi kamu yang ingin memulai investasi valuta asing (valas), maka pastikan kamu mengecek kurs beli dan kurs jual dolar terbaru ya. Nah, selain investasi valas, kamu juga bisa memilih instrumen investasi reksa dana ataupun saham yang dapat kamu lakukan dengan mudah di Ajaib, kapan dan di mana saja secara online.

Ajaib merupakan platform investasi online baik reksa dana maupun saham yang dapat membantu kamu memulai investasi dengan mudah. Selain itu, untuk memulai investasi ini pun kamu hanya perlu modal mulai dari Rp10 ribu. Mudah dan murah bukan? Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai investasi sekarang!

Artikel Terkait