Bisnis & Kerja Sampingan

Cashback Adalah Tren Bisnis Masa Kini, Apa Saja Jenisnya?

cashback adalah

Ajaib.co.id – Secara sederhana, cashback adalah pengembalian sebagian uang yang dibayar. Promo ini begitu akrab untuk bisnis masa kini. Lalu, bagaimana pengertian sebenarnya? Dan apa saja jenis-jenisnya?

Seperti yang kita ketahui, promo cashback sedang marak-maraknya di kalangan masyarakat. Beberapa perusahaan pembayaran digital pun memberikan cashback menarik bagi para pelanggannya.

Cashback adalah pengembalian uang tunai atau virtual saat kamu berbelanja dalam jumlah dan syarat tertentu. Umumnya, cashback memiliki jumlah maksimal pengembaliannya.

Namun, masih banyak orang yang tidak bisa membedakan cashback dan diskon. Padahal, keduanya memiliki arti yang berbeda.

Bagi kamu yang belum paham mengenai kedua istilah tersebut, berikut ini adalah penjelasan mengenai perbedaan cashback dan diskon:

Perbedaan Diskon dan Cashback Adalah Seperti Ini

Cashback merupakan salah satu strategi bisnis yang seringkali dibandingkan dengan diskon. Dalam strategi marketing, cashback dan diskon memiliki aturan yang berbeda.

Cashback adalah pengembalian untuk sebagian uang. Maksudnya adalah harus ada transaksi terlebih dahulu, kemudian sebagian uangnya baru dikembalikan. Sementara itu, diskon adalah potongan harga langsung.

Dengan adanya cashback, kamu harus membayar sesuai harganya. Setelah melakukan transaksi, nantinya ada sebagian uang yang dikembalikan. Sementara untuk diskon, kamu bisa langsung membeli produk dengan harga yang lebih murah dibanding harga aslinya.

Kelebihan dan Kekurangan Cashback

Cashback tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan dalam aturannya. Meskipun menawarkan banyak program menarik, namun ada kelebihan dan kekurangannya yang harus kamu ketahui:

Kelebihan dari Cashback

Terdapat banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan melalui program cashback. Bagi para konsumen, cashback dapat membuat masyarakat jadi lebih tertarik untuk berbelanja.

Dengan adanya cashback, uang yang dibayarkan akan dikembalikan lagi sebagiannya kepada konsumen.

Sedangkan untuk perusahaan, cashback juga dapat membuat masyarakat kembali berbelanja. Hal tersebut tentunya telah meningkatkan jumlah transaksi dan pengguna aplikasi baru.

Nantinya, bakal ada transaksi yang berulang dari para konsumen. Selain itu, cashback juga bisa meningkatkan tingkat loyalitas konsumen kepada perusahaan.

Kekurangan dari Cashback

Kekurangan yang dimiliki oleh cashback terdapat pada syarat dan ketentuannya. Untuk mendapatkan cashback, kamu harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang diberikan. Berikut ini adalah uraiannya:

Syarat Transaksi Pembelian

Umumnya, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu transaksi belanja dalam jumlah tertentu agar kamu mendapatkan cashback.

Misalnya, ada promo cashback sebesar 10 persen jika kamu melakukan transaksi pembelian minimal Rp150.000.

Jika kamu melakukan transaksi pembelian sebesar Rp100.000, maka kamu tidak akan mendapatkan cashback.

Waktu Transaksi

Biasanya, cashback akan ditawarkan dalam periode yang terbatas. Namun, ada jeda waktu yang mengharuskan kamu untuk menunggu pemberian cashback tersebut.

Terdapat Iuran

Jenis cashback kartu kredit atau leasing, maka cashback yang diberikan akan diberikan sejenis iuran. Jika kamu terlambat melunasi iuran tersebut, tentunya kamu bakal kehilangan cashback tersebut.

Jenis-jenis dari Cashback

Saat ini, ada empat jenis cashback yang harus kamu ketahui. Jika kamu mengetahui keempat jenis cashback¸ maka kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Cashback Khusus Properti

Cashback untuk properti merupakan program yang diluncurkan oleh perusahaan properti (developer) untuk menarik minat konsumen.

Pada program ini, pihak developer bakal memberikan cashback di setiap produk properti yang dijual, seperti apartemen, rumah, dan ruko.

Cashback properti biasanya diberikan dalam bentuk barang yang diperlukan untuk rumah atau apartemen. Contohnya, kulkas dan AC.

Namun, ada juga beberapa pengembang juga menberikan cashback dalam bentuk kendaraan roda empat dan roda dua.

Cashback Khusus Kartu Kredit

Jika kamu menggunakan kartu kredit, tentunya sering mendapatkan penawaran cashback melalui e-mail atau saat sedang berada di mal.

Program ini dikeluarkan oleh pihak bank yang mengeluarkan produk kartu kredit untuk para nasabahnya.

Sebagai pengguna kredit, kamu akan mendapatkan uang pengembalian jika bertransaksi dalam jumlah tertentu.

Selain mendapatkan uang pengembalian, cashback kartu kredit juga bisa diberikan dalam bentuk diskon dari transaksi berbelanja. Tetapi, setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan adalah kartu kredit dapat diakumulasikan, sehingga bisa digunakan untuk berbelanja atau membayar iuran pada bulan selanjutnya.

Beberapa bank pun sengaja meluncurkan kartu kredit khusus untuk memberikan program cashback. Tentunya, ada persyaratan dan ketentuan berlaku.

Cashback Khusus Toko Online

Cashback yang satu ini diluncurkan oleh beberapa toko online. Ketentuan dari cashback ini hampir sama dengan kartu kredit.

Kamu diharuskan untuk bertransaksi dengan jumlah yang ditentukan. Nantinya, kamu akan mendapatkan pengembalian uang dari toko online tersebut.

Pengembalian uang tersebut tidak diberikan dalam bentuk uang, namun deposit yang bisa kamu gunakan dalam transaksi selanjutnya.

Misalnya, kamu mendapatkan cashback sebesar Rp50.000 saat pertama kali bertransaksi, maka saat transaksi kedua akan mendapatkan potongan harga sebesar Rp50.000.

Cashback Khusus e-wallet

Program cashback ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat, terutama generasi milenial. Banyak perusahaan digital atau e-wallet yang berlomba-lomba untuk menawarkan cashback menarik.

Beberapa perusahaan tersebut adalah Dana, OVO, Go-Pay, Link-Aja, hingga ShopeePay. Cashback yang ditawarkan adalah 20 persen hingga 80 persen yang bisa didapatkan dengan berbelanja menggunakan pembayaran digital atau cashless.

Kamu hanya tinggal mengunduh aplikasi e-wallet terkait, melakukan pendaftaran, dan pilih penawaran terbaik agar mendapatkan keuntungan. Biasanya, ada persyaratan dan ketentuan yang berlaku, termasuk cashback.

Cashback Khusus Leasing Kendaraan

Sama seperti properti, cashback khusus kendaraan diluncurkan oleh perusahaan leasing. Perusahaan leasing bakal memberikan cashback jika kamu membeli kendaraan bermotor yang mereka jual.

Umumnya, cashback tersebut diberikan dalam bentuk smartphone, laptop, tablet, dan lainnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, cashback adalah pengembalian sebagian uang yang dilakukan setelah adanya transaksi. Dengan begitu, kamu dapat membedakan cashback dengan diskon.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait