Milenial

Cara Terbaik Memasukkan Skill ke Resume Lamaran Kerja

Skill atau keahlian, adalah suatu keterampilan khusus yang kamu miliki terkait sebuah bidang tertentu. Keahlian bisa menjadi modal utama dalam mendapatkan sebuah pekerjaan. Oleh karena itu, penting sekali untuk memasukkan jenis keahlian yang kamu miliki.

Ada beragam tipe keahlian yang bisa kamu masukkan ke dalam resume. Tentunya kamu harus benar-benar mengetahui keahlian apa yang kamu miliki serta tingkat keahlian tersebut. Sesuaikan jenis keahlian yang tertera di dalam lamaran kerja dengan lowongan kerja yang kamu lamar.

Jenis-Jenis Hard Skills

Ada dua tipe keahlian yang dicari seorang HRD dari pegawai, yakni soft skills dan hard skills. Hard skills merupakan kemampuan seorang karyawan yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang akan digelutinya. Seperti misalnya :

· Kemampuan menggunakan komputer

· Keahlian menggunakan aplikasi tertentu

· Kemampuan bahasa asing

· Keahlian menggunakan mesin atau peralatan tertentu, misalnya : mesin cetak, mesin jahit dll.

· Keterampilan yang hasilnya dapat terlihat langsung, misalnya: ahli tata rias, memasak, menjahit dll.

Pada umumnya, jenis hard skills dapat dipelajari melalui sekolah atau kursus. Oleh karena itu, keahlian ini juga bisa dibuktikan dengan dokumen pendukung seperti ijazah atau sertifikat.

Jenis-Jenis Soft Skills

Soft skills merupakan sebuah keahlian dan kemampuan yang dapat diterapkan pada berbagai jenis bidang pekerjaan. Keahlian jenis ini juga dikenal dengan sebutan people skills atau social skills.

Jenis-jenis keahlian yang dimasukkan dalam kategori hard skills antara lain adalah :

  • Kemampuan menyelesaikan masalah
  • Ahli komunikasi
  • Layanan Konsumen
  • Kepemimpinan
  • Kemampuan manajemen waktu

Dengan adanya soft skills, dapat meningkatkan kualitas kamu sebagai seorang karyawan. Misalnya, seorang karyawan dengan kemampuan Bahasa Inggris sempurna dengan kepribadian ramah dan supel, akan lebih menarik untuk dipekerjakan daripada seorang karyawan berkemampuan Bahasa Inggris yang tidak pandai beradaptasi.

Oleh karena itu, sebagai seorang calon pekerja, pandai-pandailah mengkombinasikan antara hard skills dan soft skills yang kamu miliki.

Mengenali Skill Terbaik yang Kamu Miliki

Ada kalanya, seorang pencari kerja merasa kesulitan saat diberi pertanyaan, “kenapa kami harus mempekerjakan kamu?” atau “Sebutkan apa yang menjadi kelebihan kamu?” atau pertanyaan sejenis berkaitan dengan kualitas diri.

Bisa dipastikan, kurang mengenali diri sendiri bisa membuat kamu sangat kesulitan menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. Oleh karena itu, sebelum menulis resume lamaran kerja, sebaiknya kenali terlebih dahulu keahlian yang kamu miliki.

1.      Perhatikan apa yang sudah menjadi pencapaian kamu selama ini. Apakah kamu punya prestasi di kompetisi debat? Inovasi produk? Sebagai favorit peserta dalam sebuah kompetisi? Catatlah semua pencapaian satu per satu. Bahkan, jika kamu selama ini tidak pernah berkonflik dengan rekan, itu juga bisa jadi sebuah nilai tambah.

2.      Jika kamu kebingungan mencari tahu sendiri, ada baiknya kamu tanya pada rekan atau teman yang sering berinteraksi denganmu. Karena ada kalanya, seseorang bisa melihat apa yang tidak bisa kamu lihat. Tapi sebelumnya, minta mereka bicara dengan sejujurnya, dan jangan mudah sakit hati.

3.      Ingin tahu lebih dalam tentang skill terbaik yang kamu miliki? Mungkin kamu bisa mendatangi seorang ahli atau profesional. Biasanya, layanan ini bisa didapatkan dari sebuah biro psikologi yang menyediakan konsultan karier.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait