Cerita Inspiratif Orang Buta yang Berjuang Demi Keluarga

cerita inspiratif
cerita inspiratif

Ajaib.co.id – Dalam hidup ini tak sedikit orang yang menganggap dirinya merasa sudah gagal. Hal itu didasari oleh rasa putus asa dan hilangnya semangat untuk menjalani hidup. Apapun masalahnya, menghindar bukanlah sebuah solusi yang baik tapi justru harus dihadapi dengan senantiasa memanjatkan doa kepada Tuhan. Ada banyak sekali cerita inspiratif yang bisa membantu seseorang untuk memotivasi diri sendiri.

Kita harus paham bahwa ada banyak orang yang mengalami permasalahan hidup lebih rumit daripada diri sendiri. Untuk itu berbagai kisah nyata tentang perjuangan hidup seseorang bisa jadi penyemangat dan lebih bersyukur lagi.

Seperti cerita inspirasi dari orang buta yang tidak diinginkan oleh lingkungan sekitarnya. Namun, pada akhirnya ia bisa menggapai kesuksesan demi memperbaiki kehidupan ekonomi keluarganya. Berikut cerita selengkapnya.

Srikant dari India

Cerita inspiratif ini datang dari orang bernama Srikanth yang lahir di India. Tidak seperti kebanyakan anak lainnya, Srikanth ini sudah mengalami kebutaan sejak lahir. Karena kondisinya tersebut membuat orang-orang di lingkungan sekitarnya tak menginginkan kehadirannya.

Bahkan beberapa kerabatnya sendiri memberikan saran kepada orang tuanya lebih baik ditinggalkan saja. Terlebih kedua orang tua Srikanth hidup dalam kemiskinan sehingga banyak anggapan akan sangat sulit untuk merawatnya.

Akan tetapi keputusan orang tuanya adalah tetap membesarkan Srikanth apapun keadaanya dan tetap memberikan pendidikan yang baik. Meski dalam keterbatasan fisik, Srikanth sangat beruntung memiliki orang tua yang mau menerima keadaan anaknya dengan penuh kasih sayang. Sementara di luar sana banyak sekali cerita orang tua menelantarkan anaknya meskipun kondisinya normal.

Terlebih kedua orang tua Srikanth hidup dalam kemiskinan sehingga banyak anggapan akan sangat sulit untuk merawatnya. Akan tetapi keputusan orang tuanya adalah tetap membesarkan Srikanth apapun keadaanya dan tetap memberikan pendidikan yang baik.

Meski dalam keterbatasan fisik, Srikanth sangat beruntung memiliki orang tua yang mau menerima keadaan anaknya dengan penuh kasih sayang. Sementara di luar sana banyak sekali cerita orang tua menelantarkan anaknya meskipun kondisinya normal.

Kesabaran dan kasih sayang yang tak habisnya dari orang tua membuat Srikanth merasa termotivasi untuk bisa hidup lebih baik. Keputusan orang tuanya pun berbuah manis, karena anak mereka bisa tumbuh dewasa dan menjadi sukses dengan penghasilan besar.

Srikanth pun bisa memperbaiki keadaan keluarganya keluar dari kemiskinan dan menjadi lebih baik. Menariknya, ia meraih kesuksesannya di usia muda 23 tahun dengan menjadi seorang pebisnis. Srikanth membangun perusahaan yang dapat memberikan manfaat bagi banyak orang, terlebih untuk mereka yang punya keterbatasan fisik seperti yang ia alami.

Srikanth mengungkapkan bahwa apa yang telah dicapainya ini bukan semata karena kerja kerasnya sendiri, melainkan kasih sayang dari orang tuanya. Keputusan orang tuanya untuk tidak meninggalkannya dan tetap membesarkannya serta sayang padanya membuat Srikanth sangat bersyukur. Keberhasilannya merupakan sebuah bentuk rasa balas budi kepada orang tuanya yang sudah begitu mencintainya.

Dari kisah kehidupan Srikanth yang buta tersebut tentu bisa memberikan sebuah motivasi dan kekuatan besar, terutama untuk kamu yang memiliki masalah serupa.

Keterbatasan fisik seseorang bukan berarti jadi penghambat dalam menggapai kesuksesan. Keberhasilan juga bisa diraih di usia muda yang dibarengi dengan semangat juang dan tidak putus asa apapun kondisinya. Kuncinya adalah untuk terus memberi dukungan dan semangat meskipun keadaannya tidak sempurna.

Beri pengertian bahwa ketidaksempurnaannya tetap ada masa depan yang cerah menanti. Srikanth kecil yang dulu tidak diinginkan keberadaannya oleh saudara-saudaranya sendiri, sekarang ia menjadi seorang entrepreneur yang juga mampu memberikan manfaat buat sesamanya yang mengalami keterbatasan fisik.

Cerita Inspiratif Orang Buta Lainnya

#1 James Holman

Pria yang lahir di 15 Oktober 1786 ini dikenal sebagai Blind Traveler, penulis, sekaligus pengamat sosial dari Inggris. pria ini dikenal lewat tulisan-tulisannya tentang perjalanan. Bukan hanya menderita kebutaan, James juga menderita beberapa penyakit yang dapat menghalangi mobilitasnya. Walau seperti itu, ia tetap melakukan tour keliling dunia dan menghabiskan waktu dengan menulis kisah perjalanannya dengan menarik dan diminati banyak orang. Kegigihannya inilah yang dapat membantu ia dikenal oleh banyak orang.

#2 Tofiri Kibuuka

Meski fisiknya yang terbatas, Tofiri Kibuuka bisa menjadi seorang atlet profesional yang pernah berkompetisi untuk Uganda, dan kini telah memperoleh kewarganegaraan Norwegia. Tofiri juga pernah berpartisipasi dalam Paralimpiade dan dari1976-2000, dan berhasil memenangkan lima medali perak dan satu perunggu. Selain itu, pada tahun 1968, Tofiri menjadi salah satu orang buta pertama yang sukses mencapai puncak Gunung Kilimanjaro. Aksi Tofiri membuatnya kemudian mendapatkan perhatian media dan pujian dari Menteri Tenaga Kerja Uganda.

#3 Helen Keller

Helen Adams Keller merupakan salah satu wanita yang menginspirasi selanjutnya. Bagaimana tidak, meski memiliki keterbatasan, ia memiliki profesi sebagai penulis, aktivis politik, sekaligus dosen dari Amerika. Helen juga menjadi tuna rungu pertama yang berhasil memperoleh gelar Bachelor of Arts di Amerika. Ia terus berjuang dengan terus beljara caranya berkomunikasi dengan baik meskipun keterbatasan fisik menimpanya. Di Amerika Serikat, hari lahirnya Helen yang jatuh pada tanggal 27 Juni diperingati sebagai Hari Helen Keller.

#4 Andrea Bocelli

Ia merupakan seorang penyanyi tenor Italia yang telah mendunia. Lahir dengan kondisi penglihatan yang buruk, ia buta sejak usianya 12 tahun setelah mengalami kecelakaan saat bermain bola. Sejak memenangkan kategori Pendatang terbaik dalam Sanremo Music Festival tahun 1994, Bocelli terus meroket di belantika musik dunia. Selain itu, namanya juga telah mencatat 14 album solo studio, dan pop musik klasik, tiga album greatest hits, dan sembilan opera, serta menjual lebih dari 80 juta rekaman di seluruh dunia.

#5 Stevie Wonder

Pria yang lahir pada 13 Mei 1950 ini memiliki nama lengkap Stevland Hardaway Judkins dan dikenal dengan nama panggung Stevie Wonder. Ia pun kini dikenal sebagai musisi, penyanyi, sekaligus penulis lagu. Stevie pun kini berkembang menjadi salah satu musisi paling kreatif di dunia dan sangat menyukai tokoh musik dari akhir abad ke-20. Kebutaannya sendiri sudah ada sejak ia kecil. Ia telah menderita kebutaan permanen yang membuatnya tidak bisa melihat.

#6 Marla Runyan

Nama ini besar karena ia adalah seorang atlet lapangan, road runner, dan pelari maraton dari Amerika. Meski memiliki keterbatasan fisik karena ia tidak bisa melihat, Marla pernah menjadi juara nasional tiga kali dalam kategori lari 5000 meter. Marla sendiri lahir di Santa Maria, California, pada 4 Januari 1969. Sejak lulus dari Camarillo High School di tahun 1987, ia melanjutkan studi di San Diego State University, di mana ia mulai ikut berkompetisi dalam beberapa acara olahraga.

Kamu pun bisa melakukan hal yang sama, apalagi didukung dengan keadaan fisik yang sempurna dan masih bugar. Jangan keadaan yang sempurna itu membuat kamu terpuruk ketika masalah datang. Terus bersemangat demi raih mimpi yang kamu inginkan mulai sekarang!

Cerita Inspiratif Lainnya yang Memberikan Motivasi

#1 Cerita Orang yang Bangkit dari Depresi

Kisah ini berawal dari sang ayah yang sempat kehilangan anak laki-lakinya. Sebagai seorang ayah, ia merasa depresi karena anaknya pergi meninggalkannya terlebih dahulu menjemput maut. Mungkin banyak orang tua yang bisa melewati situasi ini, namun tidak dengan seorang lelaki bernama Brian.

Brian mengalami stres dan syok berat akibat meninggal putranya, ia juga pernah mencoba untuk bunuh diri. Padahal, si anak laki-laki tersebut bukanlah putra semata wayang, ia masih memiliki seorang putri yang sebenarnya bisa menghibur kesedihan Brian.

Meski begitu, keluarga Brian bersyukur, kondisi Brian tidak sampai hilang kendali dan benar-benar menyusul putranya. Kini, depresi yang dialami Brian pun telah pulih. Dia tidak lagi mengalami hal-hal yang di luar batas wajar seperti beberapa tahun lalu sejak meninggalnya sang putra.

Kondisinya membaik berkat perjuangan keras dan berbagai tahap pemulihan yang dia jalani. Bahkan, hingga kini dia begitu sehat dan ikut andil dalam berbagai penyembuhan untuk penderita depresi. Hal ini ia lakukan sebagai rasa syukur atas kesembuhannya hingga sekarang. Kini ia bekerja di perusahaan recovery support worker.

Dari cerita Brian ini kamu bisa mengambil banyak pelajaran penting. Seseorang yang pernah mengalami depresi akhirnya mengabdikan diri bagi mereka yang sedang mengalami hal yang sama. Jadi, sesedih apa pun peristiwa yang pernah terjadi, termasuk ketika orang yang paling disayangi pergi, jangan sampai kehilangan akal sehat dan melakukan tindakan merugikan.

#2 Perjuangan Bayi yang Mengalami Patau Syndrome

Patau syndrome bukanlah penyakit sembarangan dan tergolong penyakit yang bisa menyebabkan kematian dalam waktu dekat bagi penderitanya. Penyakit ini merupakan penyakit genetik yang kadang dialami bayi karena adanya kelainan kromosom. Bagi bayi yang mengalaminya, umumnya akan meninggal dalam waktu dekat, bahkan di bulan pertama.

Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah survei, di mana, 82% bayi yang mengalami patau syndrom meninggal di bulan pertama kelahiran. Namun, keajaiban terjadi ketika ada bayi yang mengalami penyakit ini dan mampu bertahan hidup selama berbulan-bulan. Kondisi ini sangat jarang terjadi.

Di mana, sebuah survei menemuka bahwa hanya sekitar 5-10 % saja mereka dengan kondisi ini bisa bertahan hingga kurun waktu satu tahun. Namun, bayi ini telah membuktikan bahwa dia merupakan bayi yang kuat dan tidak hanya berhenti pada perjuangan satu bulan saja dengan kondisi tersebut.

Bayi kuat bernama Adam ini dilahirkan dengan kondisi Patau Syndrome. Ia berhasil bertahan hidup dengan kondisi tersebut hingga berbulan-bulan, dan lebih dari setengah tahun. Adam mampu bertahan hidup hingga 7 bulan lamanya. Meski akhirnya Adam tidak mampu bertahan lagi di usia ke 7 bulan, perjuangannya pantas diakui.

Kisah Adam ini sangat menginspirasi. Meski dia hanya seorang bayi saja, ia memiliki kemauan yang keras untuk hidup mampu melakukannya, bagaimana dengan yang sudah dewasa? Meski harus kalah dari penyakit, hendaknya kamu melakukan perjuangan hingga titik darah penghabisan.

Padahal, setiap perjuangan tentu saja tidak akan sia-sia. Masalah menang atau kalah, bisa bertahan, mati, atau hidup, itu urusan belakang, yang terpenting adalah kemauan dan semangat untuk tetap bertahan. Kisah ini juga bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang ingin melahirkan bayi dengan kelainan sejak lahir. Jadi, jangan sampai putus asa sejak awal karena hal itu akan memengaruhi kondisi psikologi buah hati.

#3 Anjing Menjadi Penyemangat Hidup Penderita Hidup Alzheimer

Tidak ada yang ingin menderita kondisi keterbatasan akan penyakit tertentu, apalagi jika penyakitnya adalah penyakit mematikan dan tidak bisa disembuhkan meskipun sudah menggunakan berbagai cara dalam tahap pemulihannya. Cerita inspiratif kali ini menceritakan tentang penderita penyakit Alzheimer.

Ini bukanlah penyakit menular, penderitanya juga bisa bertahan hidup begitu lama bahkan hingga bertahun-tahun setelah di vonis penyakit ini. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa Alzheimer merupakan penyakit cukup berbahaya yang sudah menyerang banyak sekali penderita dari berbagai kalangan.

Kebanyakan penderita Alzheimer tidak lain adalah mereka yang sudah tua dan sering berhubungan dengan orang-orang lansia. Definisi penyakit ini juga tidak lain adalah penyakit yang menyerang mental dan otak sehingga bisa saja penderita akan kehilangan semangat hidupnya.

Ada kisah menarik dari seorang nenek tua yang awalnya sudah mengalami kondisi parah. Namun, ia kembali mendapatkan semangat hidupnya dengan kehadiran seekor anjing yang akhirnya dia sayangi. Nenek ini sudah berusia lebih dari 90 tahun. Menurut cucunya, nenek ini sudah menderita Alzheimer dan mengalami kondisi yang cukup memprihatinkan karena sering menangi sendiri. Tidak hanya itu, neneknya juga sering marah dan kadang seperti orang kebingungan yang tidak jelas. Masalah ini sering membuat keluarga nenek prihatin.

Ditengah kondisi nenek, cucu nenek tersebut mengadopsi seekor anjing yang memiliki nama Orla. Anjing ini sengaja di adopsi untuk nenek yang menderita penyakit cukup memprihatinkan tersebut. Tanpa disangka, setelah kehadiran Orla, sang anjing nenek ternyata ada perubahan besar yang terjadi dalam hidupnya.

Saat pertama kali bertemu Orla sang nenek begitu bahagia, dan akhirnya suasana hati nenek tersebut berubah secara tiba-tiba dan menjadi senang. Berkat Orla, nenek bisa kembali tersenyum dan menjalani hidup dengan penuh kebahagiaan bersama anjingnya. Karena bahagia, ia pun bisa tertawa hingga berjam-jam lamanya saking bahagianya.

Ini membuat sang cucu merasa senang dengan kehadiran anjing tersebut akhirnya kondisi neneknya pun kian membaik dari penyakit yang dideritanya tersebut. Bahkan sang nenek tidak lagi suka marah dan menjalani hidup dengan bahagia. Pada akhirnya semangat hidup nenek bisa kembali hanya karena anjing yang dia Adopsi dengan nama Orla ini.

#4 Cerita Perjuangan Melawan Tumor Ganas

Kanker dan tumor menjadi penyakit ganas yang jauh lebih berbahaya jika dibandingkan penyakit umumnya. Ketika seseorang mengalami kanker, biasanya hidup mereka sudah diambang-ambang. Apalagi ketika stadium atau level kanker yang diderita sudah tinggi dan jenis kankernya langka dan sulit untuk diatasi.

Penyakit ini tidak hanya menyerang fisik, tapi juga bisa menyerang dan mematikan mental secara tiba-tiba. Bagi orang yang telah divonis kanker, mereka akan merasa hidupnya sudah berakhir dan berada diambang kematian. Sangat jarang penderitanya memiliki keyakinan kuat untuk hidup dan bertahan.

Meski penyakit ini sulit untuk diatasi, tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semuanya akan membawa pasien menuju kematian. Masih banyak penderita yang bisa disembuhkan dengan serangkaian perawatan medis serta obat-obatan yang sudah banyak diteliti ahlinya. Ini sudah terbukti di berbagai wilayah maupun penderita di berbagai usia. Salah satunya adalah kisah yang datang dari seorang anak kecil yang akhirnya terbebas dari kanker setelah menjalani kemoterapi dalam beberapa jangka waktu terakhir. Padahal anak ini telah terkena kanker sejak masih berusia 4 bulan setelah kelahirannya.

Kisah ini adalah kisah seorang anak laki-laki bernama Jimmy. Selama satu tahun lamanya, ia menjalani pengobatan tumor. Sedangkan jenis tumor yang dideritanya bukanlah tumor biasa melainkan tumor otak yang begitu berbahaya. Diusianya yang balita, penyakit ini akan sangat menyakitkan karena harus menjalani serangkaian pengobatan untuk ketagori penyakit ini.

Setelah divonis tumor otak di usia 4 bulan, Jimmy menjalani kemoterapi di rumah sakit anak bersama banyak penderita lainnya. Ia menjalani kemoterapi karena sejak divonis menderita penyakit mematikan ini dokter mengatakan bahwa tumor tersebut tidak bisa dioperasi, sehingga langkah penyembuhan satu-satunya adalah kemoterapi.

Meski tidak melalui jalur operasi, pada akhirnya tumor di otak Jimmy pun bisa menyusut dan dia bisa sembuh. Dari cerita ini, banyak orang terinspirasi dengan semangat dan ketahanan Jimmy untuk sembuh hingga pada akhirnya dia begitu bahagia setelah kemoterapi terakhirnya dilakukan.

Karena kebahagiannya ini, Jimmy terus membunyikan bel congratulation di rumah sakit yang sudah disediakan. Hal ini bisa membuka mata setiap pasien, terutama tumor dan kanker ganas bahwa setiap penyakit bisa sembuh. Entah melalui pengobatan yang maksimal atau dari keajaiban.

#5 Cerita tentang kasih sayang yang tulus

Pasti kamu pernah mendengar ada yang berkata bahwa kasih sayang tidak akan pernah mati. Ini mungkin akan menimbulkan pro kontra antara setuju dan tidak. Namun, melalui kisah berikut ini bisa dibuktikan bahwa kasih sayang tidak pernah mati itu memang ada dan bisa diwujudkan. Meskipun fakta yang ada, pemilik rasa kasih sayang itu telah meninggal dunia.

Cerita ini datang dari kisah anak dan ayahnya yang tentu saja memiliki ikatan kasih sayang yang kuat dalam hidup. Selain keduanya memang terikat ikatan batin secara naluri, selama hidupnya juga hari-hari selalu diisi oleh kebersamaan mereka sebagai khususnya sang ayah. Jadi, tidak heran jika kasih sayang tersebut bisa abadi dan bisa dirasakan.

Anak yang senantiasa tetap mendapatkan kasih sayang sang ayah sekalipun ayahnya telah tiada ini bernama Boy. Saat ayahnya meninggal, Boy masih berusia 16 tahun. Sedangkan penyebab meninggalnya ayah tidak adalah karena penyakit kanker.

Di mana, ketika orang telah mengidap kanker, pasti akan ada banyak sekali bayangan kelam yang juga penuh dengan keputusasaaan dalam hidup. Umumnya, penderita kanker akan berakhir dengan kematian, di mana penyakit ini memang sangat mematikan. Termasuk ayah Boy yang juga penderita pun berfikir demikian.

Dalam kasus ini, ayah adalah sosok penyayang yang mencintai keluarganya, termasuk anaknya Boy yang bisa dikatakan masih remaja. Oleh karena itu, mengetahui kondisinya yang buruk, tentu saja ayah Bou cukup terpukul dan tidak ingin melihat anaknya kesepian dan kehilangan kasih sayang dari ayah sepeninggalnya.

Dengan berbagai cara, ayah Boy sebelum meninggal mencoba menemukan cara sebaik mungkin demi Boy, sang buah hatinya tetap merasa bahwa ayahnya masih ada. Kasih sayang tulus ayah yang abadi ini terbukti dan bisa direalisasikan secara nyata oleh Boy, karena setiap tahun sepeninggal ayahnya, dia selalu mendapatkan kiriman bunga dari ayah.

Bukan hanya bunga, Boy juga mendapatkan kiriman satu paket sang ayah juga telah mempersiapkan kalimat-kalimat surat yang matang sehingga Boy bisa benar-benar merasaan kehadirannya. Lalu, bagaimana bisa seseorang yang sudah meninggal mengirimkan bunga pada anaknya di setiap tahun dan tepat pada tanggal ulang tahun sang anak?

Ternyata, sebelum meninggal, ayah Boy telah memesan dan membayar pemesanan bunga di salah satu toko untuk di berikan pada anaknya setiap hari ulang tahun. Hal ini pun ditepati dengan baik oleh toko bunga, sehingga Boy bisa merasakan kehadiran sang ayah setiap hari ulang tahunnya. Hal ini membuktikan bahwa kasih sayang bisa tumbuh abadi bagi siapa saja.

Di hari ulang tahun Boy ke 21, setelah 5 tahun kematian sang ayah, ada pesan penting yang ditulis ayahnya untuk Boy. Pesan itu berbunyi bahwa ayahnya akan selalu bersama Boy hingga kapan pun dan ketika Boy melihat sekelilingnya, disitulah ayahnya berada. Hal ini tentu akan membuat hati Boy kuat akan motivasi yang terus datang dari ayahnya.

Itulah kumpulan cerita kisah yang menginspirasi banyak pihak. Dengan membaca kisah di atas, kamu sebagai orang normal yang masih bisa menjalani hidup dengan bahagia tidaklah boleh menyerah dan putus asa. Teruslah bersemangat dan menjalani hidup dengan bahagia. Karena dibalik kesulitan akan ada kemudahan dan kebahagiaan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait